Iago Aspas Mencetak Gol 'Tangan Tuhan' ke Gawang Barcelona

Penyerang Celta Vigo, Iago Aspas mencetak gol ke gawang Barcelona pada Jornada 33 La Liga Spanyol di di Estadio de Balaidos, Rabu (18/4/2018) dini hari WIB.

Rabu, 18 April 2018 | 10:23 WIB
Penyerang Celta Vigo, Iago Aspas. (Sumber: Twitter/@RCCelta)

Penyerang Celta Vigo, Iago Aspas. (Sumber: Twitter/@RCCelta)

Bolatimes.com - Jornada 33 La Liga Spanyol mempertemukan Celta Vigo menjamu Barcelona di Estadio de Balaidos, Rabu (18/4/2018) dini hari WIB. Pertandingan tersebut berakhir sama kuat 2-2.

Barcelona berhasil dilesatkan oleh Ousmane Dembele pada menit ke-36 dan Paco Alcacer (64'). Sedangkan gol Celta Vigo berhasil dicatatkan oleh Jonathan Castro Otto (45') dan Iago Aspas (82').

Penyerang Celta Vigo, Iago Aspas. (Sumber: Twitter/@aspas10).

Baca Juga: Paul Pogba dan Alexis Sanchez akan Dirotasi Oleh Mourinho

Namun, dari para pencetak gol tersebut yang perlu dosoroti adalah gol Iago Aspas. Terekam kamera, pemain 30 tahun itu mencetak gol setelah bola mengenai tangan kirinya. Tetapi, wasit yang memimpin dan juga para pemain Barcelona tak begitu menyadari insiden tersebut.

Saat itu, Celta Vigo tertinggal 2-1 dari Barcelona. Berkat gol Iago Aspas, Celta Vigo terhindar dari kekalahan dan mampu memetik satu poin di kandang.

Istilah gol Tangan Tuhan

Tentu para pecinta sepak bola masih teringat dengan gol gelandang Timnas Argentina, Diego Maradonadi Piala Dunia 1986. ya menggunakan tangan ke gawang Inggris disebut sebagai gol Tangan Tuhan.

Kala itu Argentina sedang bertanding melawan Inggris dalam babak perempat final Piala Dunia 1986. Momen ajaib tercipta pada menit ke 51, saat itu Maradona mengoper bola ke Jorge Valdano dan terus berlari ke daerah penalti Inggris.

Baca Juga: 5 Hal Menarik di Balik Kemenangan City Meriah Trofi Juara

Namun, gelandang Inggris, Steve Hodge berusaha menghalau operan tersebut.

Hodge yang berniat menyelamatkan bola justru menendangnya ke daerah penalti sendiri. Maradona dan kiper Inggris, Peter Shilton kemudian saling beradu untuk mendapatkan bola yang melambung itu.

Kala itu banyak orang mengira bahwa Shilton dapat menyelamatkan gawang karena memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dari Maradona.

Baca Juga: Awas! Hati-hati Tiket Ilegal Nonton Piala Dunia Beredar Lho

Namun, Maradona yang kala itu berusia 25 tahun, dengan cepat menyudul bola dan mengarahkannya ke gawang Inggris.

Meski sekilas gol tersebut terlihat natural, sebenarnya tangannya ikut memukul bola tersebut, handball atau bola terkena tangan merupakan pelanggaran dalam sepak bola.

Meski Inggris memprotes, wasit pertandingan Ali Bin Nasser dari Tunisia tetap menganggap gol itu sah. Argentina pun unggul 1-0. 

Sejatinya, Iago Aspas bukanlah satu-satunya pemain di sebuah kompetisi resmi yang mencetak gol dengan tangan. Ada beberapa pemain lainnya melakukan hal yang serupa di Liga top Eropa.

Lionel Messi (Barcelona)

Pemain berjuluk La Pulga itu melakukannya saat membobol gawang rival sekota mereka, Espanyol, dalam Derby Catalonia. Berusaha menyambut umpan silang dari Gianluca Zambrotta dari sisi kanan, Messi justru meninju bola dengan tangan kirinya.

Kiper Espanyol saat itu, Carlos Kameni, dibuat tidak berdaya setelah usahanya mengamankan bola dari gawangnya terkecoh dengan aksi Lionel Messi. Hasil pertandingan itu pun imbang 2-2 untuk kedua tim.

Adriano (Inter Milan)

Pada Derbi Milan 2009, striker Inter Milan, Adriano sempat membobol gawang Milan, Christian Abbiati dengan tangan kanannya. Inter pun menang 2-0 dalam laga itu. Beruntungnya, Adriano tidak mendapatkan sanksi karena aksi tersebut. Saat itu, Lega Calcio menilai pemain asal Brasil tersebut tidak sengaja menggunakan tangannya saat mencetak gol.

Miroslav Klose (Lazio)

Striker Lazio, Miroslav Klose juga mencetak gol dengan tangan kanan saat melawan Napoli di Serie A musim 2012/2013.  Menyambut tendangan penjuru, Klose sedikit memutar badannya lalu memasukkan bola dengan tangan kanan.

Para pemain Lazio sempat berselebrasi. Namun, Klose jujur jika golnya itu dibuat dengan tangan kanan. Wasit pun menganulir gol tersebut.

Daniele De Rossi (AS Roma)

De Rossi sempat mencetak gol menggunakan tangan saat menghadapi rival satu kota, Lazio pada 2006. Saat itu, De Rossi mendorong bola masuk ke gawang lawan usai menerima umpan dari tendangan bebas di sisi kiri.

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua legenda Persib Bandung, Sobur dan Iwan Sunarya mendoakan Pangeran Biru juara musim ini usai meraih kemenangan atas Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4)

liga | 23:04 WIB

Persib Bandung tak bisa tampil dengan kekuatan penuh saatmenjamu Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-32 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4). Selain akumulasi, sejumlah pemain diragukan tampil. Pelatih Bojan Hodak santai

liga | 13:08 WIB

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB
Tampilkan lebih banyak