Bolatainment

Messi Pakai Jubah Hitam saat Rayakan Juara Piala Dunia 2022, Kasultanan Oman Tawar Harganya hingga Rp15 M

Penjahit bisht sendiri cukup terkejut ditunjuk untuk membuatnya.

Muhammad Ilham Baktora

Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)
Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Jubah tradisional Arab, atau bisht yang digunakan Lionel Messi saat merayakan juara Piala Dunia 2022 ditawar hingga miliaran rupiah.

Kesultanan Oman berencana membeli dengan harga 1 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp15 miliar. Hal itu diungkapkan oleh Ahmed Al Barwani salah satu pengacara anggota parlemen di Oman.

Mengutip dari Daily Star, Minggu (25/12/2022), bisht, yang merupakan simbol kekerabatan dan kebijaksanaan, diberikan kepada Messi oleh Emir Qatar sebagai tanda hormat dan penghargaan. Tak hanya itu, bisht sering dipakai oleh individu dengan status tinggi.

"Bisht Arab, simbol ksatria dan kebijaksanaan. Saya menawarkan Anda satu juta dolar sebagai imbalan atas bisht itu," katanya.

Al Barwani juga menyebut bahwa apa yang dilakukan Emir Qatar itu sebagai budaya yang perlu diketahui dunia.

"Momen ini memberi tahu dunia bahwa kita ada di sini, dan ini adalah budaya kita, harap ketahui dengan baik," jelas dia.

Menelisik lebih jauh bisht yang digunakan Messi, ternyata ada penjahit yang memiliki peran di baliknya. Adalah Muhammad Abdullah Al-Salem, ia ditunjuk oleh pemerintah Qatar untuk membuat bisht tersebut. Ia membuat dua bisht untuk diberikan pada Lionel Messi dan Kiper Prancis, Hugo Lloris.

"Kami terkejut bahwa bisht yang dikenakan Messi berasal dari toko kami, dan saya merasa bangga ketika mengetahui bahwa toko kami adalah pilihan pertama pejabat untuk memproduksi bisht ini," kata dia.

Piala Dunia 2022 berakhir dengan kemenangan Tim Tango. Pertandingan antara Argentina vs Prancis berjalan seru.

Saling berbalas gol mulai dari babak pertama hingga babak tambahan waktu, keduanya bermain imbang 3-3. Pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti yang dimenangkan Argentina dengan skor 4-2.

Berita Terkait

Berita Terkini