Mendunia! Inilah Deretan Jersey Sepak Bola Buatan Indonesia

Bahkan beberapa merek lokal digunakan oleh klub yang berasal dari Asia maupun Eropa.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 07 April 2019 | 18:00 WIB
MBB Apparel digunakan oleh Al-Ittihad Aleppo dari Suriah. (Dok. Al-Ittihad Aleppo)

MBB Apparel digunakan oleh Al-Ittihad Aleppo dari Suriah. (Dok. Al-Ittihad Aleppo)

Bolatimes.com - Seragam tim sepak bola alias jersey merupakan perlengkapan standar yang wajib digunakan para pemain saat bertanding. Bukan hanya sebagai pembeda dengan tim lawan, warna dan corak jersey juga menjadi simbol kebanggaan suatu tim.

Jadi tak heran jika banyak produsen pakaian yang berbondong-bondong untuk mensponsori sebuah klub sepak bola.

Merek kenamaan dunia, yakni Adidas dan Nike menjadi raja dalam urusan ini. Namun, banyak juga klub di Indonesia yang menggunakan produk lokal

Baca Juga: Kalah dari Juventus, AC Milan Salahkan Wasit

Mereka menilai bahwa produk buatan dalam negeri tidak kalah kualitasnya. Selain itu, produk lokal juga memiliki nilai ekonomis untuk para suporter dan juga modelnya tidak kalah dengan produk luar.

Bahkan beberapa merek lokal digunakan oleh klub yang berasal dari Asia maupun Afrika. Lantas, seperti apa baju buatan anak negeri yang mendunia tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Specs

Baca Juga: Gol Messi dan Suarez Kalahkan Jumlah Gol Milik 18 Klub La Liga

Logo Specs. (Wikipedia)
Logo Specs. (Wikipedia)

Memulai usaha pada tahun 1979 dengan target pasar di dalam negeri, Specs belum sesukses seperti sekarang. Berlokasi di Tangerang dengan nama PT Panarub, usaha yang dirintis oleh Hendrik Sasmito ini belum banyak dilirik orang.

Namun setelah 2005 yang menggunakan teknologi baru, Specs pun akhirnya dikenal oleh masyarakat luas. Ditambah dengan menggunakan brand ambassador pemain top Indonesia dan juga klub liga teratas Indonesia, perlahan nama Specs makin dikenal.

Jersey Specs sendiri pernah menjadi sponsor klub lokal, seperti Persija Jakarta, Arema FC, serta Persipura Jayapura. Hebatnya lagi, tim luar negeri juga pernah menggunakan jersey ini, seperti Timnas Liberia dan klub asal Malaysia, Terengganu FA.

Baca Juga: Hebat, Kakek Ini Pecahkan Rekor Sebagai Pesepak Bola Tertua di Dunia

League

Logo League. (Wikipedia)
Logo League. (Wikipedia)

Produk ini merupakan perusahaan besar dalam bidang olahraga. PT Berca Sportindo yang menaungi merek ini, awalnya memproduksi sepatu Nike selama sekitar 12 tahun. 

Setelah hak produksi dengan Nike habis, Berca membuat merek baru yaitu League. PT Berca Sportindo memulai usaha baru yaitu dengan 60 persen sport dan 40 persen gaya hidup.

Pada awalnya produk ini tidak langsung terjun ke dunia sepak bola. Namun dimulai dengan mesponsori acara olahraga di Indonesia, barulah pada sekitar 2006 memulai segmen untuk apparel klub sepak bola.

Tercatat, Persib Bandung dan Persija Jakarta pernah menggunakan merek ini. Harga produk ini sedikit di atas brand lokal namun jauh di bawah produk luar. 

MBB Apparel

MBB Apparel. (@MBB Apparel)
MBB Apparel. (@MBB Apparel)

Nama ini mungkin masih begitu asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun apabila ditelaah lebih jauh, ternyata sudah banyak klub luar negeri yang memakainya.

Mulai dari klub Asia Timur, seperti Al-Ittihad Aleppo dari Suriah, Al-Karamah SC dari Suriah, Al Jazeera dari Yordania, Victory FC dari Maladewa, dan Dafa FC dari Oman. Tidak hanya itu, MBB juga mensponsori klub-klub Tanah Air, semisal Madura United. 

Produk asal Bogor ini dimulai dari usaha kreatif para pendukung Persikabo Bogor. Lalu mengusung konsep research and development mulai banyak diminati.

MBB sendiri memiliki arti Maniak Baju Bola. Selain itu, produk ini memiliki kenyamanan pada pemain untuk bergerak. Hebatnya lagi, setiap produknya dibuat terjangkau untuk kalangan masyarakat Indonesia.

Calci

Logo Calci. (Wikipedia)
Logo Calci. (Wikipedia)

Nama Calci mungkin tak setenar nama produk-produk lokal tadi. Namun apparel yang melakukan produksi di Bogor itu mulai menunjukkan kiprahnya di dunia sepak bola. 

Pada 2017, brand ini mulai mensponsori kesebelasan papan atas Indonesia, seperti Sriwijaya FC. Layaknya brand lokal lainnya, Calci juga memiliki beberapa produk, mulai dari jersey hingga sepatu sepak bola.

Teknologi modern dalam pengerjaannya, membuat Calci tak kalah dengan produk luar negeri. 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

kegemaran Gen-Z berolahraga ini tampak dengan kehadiran mereka yang sangat antusias daat pembukaan toko JD Sport di Bandung. Acara di sana terlihat menjadi sorotan utama bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

bolatainment | 15:47 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong balik ke kampung halamannya, Korea Selatan ketika tim Garuda memasuki masa libur.

bolatainment | 14:37 WIB

Bidadari voli Indonesia, Yolla Yuliana memperkenalkan sosok yang akan mengubahnya loging status baru. Janda cantik ini membuka sosok lelaki yang akan jadi imamnya.

bolatainment | 12:40 WIB

Pemain Israel, Sagiv Jehezkel yang membela klub Turki, Antalyaspor diamankan aparat setempat usai menunjukkan pesan diduga mengacu pada perang Israel-Hamas.

bolatainment | 06:47 WIB

Azizah Salsha, istri Pratama Arhan salah satu bek Timnas Indonesia blak-blakan alasan belum ingin punya momongan.

bolatainment | 10:24 WIB

Maria Vania, sosok yang familiar dalam acara olahraga di saluran televisi terkemuka Indonesia, terus mempertahankan penampilannya sebagai seorang presenter dan figur publik.

bolatainment | 09:55 WIB

Berikut adalah beberapa pevoli cantik Indonesia yang sebanding dengan kecantikan Yolla.

bolatainment | 22:38 WIB

Budi Sudarsono eks pemain Timnas dengan julukan "Si Piton" membeberkan perbedaan timnas pada zamanya dengan saat ini dibawah asuhan Shin tae-yong

bolatainment | 09:00 WIB

Witan Sulaiman rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil tua demi bergabung bersama Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia

bolatainment | 21:17 WIB

Alasan Andre Rosiade Nikahkan Putrinya, Azizah Salsha dengan Pratama Arhan, Bek Timnas Indonesia

bolatainment | 17:00 WIB

Jawab cepat Pratama Arhan, gombalan Bek Timnas bikin Azizah Salsha meleyot hingga sebut coach Shin Tae-yong pelatih paling galak.

bolatainment | 15:58 WIB

Mengenal sosok Aislin Konig, tunangan Justin Hubner pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi.

bolatainment | 14:41 WIB

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia selain dirumorkan memiliki hubungan dengan Fuji kini jada sosok artis ini yang juga diisukan sedang dekatnya

bolatainment | 09:15 WIB

Ekspresi Asnawi Mangkualam, Kapten Timnas Indonesia jadi sorotan saat rayakan ulang tahun Steffi Zamora

bolatainment | 08:17 WIB

Tarif endorsment Azizah Salsha, istri Pratama Arhan bikin mata melongok

bolatainment | 15:56 WIB

Istri salah satu pemain Timnas Indonesia Azizah Salsha pakai hijab, Pratama Arhan berikan doa menyentuh untuk sang istri.

bolatainment | 10:43 WIB

Pemain PSIS Semarang sekaligus eks Persib Bandung, Gian Zola yang sempat berpacaran dengan Ghea Youbi kini telah melamar seorang perempuan bernama Putri.

bolatainment | 06:31 WIB

Komentar Asnawi Mangkualam pada unggahan Egy Maulana Vikri jadi sorotan.

bolatainment | 10:52 WIB
Tampilkan lebih banyak