Bolatainment

Francois Pinault: Si Miskin yang Kini Jadi Pemilik Klub Sepakbola Terkaya

Francois Pinault menjadi satu di antara empat pemilik klub sepakbola terkaya versi Forbes.

Galih Priatmojo

Francois Pinault. [Instagram]
Francois Pinault. [Instagram]

Bolatimes.com - Nama Francois Pinault mungkin masih begitu asing bagi sebagian pecinta sepakbola. Namun, namanya begitu familiar di kalangan para kaum borjuis. Sebab berdasar survey yang pernah dirilis Forbes, Francois Pinault merupakan salah satu pemilik klub sepakbola terkaya.

Beberapa mungkin sudah mengenal nama Nasser bin Hamad Al Khalifa. Anggota keluarga kerajaan Bahrain ini disebut sebagai pemilik klub sepakbola terkaya. Ia merupakan bos dari klub bertabur bintang, Paris Saint Germain.

Tapi Forbes punya fakta lain di mana mereka justru menempatkan nama Francois Pinault sebagai salah satu pemilik klub sepakbola terkaya. Suami dari aktris Salma Hayek ini memiliki klub bernama Strade Rennais yakni salah satu klub Ligue 1 yang kini bertengger di peringkat delapan klasemen sementara.

Disebutkan, Pinault memiliki kekayaan sebesar 32,8 miliar dollar atau sekitar Rp 400 triliun. Ia berada di peringkat kedua setelah Paul Allen. Salah satu pendiri Microsoft yang juga memiliki klub sepakbola di Major League Soccer tersebut memiliki kekayaan hingga 20,3 miliar dollar. 

Namun, gelimangan harta yang dimiliki itu berbanding terbalik dengan kisah masa kecilnya nan suram.

Pinault saat duduk di bangku sekolah menengah kerap diejek miskin oleh teman-temannya. Gara-gara kerap dibully ia pun memutuskan untuk berhenti sekolah pada 1947.

Selepas berhenti sekolah ia memutuskan untuk bekerja mengikuti bisnis keluarganya dalam perdagangan kayu. Dari segala rintangan dan kesulitan itu ia benar-benar tertempa.

Pada tahun 1970-an, Pinault muda memulai langkah berani dengan membeli perusahaan-perusahaan kecil dan menyulapnya jadi raksasa.

Pada awal milenium, Pinault mulai melebarkan sayapnya dengan melirik bisnis barang mewah. Ia tercatat sudah memegang lisensi merek Gucci, Saint Laurent hingga produk olahraga PUMA.

Langkah beraninya itu membuat kariernya melambung. Ia bahkan sukses membangun kerajaan bisnisnya. Bahkan berdasarkan catatan Forbes, kekayaan miliarder Prancis itu mencapai US$ 27,2 miliar per 7 Januari 2019. Nilai tersebut setara Rp 394,4 triliun (kurs Rp 14.500).

Dengan kekayaan tersebut, Pinault mampu memiliki rumah mewah, beberapa kebun anggur, klub sepak bola Perancis, teater di Paris, dan kapal pesiar mewah, serta perusahaan ekspedisi.

Dia tidak cukup puas dengan capaiannya sejauh itu. Pinault mulai mengejar seni kontemporer dan modern sebagai jalan bisnis baru. Kecintaan Pinault terhadap seni pun ditunjukkan dari koleksi beberapa lukisan paling langka di dunia, termasuk karya-karya Picasso, Mondrian dan Jeff Koon.

Berita Terkini