Analisis 3 Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Thailand di Semifinal Piala AFF U-23 2023

Berikut kunci kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Thailand.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 25 Agustus 2023 | 11:30 WIB
Sejumlah pemain tim nasional U-23 merayakan gol yang dicetak Jeam Kelly Sroyer (kedua dari kanan) pada pertandingan semifinal Piala AFF U-23 melawan Thailand yang dimainkan di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Kamis (24/8/2023). ANTARA/HO-PSSI/pri. (ANTARA/HO-PSSI) (ANTARA/HO-PSSI)

Sejumlah pemain tim nasional U-23 merayakan gol yang dicetak Jeam Kelly Sroyer (kedua dari kanan) pada pertandingan semifinal Piala AFF U-23 melawan Thailand yang dimainkan di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Kamis (24/8/2023). ANTARA/HO-PSSI/pri. (ANTARA/HO-PSSI) (ANTARA/HO-PSSI)

Bolatimes.com - Tiga kunci kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Thailand di babak semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis (24/8) malam WIB.

Timnas Indonesia U-23 berhasil melangkah ke babak final Piala AFF U-23 2023 usai membungkam perlawanan tuan rumah penyelenggaraan, Thailand, dengan skor 1-3.

Pada laga yang berlangsung di Rayong Province Stadium itu, skuad Garuda Muda mampu tampil menggigit sejak menit awal dan membuat lawannya itu kesulitan sepanjang pertandingan.

Baca Juga: Respons Berkelas Shin Tae-yong Lihat Thailand Main Kasar Lawan Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 mampu unggul cepat di menit ke-10 usai aksi individu Jeam Kelly Sroyer diakhiri tembakan terukur dan berhasil membobol gawang Thailand yang dijaga Siriwat Ingkaew.

Usai gol tersebut, tim arahan Shin Tae-yong ini kembali menggetarkan jala lawan, usai lemparan jarak jauh Robi Darwis mampu ditanduk Muhammad Ferarri di menit ke-23 dan membuat skor menjadi 2-0.

Empat menit berselang, Thailand mampu memperkecil kedudukan lewat tandukan Chudit Wanpraphao memanfaatkan sepak pojok di menit ke-27.

Baca Juga: Cedera, Bagas Kaffa Diprediksi Absen Bela Timnas Indonesia U-23 di Final Piala AFF U-23 2023

Tapi usaha Thailand untuk menyamakan kedudukan pupus di menit ke-45+1 usai pemainnya, Natcha Promsomboon, membuat gol bunuh diri yang membuat Timnas Indonesia U-23 unggul 3-1.

Di babak kedua, kedua tim mencoba menambah pundi-pundi golnya. Nahas, tak ada gol tambahan tercipta sehingga skor 3-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-23 tetap bertahan hingga laga usai.

Dalam laga ini, setidaknya ada tiga kunci mengapa Timnas Indonesia U-23 bisa membalikkan prediksi banyak orang dan mampu membuat Thailand selaku kandidat juara tak berdaya di semifinal. Apa saja kunci kemenangan itu?

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Bungkam Thailand, Erick Thohir Minta Jangan Jemawa

1. Cepat Jeam Kelly Sroyer

Sadar atau tidak, gol cepat Jeam Kelly Sroyer di menit ke-10 membuat Timnas Indonesia U-23 mampu mengunci kemenangan dengan skor meyakinkan atas Thailand.

Berkat gol cepat penyerang Persik Kediri itu membuat mental bertanding Thailand hancur dan membuat Timnas Indonesia U-23 percaya diri, sehingga bisa menambah pundi-pundi golnya.

Baca Juga: Salut, Timnas Indonesia U-23 dan Thailand Saling Respek usai Duel Panas di Semifinal Piala AFF U-23 2023

Hal ini pun diakui pelatih Thailand, Issara Sritaro, yang menyebut gol cepat itu membuat para pemainnya tertekan, sehingga tak bisa mengatasi tekanan yang diberikan Timnas Indonesia U-23.

2. Thailand Gagal Manfaatkan Peluang

Sepanjang pertandingan, Thailand punya sederet peluang matang untuk menyamakan kedudukan atau berbalik unggul atas Timnas Indonesia U-23.

Nahas, Thailand gagal memanfaatkan setiap peluang yang ada, utamanya karena penampilan apik barisan pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Dalam beberapa momen, terlihat Ernando Ari Sutaryadi dan bek Timnas Indonesia U-23 jatuh bangun menghadang serangan lawan dan mementahkan peluang-peluang yang didapat Thailand.

3. Perubahan Taktik Shin Tae-yong

Di laga kontra Thailand ini, Shin Tae-yong melakukan perombakan taktikal dalam skuadnya. Terlihat, juru taktik asal Korea Selatan itu memainkan taktik tak biasa di laga kontra Thailand.

Cederanya Bagas Kaffa membuat Shin Tae-yong memilih Robi Darwis sebagai starter untuk menemani Muhammad Ferarri dan Alfeandra Dewangga. Lalu Haykal Alhafiz yang jarang bermain, dipercaya sebagai starter menempati bek kiri.

Selain itu, Frengky Missa yang biasa berada di kiri pertahanan, kini berpindah ke posisi kanan penyerangan yang membuatnya dan Jeam Kelly Sroyer lebih leluasa dalam melakukan serangan dan membuat lini pertahanan Thailand kocar-kacir.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB
Tampilkan lebih banyak