Bolaindonesia

Dua Pemain Timnas Kamboja di Piala AFF 2022 yang Berkarier di Luar Negeri, Timnas Indonesia Wajib Waspada

Kamboja juga memiliki pemain abroad, salah satunya di Amerika Serikat. Jangan diremehkan

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Kamboja, Nick Taylor. (Instagram/@itsnicktaylor)
Pemain Timnas Kamboja, Nick Taylor. (Instagram/@itsnicktaylor)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia tentu wajib memberikan antisipasi khusus bagi Kamboja karena diperkuat dua pemain yang berkarier di luar negeri pada Piala AFF 2022.

Pasalnya, timnas Kamboja yang akan menjadi salah satu lawan timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 akan menggunakan jasa dua pemain yang berkarier di luar negeri.

Pemain-pemain ini tentu harus mendapat antisipasi khusus. Sebab, keduanya sama-sama lahir dan dibesarkan di sistem pembinaan usia dini di Prancis dan Amerika Serikat.

Bukan tidak mungkin, dua pemain ini akan menjadi kunci penting skuad berjulukan Pasukan Angkor itu saat menghadapi persaingan sengit di penyisihan Grup A Piala AFF 2022.

Berikut Bolatimes.com menyajikan dua nama pemain timnas Kamboja yang berkarier di luar negeri dan patut diantisipasi oleh timnas Indonesia.

1. Nick Taylor

Pemain Amerika Serikat, Nick Taylor mendapatkan panggilan Kamboja. (The Thao247)
Pemain Amerika Serikat, Nick Taylor mendapatkan panggilan Kamboja. (The Thao247)

Nick Taylor tampaknya akan menjadi salah satu pemain yang diandalkan Kamboja pada kejuaraan Piala AFF 2022. Sebab, dia tengah berkarier di luar negeri, tepatnya bersama klub Orlando City B di Amerika Serikat.

Untuk diketahui, Nick Taylor memang lahir di Texas, Amerika Serikat, pada 2 September 1998. Saat ini, usai pemain yang berposisi sebagai winger itu pun relatif muda, yakni 24 tahun.

Sebagian besar karier sepak bolanya memang dihabiskan di Negeri Paman Sam, mulai dari New Mexico Lobos (2017-2018), SMU Mustangs (2018-2021), dan UCF Knights (2021).

Meskipun lahir di Amerika Serikat, Nick Taylor memiliki darah keturunan Kamboja dari ibunya. Itulah sebabnya, ia bisa memperkuat Kamboja di level internasional.

Debutnya bersama timnas Kamboja pun baru tercipta pada 23 September 2022 ketika menghadapi laga uji coba internasional melawan Bangladesh. Saat itu, mereka tumbang 0-1.

2. Boris Kok

Pemain Sarawak United, Boris Kok. (Facebook/Sarawak United FC Official)
Pemain Sarawak United, Boris Kok. (Facebook/Sarawak United FC Official)

Boris Kok merupakan gelandang bertahan timnas Kamboja yang saat ini tengah merumput di luar negeri bersama klub Liga Super Malaysia, Sarawak United.

Sebagai informasi, Boris Kok merupakan pesepak bola yang tercatat lahir Nancy, Prancis, pada 20 Mei 1991. Meski lahir di Prancis, dia lahir dari pasangan orang tua yang berasal dari Kamboja.

Kariernya memang bermula di Prancis bersama sejumlah klub seperti Jarville JV (2007-2008), US Vandoeuvre-les-Nancy (2008-2009), FC Toul (2009-2010), dan Nancy Olympique (2010-2012).

Sementara itu, kariernya di Kamboja baru bermula pada tahun 2012. Klub pertama yang menggunakan jasanya ialah Phnom Penh Crown. Tiga tahun berselang, dia mendapat kesempatan debut bersama Kamboja.

Kala itu, Kamboja menghadapi Bhutan pada pertandingan persahabatan internasional, tepatnya pada 20 Agustus 2015.

Sebagai informasi, Boris Kok sudah menjadi salah satu kunci kesuksesan Phnom Penh Crown saat menjuarai tiga Liga Kamboja, yakni pada edisi 2014, 2015, dan 2021.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

Berita Terkini