3 Hal yang Perlu Diperbaiki Timnas Indonesia U-20 meski Menang 3-2 atas Antalyaspor

Ada beberapa kekurangan dari Timnas Indonesia U-20 yang terlihat meski meraih kemenangan atas Antalyaspor

Rabu, 09 November 2022 | 09:01 WIB
Potret pemain Timnas Indonesia U-19 saat kalah 1-2 lawan Turki U-20 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Potret pemain Timnas Indonesia U-19 saat kalah 1-2 lawan Turki U-20 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 menunjukkan beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki meski berhasil mengalahkan Antalyaspor U-20 dengan skor 3-2 dalam laga uji coba di Limak Arcadia Atlantis Football Center, Antalya, Selasa 8 November 2022 malam WIB.

Tim asuhan Shin Tae-yong sukses menjinakkan perlawanan sengit Antalyaspor U-20 dengan skor 3-2 kendati sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama.

Timnas Indonesia U-19 tertinggal 0-1 sebelum Marselino Ferdinan menyamakan kedudukan pada menit ke-47. Setelah itu, Garuda Nusantara kembali tertinggal 1-2 di menit ke-54.

Namun, Timnas Indonesia U-19 lagi-lagi mampu bangkit dengan mencetak dua gol masing-masing melalui Marselino Ferdinan (63’) dan Ronaldo Kwateh (89’) untuk melakoni comeback dan menang 3-2.

Pasca laga, Shin Tae-yong menyebut Timnas Indonesia U-19 sudah bermain cukup baik. Namun, masih ada beberapa spek yang harus ditingkatkan.

Hal itu senada dengan pernyataan Marselino Ferdinan yang menyebut dia dan rekan-rekannya tak boleh berpuas diri dalam kemenangan ini. Laga kontra Antalyaspor U-20 bisa jadi pelajaran untuk meningkatkan kemampuan jelang Piala Dunia U-20 2023.

Berikut setidaknya tiga pelajaran yang bisa diambil Timnas Indonesia U-19 setelah mengalahkan Antalyaspor U-20 dengan skor 3-2 yang akan berguna untuk kiprah Garuda Nusantara di Piala Dunia U-20 2023.

1. Harus Berani Duel Fisik

Suasana laga Timnas Indonesia U-19 vs Antalyaspor pada laga uji coba di Turki, Selasa (8/11/2022) malam WIB. [ANTARA/Michael Siahaan]
Suasana laga Timnas Indonesia U-19 vs Antalyaspor pada laga uji coba di Turki, Selasa (8/11/2022) malam WIB. [ANTARA/Michael Siahaan]

Pelatih Shin Tae-yong menyebut salah satu kelemahan Timnas Indonesia U-19 terekspos dalam laga ini yakni perihal kondisi fisik.

Ya, Timnas Indonesia U-19 dinilai Shin Tae-yong keteteran perihal duel-duel fisik dengan lawan-lawan yang berasal dari Eropa. Perbedaan postur juga membuat mental pemainnya sudah ciut lebih dulu sebelum bertanding.

"Sebelum main, para pemain sudah takut duluan dan saat beradu body juga kurang ya,” kata Shin Tae-yong dalam keterangan tertulis PSSI.

Laga kontra Antalyaspor U-20 jadi pelajaran berharga bagi skuad Garuda Nusantara untuk mengasah mentalitas untuk lebih berani dan ngotot meski menghadapi lawan-lawan yang secara postur lebih unggul.

2. Tingkatkan Kekuatan Fisik

Turunnya kepercayaan diri pemain saat menghadapi lawan yang berpostur lebih besar tak lain karena secara fisik skuad Garuda dinilai Shin Tae-yong memang kalah.

Shin Tae-yong mengakui fisik Marselino dan kawan-kawan belum setara dengan pemain Antalyaspor U-20. Karenanya, laga uji coba ini jadi pelajaran berharga untuk evaluasi jelang Piala Dunia U-20 2023 di mana lawan-lawan yang akan dihadapi lebih kompetitif lagi.

"Kami harus memperbaikinya, tetapi tidak bisa instan. Harus step-by-step," ucap Shin Tae-yong.

3. Memperbaiki Switch Play

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan (kiri) bermain di laga uji coba kontra Antalyaspor U-18 di Turki, Selasa (8/11/2022). [ANTARA/HO-PSSI]
Gelandang Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan (kiri) bermain di laga uji coba kontra Antalyaspor U-18 di Turki, Selasa (8/11/2022). [ANTARA/HO-PSSI]

Marselino Ferdinan menjelaskan bahwa salah satu kekurangan Timnas Indonesia U-19 dalam laga kontra Antalyaspor U-20 adalah kurang matangnya switch play (perpindahan pemain dan bola antarsisi-red).

Hal ini, katanya, harus segera diperbaiki untuk meningkatkan kualitas Timnas Indonesia U-19 jelang menghadapi event-event besar. Sebelum Piala Dunia U-20, Garuda Nusantara akan lebih dulu tampil di Piala Asia U-20 2023.

"Kami mesti lebih cepat bergerak, lebih dahulu sebelum bola dioper ke arah selanjutnya," ujar Marselino.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB
Tampilkan lebih banyak