Bolaindonesia

Gacor Banget, Ini 3 Alasan Arkhan Kaka Pantas Berkarier di Luar Negeri

Arkhan Kaka menunjukkan sinarnya di Kualifikasi Piala Asia U-16 2023

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka, usai menjebol gawang Filipina di Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka, usai menjebol gawang Filipina di Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Striker timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Purwanto, menjadi salah satu nama pemain yang paling bersinar di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Pasalnya, Arkhan Kaka menjelma sebagai mesin gol timnas Indonesia U-16 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 ini. Setidaknya, sejauh ini dia sudah menjaringkan total enam gol dari dua pertandingan di Grup B.

Yang terbaru, pemain yang saat ini berstatus sebagai binaan Persis Solo Youth itu mencetak dua gol saat timnas Indonesia U-16 menghadapi UEA di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (5/10/2022) malam.

Sementara itu, pada laga sebelumnya, saat lawan Guam, Kaka juga tampil moncer. Tak tanggung-tanggung, dia mencetak empat gol atau quattrick untuk membawa timnas Indonesia U-16 menang dengan skor 14-0.

Dengan demikian, anak kandung dari eks-striker timnas Indonesia, Purwanto Suwondo, itu kini sudah mengemas enam gol dan memuncaki daftar top skor Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Catatan impresif inilah yang membuat Arkhan Kaka sukses mencuri perhatian. Bahkan, pemain ini dinilai layak untuk melanjutkan kariernya di luar negeri.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Arkhan Kaka layak melanjutkan kariernya di luar negeri.

1. Punya Ketajaman

Melimpahnya jumlah gol yang sejauh ini sudah dicetak Arkhan Kaka memang turut membuktikan bahwa dia memiliki insting gol yang tinggi.

Ketajamannya itu juga terbukti ketika Kaka sukses mengonversi peluang untuk menjadi gol. Hal inilah yang kiranya harus terus diasah oleh Kaka sehingga nantinya mampu menjadi striker top di masa depan.

Keunggulan inilah yang kiranya bisa membuat Arkhan Kaka mencuri perhatian klub-klub luar negeri, sehingga dia bisa menimba ilmu di iklim kompetisi yang lebih berkualitas.

2. Usianya Masih Relatif Muda

Sebetulnya, jika dibandingkan dengan para pemain yang saat ini tergabung di skuad timnas Indonesia U-16 lainnya, Arkhan Kaka Putra adalah salah satu nama pemain yang usianya paling muda.

Sebab, pada 2 September 2022 lalu, dia baru saja menginjak umur 15 tahun. Hal ini berarti bahwa Arkhan Kaka sudah bergabung dengan skuad timnas U-17 saat usianya saat itu baru 14 tahun.

Di usia itu pula, pemain asal Blitar, Jawa Timur, ini sukses membawa timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara di Piala AFF U-16 2022. Dengan usia yang masih relatif muda, maka perjalanan Kaka untuk terus mengasah bakatnya masih terhitung panjang.

3. Postur Tubuh yang Tinggi

Meski baru berusia 15 tahun, saat ini postur tubuh Kaka juga mencapai 186 cm. Untuk ukuran pemain seusianya, ini adalah postur yang relatif tinggi dan sangat ideal untuk bermain di posisi striker.

Keunggulan di aspek tinggi badan ini bisa menopang kebutuhan pemain jebolan klub PSBK Blitar ini untuk mampu menghadapi duel-duel udara dengan pemain bertahan lawan.

Dengan postur ini pula, Kaka juga diyakini mampu bersaing di luar negeri. Sebab, kompetisi-kompetisi luar negeri tak hanya mengandalkan teknik dan kemampuan, tetapi juga aspek fisik.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini