Bolaindonesia

3 Alasan Paul Munster Cocok Jadi Pelatih Baru Persib Bandung

Paul Munster sudah tebar kode untuk menjadi pelatih Persib Bandung

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster dalam jumpa pers usai pertandingan melawan Bali United di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (13/9/2019). (Dok. Bhayangkara FC)
Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster dalam jumpa pers usai pertandingan melawan Bali United di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (13/9/2019). (Dok. Bhayangkara FC)

Bolatimes.com - Status pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tengah dihinggapi tanda tanya besar setelah penampilan buruk timnya di awal musim Liga 1 2022-2023. Beberapa calon pengganti mencuat untuk menggantikannya. Salah satunya, Paul Munster.

Paul Munster dianggap sebagai salah satu sosok pelatih yang cocok untuk menggantikan posisi Robert Rene Alberts yang gagal membawa Persib Bandung mencatatkan start positif di Liga 1 2022-2023.

Pasalnya, pada dua pertandingan awal Persib Bandung di Liga 1 2022-2023, mereka hanya mampu mengumpulkan satu poin.

Tim Pangeran Biru tercatat mengawali kiprahnya dengan hasil imbang saat berjumpa Bhayangkara FC pada laga pertama dengan skor 2-2. Lalu, setelah itu mereka ditekuk Madura United 1-3 pada pekan kedua.

Penampilan buruk ini membuat nasib Robert Rene Alberts menjadi pertanyaan besar. Paul Munster pun disebut-sebut layak untuk mengganti pelatih asal Belanda tersebut.

Berikut tiga alasan Paul Munster cocok menjadi pelatih baru Persib Bandung untuk menggantikan Robert Rene Alberts.

1. Catatan Performa yang Apik

Selama melatih Bhayangkara FC di ajang Liga 1, Paul Munster mempunyai catatan yang sebetulnya sangat apik meski belum pernah meraih gelar juara.

Secara keseluruhan, pelatih asal Irlandia Utara ini sudah memimpin 54 pertandingan Bhayangkara FC, yakni sejak pertengahan Liga 1 2019 hingga akhir musim 2021/2022.

Dari 54 pertandingan itu, 29 di antaranya sukses menang. 17 pertandingan lainnya berakhir imbang dan delapan sisanya berujung dengan kekalahan.

Hal itu berarti bahwa Paul Munster mampu memenangkan lebih dari 51 persen laga dan meraih rata-rata 1,93 poin per pertandingan.

2. Hasil Positif di Klasemen Akhir

Dari dua musim pekerjaannya bersama Bhayangkara FC, pelatih berusia 40 tahun ini mampu mengantarkan The Guardian finis di posisi yang cukup prestisius.

Pada Liga 1 2019, misalnya, Paul Munster berhasil membawa Bhayangkara FC finis di peringkat keempat klasemen akhir Liga 1 2019.

Sementara pada Liga 1 2021-2022, Bhayangkara FC berhasil dibawa oleh pelatih asal Irlandia Utara itu ke peringkat ketiga klasemen akhir. Mereka hanya terpaut sembilan poin dari Bali United yang meraih gelar juara.

3. Lisensi UEFA Pro

Untuk berbicara soal lisensi kepelatihan, Paul Munster sudah layak dan memenuhi syarat. Sebab, dia saat ini sudah mengantongi lisensi UEFA Pro.

Lisensi itu tentu saja sudah cukup untuk memenuhi syarat sebagai pelatih kepala di Liga 1 karena setara dengan AFC Pro.

Selain itu, pengalaman Paul Munster menangani sejumlah klub juga sudah cukup untuk menjadi modalnya mengasuh Persib Bandung.

Selain menjadi asisten pelatih maupun pelatih kepala, ia juga pernah mengemban tanggung jawab sebagai Direktur Teknik.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini