Bolaindonesia

Profil Fabiano Beltrame, Pemain dengan Rekor Unik Caps 1 Menit

Tahukah Anda jika di Indonesia terdapat seorang pemain yang hanya mencatatkan caps 1 menit saja di timnya? Simak profil Fabiano Beltrame, pemain naturalsasi asal Brasil dengan caps terpendek.

Irwan Febri Rialdi

Fabiano Beltrame saat menjalani sesi latihan bersama PSS Sleman. (Dok. PSS Sleman)
Fabiano Beltrame saat menjalani sesi latihan bersama PSS Sleman. (Dok. PSS Sleman)

Bolatimes.com - Nama Fabiano Beltrame mungkin akan jadi satu nama yang memiliki kisah unik di sejarah persepakbolaan Indonesia. Pernah berseragam Persib Bandung, pemain ini kemudian tidak diperpanjang kontraknya terhitung sejak Februari 2021 lalu.

Profil Fabiano Beltrame kemudian jadi sorotan, lantaran kisah yang tak ada duanya di Indonesia.

Profil Fabiano Beltrame

Bek Persib asal Brasil, Fabiano Beltrame usai menjalani latihan rutin di lapangan Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/5/2019). [Suara.com/Aminuddin]
Bek Persib asal Brasil, Fabiano Beltrame usai menjalani latihan rutin di lapangan Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/5/2019). [Suara.com/Aminuddin]

Lahir pada 29 Agustus 1982 di Brasil, pemain yang satu ini kemudian diberikan nomor punggung 15 oleh Persib Bandung. Oleh Persib Bandung, kontraknya secara resmi tidak diperpanjang terhitung sejak 16 Februari 2021.

Karir sepakbola Fabiano dimulai di Sao Jose, klub yang sama yang pernah mengorbitkan Roque Minor. Di Usia 18 tahun ua bermain untuk Sao Jose hingga tahun 2005, dan mencetak 62 caps dengan torehan 5 gol.

Kemudian ia berpindah ke Indonesia, dan pertama kali bermain di Persiter Ternate. Langkahnya kemudian berlabuh di Persela Lamongan pada tahun 2009, dan berakhir pada tahun 2011 dengan catatan 5 gol.

Cukup panjang sebenarnya kiprah Fabiano sebelum akhirnya berlabuh di Persib pada 2019 lalu. Namun setelah bergabung, ia justru tidak dapat kesempatan bermain karena banyak faktor. Manajemen dan pelatih memutuskan tidak memperpanjang kontrak pemain yang usianya tak lagi muda ini.

Selanjutnya, Fabiano bergabung dengan PSS Sleman. Namun, baru-baru ini pemain asal Brasil ini tiba-tiba keluar dari skuat berjuluk Elang Jawa tersebut. Santer rumor dia akan bergabung klub Liga 2, Persis Solo.

Rekor Unik yang Dimiliki Fabiano Beltrame

Bek Persib Bandung, Fabiano Beltrame. (Instagram/fabianobeltrame15)
Bek Persib Bandung, Fabiano Beltrame. (Instagram/fabianobeltrame15)

Sepanjang berseragam Persib Bandung, berbagai masalah dihadapinya. Mulai dari proses naturalisasi yang berlarut-larut, hingga caps total sang pemain yang justru jadi rekor tersendiri. Fabiano Beltrame hanya mencatatkan penampilan selama 1 menit sepanjang berseragam Maung Bandung. Tentu saja, hal ini menjadi satu rekor unik, sekaligus menyedihkan selama karir sepakbolanya.

Meski kemudian urusan naturalisasi sudah selesai pada Desember 2020 lalu, namun pihak pelatih tetap tidak memperpanjang kontraknya karena dinilai tak lagi sesuai dengan kebutuhan tim. Menjelang bergulirnya Liga 1 musim 2021 ini, Persib memutuskan tidak memperpanjang kontrak sang pemain..

Memang jika dilihat dari ceritanya, nasib sang pemain Brasil tersebut terbilang apes dan sangat tidak beruntung. Hanya mencatatkan satu menit pertandingan selama berseragam Maung Bandung, ia harus rela kehilangan posisi di lini pertahanan Bandung karena kalah bersaing dengan pemain lainnya. Berikut tadi sedikit profil Fabiano Beltrame.

Berita Terkait

Berita Terkini