Mengenal Arab Club Champions Cup, Kompetisi Bergengsi Antar Klub yang Dibuat Asosiasi Sepak Bola Uni Arab

Mengenal lebih jauh kompetisi Arab Club Champions Cup

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 05 Agustus 2023 | 16:00 WIB
Ronaldo ngamuk ke bangku cadangan Al Nassr usai kalah lawan Al Wehda. (Twitter)

Ronaldo ngamuk ke bangku cadangan Al Nassr usai kalah lawan Al Wehda. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh kompetisi Arab Club Champions Cup, sebuah kompetisi yang baru saja dimainkan oleh Al Nassr kala menghadapi tim Mesir, Zamalek.

Belum lama ini, klub Arab Saudi, Al Nassr, bertanding melawan Zamalek dalam kompetisi bertajuk Arab Club Champions Cup atau Piala Champions Arab pada Kamis (3/8).

Di laga tersebut, tim berjuluk Al Aalami ini harus puas bermain imbang dengan lawannya tersebut, yakni dengan skor 1-1.

Baca Juga: Witan Sulaeman Moncer di Posisi Baru, Langsung Jadi Raja Assist Sementara BRI Liga 1

Megabintang asal Portugal, yakni Cristiano Ronaldo, mampu menjadi penyelamat Al Nassr yang sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Zamalek yang dicetak Ahmed Sayedi di menit ke-56.

Ronaldo mampu mencetak gol penyama kedudukan lewat tandukannya di menit ke-87, yang memaksa laga berakhir dengan skor imbang.

Hasil imbang itu membuat Al Nassr pun akhirnya berhak melangkah ke perempat final, usai menjadi Runner Up grup C di belakang rivalnya di Arab Saudi, Al Shabab.

Baca Juga: Link Live Streaming Arema FC vs Barito Putera di BRI Liga 1

Selain itu, laga kontra Zamalek di Piala Champions Arab tersebut menjadi ajang debut bagi rekrutan baru Al Nassr, yakni Sadio Mane.

Eks penyerang Bayern Munich itu melakoni debutnya bagi Al Nassr saat masuk di babak kedua menggantikan Abdulaziz Saud El Elewai.

Karena gol Cristiano Ronaldo dan debut Sadio Mane tersebut, banyak yang mencari tahu soal Arab Club Champions Cup atau Piala Champions Arab.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Voli Putri Indonesia vs Vietnam di SEA V League 2023

Berikut Bolatimes.com sajikan sejarah serta seluk beluk kompetisi Arab Club Champions Cup atau Piala Champions Arab yang diikuti Al Nassr bersama Cristiano Ronaldo dan Sadio Mane.

Kompetisi untuk Klub Negara Arab di Asia dan Afrika

Arab Club Champions Cup atau Piala Champions Arab merupakan kompetisi bentukan Asosiasi Sepak Bola Uni Arab atau UAFA.

Baca Juga: Profil Marcos Sorato, Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia yang Dua Kali Juarai Piala Dunia

Kompetisi ini sendiri telah berjalan selama 42 tahun atau sejak 1981 silam yang diikuti oleh negara-negara anggota UAFA yang terletak di Asia maupun di Afrika.

Hingga tahun 2023 ini, tercatat UAFA memiliki total 22 negara anggota. Sehingga, kompetisi Arab Club Champions Cup diikuti oleh klub-klub dari 22 negara tersebut.

Klub yang mengikuti kompetisi ini pun utamanya adalah klub-klub juara di kancah domestik di negaranya masing-masing.

Kompetisi Piala Champions Arab ini sendiri pertama kali digelar bersamaan dengan Piala Winners Arab dan Arab Super Cup.

Semula, kompetisi ini hanya diikuti oleh klub-klub dari negara Arab di Asia saja, yakni sejak pertama kali digelar pada 1981 hingga 1988.

Barulah pada tahun 2002, dua kompetisi itu dileburkan dan menjadi Piala Champions Arab, yang kemudian diikuti oleh klub-klub dari negara Arab di Afrika.

Hingga tahun 2023 ini, tercatat ada 37 tim dari Asia dan Afrika yang berpartisipasi. Dalam sejarahnya, tim-tim Arab Saudi menjadi tim yang paling dominan di kompetisi ini.

Secara keseluruhan, tim-tim Arab Saudi mampu memenangkan gelar Piala Champions Arab sebanyak delapan kali, yang kemudian diikuti oleh Tunisia dengan tujuh gelar dan Aljazair dengan 4 gelar.

Sedangkan tim yang paling banyak mengoleksi gelar juara ajang ini dipegang oleh tim Tunisia, yakni ES Tunis dengan tiga gelar dan diikuti tim Irak yakni Al-Rasyid dengan tiga gelar.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak