Kisah Dua GOAT Putuskan Berkarier di Luar Eropa, Lionel Messi Pilih Hijrah ke Liga Amerika

Dua GOAT tinggalkan Eropa.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Kamis, 08 Juni 2023 | 15:41 WIB
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berjabat tangan saat laga Riyadh All-Star XI vs Paris Saint-Germain (PSG) dalam laga eksibisi bertajuk

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berjabat tangan saat laga Riyadh All-Star XI vs Paris Saint-Germain (PSG) dalam laga eksibisi bertajuk "Riyadh Season" di Stadion King Fahd Internasional, Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/1/2023) dini hari WIB. [Twitter/@StoolFootball]

Bolatimes.com - Kisah dua Greatest of All Time (GOAT), Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, yang telah menyudahi kariernya di level tertinggi di Eropa.

Jagat sepak bola atau dunia harus menerima tak bisa lagi melihat dua pemain terbaik saat ini, Messi dan Ronaldo, berkiprah di liga-liga top Eropa.

Setelah Ronaldo memutuskan hijrah ke Arab Saudi pada Desember 2022 lalu, kini giliran Messi yang angkat kaki dari Eropa dan melabuhkan kariernya ke Amerika Serikat.

Baca Juga: Akun FIFA Soroti Latihan Timnas Indonesia Jelang Lawan Argentina, Pajang Wajah Serius Marselino Ferdinan

Kepindahan pemain berjuluk La Pulga itu dipastikan setelah Inter Miami mengumumkan kehadirannya di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Messi memilih bergabung tim Major League Soccer (MLS) itu seiring berakhirnya kontrak yang ia miliki bersama Paris Saint-Germain.

Sejatinya, pemain berusia 35 tahun itu mendapat tawaran dari Arab Saudi, untuk bergabung dengan Al Hilal agar persaingan abadinya bersama Ronaldo berlanjut.

Baca Juga: Gadis Kamboja yang Viral Gegara Marselino Ferdinan Dukung Timnas Indonesia di ASEAN Para Games 2023

Tapi, Messi menolak tawaran dengan bayaran sebesar 1,5 triliun euro (Rp23 triliun) untuk tiga tahun itu demi berkarier di Amerika Serikat bersama Inter Miami.

Adapun alasan Messi bergabung Inter Miami karena ingin menghindari sorotan dan bisa menikmati kehidupannya di luar lapangan hijau.

Kepindahan Messi ke Amerika Serikat pun menandai berakhirnya petualangan dua pemain terbaik dunia sepak bola saat ini di kancah Eropa, setelah Ronaldo terlebih dahulu hijrah ke Arab Saudi.

Baca Juga: Dua Pemain Keturunan Diprediksi Bertemu Erick Thohir di Jerman, Bahas Naturalisasi?

Persaingan selama 16 Tahun antara Messi dan Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bersaing di lapangan hijau di kompetisi Eropa selama 16 tahun lamanya, atau sejak 2007 silam.

Saat itu, Messi dan Ronaldo baru mengukir namanya di kancah sepak bola Eropa bersama Barcelona dan Manchester United.

Baca Juga: Lemparan Mematikan Jadi Senjata Andalan, Akun J League Puji Selangit Pratama Arhan

Sejak tahun 2007 itu, Messi dan Ronaldo saling bersaing menjadi yang terbaik, yang diawali dengan duel pertama keduanya pada 23 April 2008 saat Barcelona bertemu Manchester United.

Setelah itu, persaingan keduanya berlanjut, terutama setelah Ronaldo merebut titel Ballon d’Or 2008 dengan mengungguli Messi.

Setahun setelahnya atau pada 2009, giliran Messi yang merebut Ballon d’Or melampaui Ronaldo usai Barcelona menundukkan Manchester United di final Liga Champions.

Di tahun yang sama, Ronaldo memutuskan hijrah ke Real Madrid dan membuat persaingannya dengan Messi tak hanya tercipta di Liga Champions, melainkan juga Liga Spanyol atau La Liga.

Persaingan antara Messi dan Ronaldo di Spanyol dan Eropa berlangsung selama sembilan tahun lamanya, di mana keduanya saling berebut memperebutkan gelar top skor ataupun gelar Ballon d’Or.

Pada 2018, Ronaldo yang memutuskan hijrah ke Juventus pun tetap bertemu Messi yang masih membela Barcelona yakni di kompetisi Liga Champions.

Lalu pada 2021, bursa transfer dihebohkan dengan kepindahan Ronaldo ke Manchester United yang disusul oleh Messi ke Paris Saint-Germain.

Di dua klub itu, kedua pemain ini tak bertemu sama sekali. Tapi keduanya menorehkan catatan individu bagi timnya masing-masing.

Persaingan ini sempat usai setelah Ronaldo hijrah ke Arab Saudi pada akhir tahun 2022 dengan bergabung Al Nassr.

Tapi, Messi dan Ronaldo tetap bertemu di lapangan saat PSG menjalani uji tanding melawan 11 pemain terbaik Arab Saudi pada Januari 2023.

Siapa sangka, pertandingan itu menjadi pertemuan terakhir kedua GOAT ini di atas lapangan. Apalagi dengan kepindahan Messi ke Amerika Serikat di musim panas 2023 ini.

Kini, kompetisi Eropa, terutama Liga Champions, tak akan melihat lagi sosok Messi dan Ronaldo pada musim 2023/2024 atau musim depan untuk pertama kalinya sejak 2003 atau dua dekade silam.

Siapakah yang bisa meneruskan rivalitas panas antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Eropa saat ini? Akankah Kylian Mbappe, Erling Haaland, atau Vinicius Junior?

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak