Boladunia

4 Kiper Top yang Putuskan Pensiun dari Timnas, Salah Satunya Masih Berusia 26 Tahun

Berikut 4 kiper top yang pilih pensiun dari timnas, salah satunya bikin kejutan karena masih umur 26 tahun.

Rauhanda Riyantama

Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana jadi korban orang buang sampah sembarangan. [@andreonana.24 / Instagram]
Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana jadi korban orang buang sampah sembarangan. [@andreonana.24 / Instagram]

Bolatimes.com - Pensiun bukan berarti berhenti, begitulah pilihan dari para kiper top yang memilih gantung sepatu dari tim nasional meski masih aktif bermain.

Fenomena ini bukan hal yang langka, sedere kiper top Eropa justru memilih keluar dari skuad tim nasional meski kualitasnya masih di atas rata-rata.

Bukan tanpa alasan, sederet faktor beragam menjadi penyebab sederet kiper aktif ini memutuskan pensiun dari skuad tim nasional.

Lantas siapa saja mereka? berikut sederet kiper yang masih aktif bermain di level klub tetapi sudah memutuskan pensiun dari timnas.

1. Lukasz Fabianski

Fabianski memilih pensiun dari timnas Polandia pada Oktober 2021, keputusan ini diambil tepat setelah kemenangan atas San Marino pada Kualifikasi Piala Dunia.

Meski tak pernah memiliki kiprah yang mencolok dengan Polandia, Fabianski sukses mengoleksi 56 caps sejak debut pada 2006.

2. Samir Handanovic

Handanovic diketahui sudah tak lagi membela timnas Slovenia sejak 2015, keputusan pensiun diambil setelah gagal membawa negaranya melaju ke putaran final Piala Eropa 2016.

Selama kariernya, Handanovic sukses mengemas 81 caps dalam kurun waktu 11 tahun, kepergiannya tak begitu bermasalah bagi Slovenia.

Karena negara ini masih memiliki seorang Jan Oblak, sementara Handanovic masih aktif bermain untuk Inter Milan meski tak lagi jadi nomor satu.

3. Andre Onana

Unik, keputusan pensiun Onana dari timnas Kamerun diambil setelah Piala Dunia 2022 Qatar, usianya masih 26 tahun namun sudah mengambil keputusan besar.

Onana terlibat konflik dengan sang pelatih, Rigobert Lagu terkait taktik yang diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Kiper Inter Milan itu dipulangkan dari Piala Dunia 2022 oleh Kamerun, alasannya tindakan indisipliner.

4. Hugo Lloris

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi ajang terakhir Lloris bersama timnas Prancis, di awal tahun 2023 ia memutuskan pensiun dari tim nasional.

Kini usianya sudah 36 tahun, Lloris masih aktif bermain bersama Tottenham Hotspur dan menariknya ia masih menjadi pilihan utama Spurs di berbagai ajang.

Prancis pun tak khawatir atas pensiunnya Lloris, sederet kiper muda berbakat dimiliki mereka, mulai dari Mike Maignan hingga Alphonse Areola.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini