Boladunia

Sah Jadi Pesepak Bola dengan Bayaran Termahal, Harta Cristiano Ronaldo Masih Kalah dengan Pemain Ini

Ronaldo jadi pesepak bola dengan bayaran termahal usai gabung Al Nassr.

Rauhanda Riyantama

Cristiano Ronaldo resmi bergabung ke klub Arab Saudi Al Nassr. (Twitter/@AlNassrFC_EN)
Cristiano Ronaldo resmi bergabung ke klub Arab Saudi Al Nassr. (Twitter/@AlNassrFC_EN)

Bolatimes.com - Meski mampu menjadi pemain dengan bayaran termahal di dunia, pundi-pundi kekayaan Cristiano Ronaldo ternyata masih kalah dari pemain lainnya. Siapa pemain yang dimaksud?

Mega bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, ditahbiskan menjadi pemain dengan bayaran termahal di jagat sepak bola saat ini usai bergabung klub Arab Saudi, yakni Al Nassr.

Kepindahan ini sendiri terjadi tepat di akhir tahun 2022, yakni 31 Desember 2022, atau sesaat sebelum jendela transfer musim dingin dibuka.

Al Nassr mendapatkan pemain berusia 37 tahun itu secara gratis, setelah Ronaldo berpisah dengan klub lamanya, Manchester United, medio November 2022.

Kepindahan ini pun dirasa cukup mengagetkan. Sebab, Ronaldo sendiri mengindikasikan dirinya masih ingin bermain di level teratas.\

Cristiano Ronaldo resmi bergabung ke klub Arab Saudi Al Nassr. (Twitter/AlNassrFC_EN)
Cristiano Ronaldo resmi bergabung ke klub Arab Saudi Al Nassr. (Twitter/AlNassrFC_EN)

Nahasnya, tak adanya minat dari klub-klub Eropa serta bayarannya yang setinggi langit membuat Ronaldo menerima pinangan Al Nassr.

Siapa yang menyangka, kepindahan Ronaldo ke Al Nassr ini memecahkan rekor tersendiri, setelah eks Real Madrid itu disebut akan menerima bayaran fantastis.

Dari laporan yang beredar, Ronaldo akan mendapat bayaran sebesar 200 juta euro (Rp3,3 triliun) per tahunnya dari Al Nassr yang otomatis membuatnya menjadi pemain dengan bayaran termahal sejagat.

Meski berstatus pemain dengan bayaran termahal, nyatanya pundi-pundi kekayaan Ronaldo saat ini ternyata masih kalah dari pemain lainnya.

Pemain siapa yang mampu mengungguli kekayaan Cristiano Ronaldo dengan bayaran fantastis dari Al Nassr itu?

Masih Kalah dari Pemain Brunei Darussalam

Meski memiliki bayaran termahal di dunia, kekayaan Cristiano Ronaldo ternyata masih kalah dari pesepak bola Brunei Darussalam, yakni Faiq Bolkiah.

Faiq Bolkiah sendiri adalah anak dari salah satu Pangeran Brunei Darussalam, yakni Abdul Hakeem Jefri Bolkiah dan merupakan saudara dari Raja Brunei saat ini, Hassanal Bolkiah.

Karena punya darah kerajaan, Faiq Bolkiah pun punya kekayaan yang masif, yakni mencapai 20 miliar poundsterling atau Rp376 triliun.

Jumlah itu unggul berpuluh-puluh kali lipat dari apa yang dimiliki Cristiano Ronaldo. Sebagai informasi, pemain berjuluk CR7 itu punya kekayaan 410 juta poundsterling (Rp7,6 triliun).

Faiq Bolkiah gabung klub Thailand, Chonburi FC. (Dok. Chonburi FC)
Faiq Bolkiah gabung klub Thailand, Chonburi FC. (Dok. Chonburi FC)

Jika Ronaldo bertahan dan mengumpulkan gajinya bersama Al Nassr, maka kekayaannya hanya akan mencapai 1,3 miliar poundsterling (Rp24,4 triliun), atau masih kalah jauh dari Faiq Bolkiah.

Meski begitu, apa yang dimiliki Ronaldo saat ini didapat dari kerja kerasnya sebagai pesepak bola, berbanding terbalik dengan Faiq Bolkiah yang memiliki kekayaan dari keluarga kerajaannya.

Hal ini pun terlihat dari karier Faiq Bolkiah. Berbeda dengan Ronaldo, pemain berusia 24 tahun itu sulit untuk menembus tim besar Eropa.

Meski pernah menimba ilmu di Chelsea dan Leicester City, Faiq Bolkiah harus menerima kariernya yang baru seumur jagung berakhir di Asia Tenggara.

Saat ini, Faiq Bolkiah sendiri berstatus pemain klub Thailand, yakni Chonburi FC, usai bergabung pada Desember 2021 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini