Profil Wydad Casablanca, Klub Maroko yang Sumbang Pemain Terbanyak di Semifinal Piala Dunia 2022

Wydad Casablanca sumbang tiga pemain di semifinal Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 12 Desember 2022 | 11:41 WIB
Potret pemain Wydad Casablanca saat juara Liga Champions Afrika 2022. (AFP)

Potret pemain Wydad Casablanca saat juara Liga Champions Afrika 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Wydad Casablanca, klub asal Maroko yang menjadi salah satu tim penyumbang pemain terbanyak di semifinal Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 sudah memasuki babak semifinal, di mana ada empat tim yang akan bertarung ke babak puncak, yakni Argentina, Kroasia, Prancis, dan Maroko.

Keempat tim ini berhasil menembus zona empat besar setelah menumbangkan lawan-lawannya. Argentina dan Kroasia berhasil lolos via adu penalti atas Belanda dan Brasil di perempat final.

Baca Juga: Akun Resmi Piala AFF Soroti Kerjasama Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam di Atas Lapangan, Belum Bisa Move On Nih

Sedangkan Prancis dan Maroko berhasil ke semifinal setelah menang tipis atas Inggris dan Portugal di waktu normal selama 90 menit laga.

Keempat tim ini berhasil lolos ke semifinal dengan materi pemain berkualitas yang berasa dari klub-klub top di kancah sepak bola.

Dilansir dari Marca, di semifinal Piala Dunia 2022 ini ada enam pemain yang berasal dari Bayern Munich, dan lima pemain dari Atletico Madrid serta Sevilla.

Baca Juga: Media Kroasia Sebut Pemain Argentina Diduga Bakal Pakai Cara Licik Kalahkan Skuad Vatreni

Selain tiga klub besar Eropa itu, ada klub asal Afrika yang menyumbang pemain terbanyak di semifinal Piala Dunia 2022 ini.

Tim itu adalah Wydad Casablanca. Diketahui, klub asal Maroko ini menyumbangkan tiga pemain di babak semifinal ajang empat tahunan itu.

Dibanding Bayern Munich, Atletico Madrid, dan Sevilla, nama Wydad Casablanca terbilang asing di kancah sepak bola dunia.

Baca Juga: Fakta Menarik Prancis vs Maroko di Piala Dunia 2022, Olivier Giroud Punya Hubungan Spesial dengan Walid Regragui

Lantas, seperti apa profil Wydad Casablanca itu? Berikut profilnya.

Klub Tersukses Maroko

Wydad Casablanca merupakan klub yang berbasis di salah satu kota besar Maroko yang berdiri pada 8 Mei 1937 atau 85 tahun silam.

Baca Juga: Tiga Pemain Liga 1 yang Gacor di Klub, Opsi Shin Tae-yong untuk Timnas di Piala AFF 2022

Klub yang lebih akrab disebut Wydad AC ini berstatus tim tersukses di kompetisi domestik Maroko. Total tim berjuluk Al Kalaa Al Hamra ini telah meraih 22 gelar Botola atau Liga Maroko.

Wydad AC sendiri lahir sebelum kemerdekaan Maroko pada 1955. Di awal berdirinya, klub ini dibuat sebagai bentuk perlawanan terhadap kolonialisme Prancis di era Protektorat Maroko.

Semula, Wydad AC bukanlah klub sepak bola, melainkan klub atletik yang menaungi beberapa cabang olahraga, seperti renang.

Namun Wydad AC kemudian merambah ke sepak bola, di mana pertandingan pertamanya terjadi pada 1939 melawan tim USM Casablanca.

Selama masa kolonialisme Prancis, Wydad AC masih tetap bermain dan berhasil menjuarai tingkat regional di musim 1945/1946.

Meski mampu meraih gelar regional, gelar liga pertama Wydad AC baru datang pada 1948. Dari sinilah dominasi tim yang juga berjuluk The Reds ini berlanjut di kompetisi domestik Maroko.

Pasca kemerdekaan Maroko pada 1955, Wydad AC menjadi salah satu tim papan atas yang sempat mengalami nasib naik turun.

Era kejatuhan Wydad AC pertama kali terjadi di awal 1960 an, di mana Wydad AC sempat terjerumus ke peringkat ke-7 Liga Maroko.

Setelah mengalami pembenahan, Wydad AC kembali menjadi juara di tahun 1966 dan berlanjut hingga dekade-dekade selanjutnya.

Puncaknya terjadi pada dekade 1980 dan 1990 an, di mana di era ini Wydad AC memasuki periode emas. Periode emas ini terlihat dari keberhasilan The Reds menjuarai Piala Champions Klub Arab di 1989.

Puncak kejayaan Wydad AC di periode emas ini terlihat saat menjuarai Kejuaraan Klub Asia-Afrika pada tahun 1993 dan dibarengi gelar domestik dan kontinental lainnya.

Bak roda yang tak selamanya di atas, Wydad AC kembali mengalami kejatuhan di era 2000 hingga 2014. Di tengah kejatuhan ini, The Reds pun masih bisa meraih gelar liga pada 2006 dan 2010.

Pasca 2014, Wydad AC kembali mengukuhkan diri sebagai klub tersukses di Maroko dengan menjuarai beragam ajang domestik dan kontinental lainnya, termasuk Liga Champions Afrika pada 2017 dan 2022.

Hingga tahun 2022 ini, Wydad AC telah meraih 44 gelar di ajang domestik dan kontinental, dengan rincian 32 gelar di dapat di kompetisi domestik Maroko.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak