Boladunia

Profil Juergen Klinsmann, Eks Pelatih Amerika Serikat yang Kritik Gaya Main Iran

Juergen Klinsmann memberikan kritikan untuk permainan Iran meski menang

Irwan Febri Rialdi

Juergen Klinsmann. [Reuters/Brian Snyder]
Juergen Klinsmann. [Reuters/Brian Snyder]

Bolatimes.com - Juergen Klinsmann tidak melatih tim di Piala Dunia 2022, tidak juga bermain di ajang tersebut. Tapi, ia tiba-tiba jadi perbincangan hangat.

Penyebabnya adalah sang legenda Timnas Jerman itu terlibat konflik dengan pelatih Iran, Carlos Queiroz. Usai Iran mengalahkan Wales di babak penyisihan Grup B, Piala Dunia 2022, Jumat (25/11) lalu, Klinsmann bilang Iran bekerja sama dengan wasit untuk memenangi pertandingan.

Adapun, laga di Ahmad bin Ali Stadium, tersebut rampung dengan skor 2-0. Timnas Iran butuh waktu hingga 90 menit dan tambahan waktu untuk mencetak dua gol via Rouzbeg Cheshmi dan Ramin Rezaeian.

Namun menurut Klinsmann yang menjadi pundit pada laga tersebut, mengkritik gaya permainan Iran yang disebutnya bermain kasar namun wasit banyak membiarkan.

Pernyataan Klinsmann ini sontak langsung membuat Queiroz murak. Ia menampik mentah-mentah tudingan Klinsmann dan memintanya mundur dari FIFA.

Lantas, siapa sebetulnya Juergen Klinsmann ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Juergen Klinsmann

Juergen Klinsmann adalah mantan pesepakbola asal Jerman yang lahir di kota Goppingen, pada 30 Juli 1964. Semasa masih aktif bermain, ia dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik Jerman di era 90-an.

Karier profesional Klinsmann dimulai pada 1981 saat bermain untuk klub asal Jerman, Stuttgarter Kickers. Setelah itu, ia berpindah-pindah klub di beberapa negara.

Mulai dari Stuttgart, Inter Milan, AS Monaco, Tottenham Hotspur, Bayern Munchen, Sampdoria, hingga pensiun di Spurs pada 1998.

Prestasi terbaik Klinsmann di level klub adalah menjuarai Supercoppa Italiana dan Liga Europa bersama Inter, lalu menjadi kampiun Bundesliga dan Liga Europa bersama Bayern Munchen.

Berbeda dengan di level tim nasional, Klinsmann terbilang meraih berbagai prestasi bergengsi. Ia sudah mentas sejak 1987 ketika masih bernama Jerman Barat hingga terakhir bermain di tahun 1998.

Kehebatan Klinsmann terlihat ketika ia mampu mencetak gol di enam kompetisi besar internasional yang diikuti dari Euro 1988 hingga Piala Dunia 1998.

Adapun, Klinsmann mulai terjun ke dunia kepelatihan pada 2004 dengan langsung menukangi Timnas Jerman. Setelah dari situ, Klinsmann melatih Bayern Munchen.

Sempat menganggur dua tahun, Juergen Klinsmann melatih Amerika Serikat dari 2011 hingga 2016. Ia lalu menganggur lagi hingga menjadi pelatih Hertha Berlin selama tiga bulan saja.

Di Piala Dunia 2022, Juergen Klinsmann diangkat FIFA menjadi salah satu anggota dari Technical Study Group. Namun, ia justru berkonflik dengan salah satu pelatih negara peserta, Carlos Queiroz.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini