Profil Juergen Klinsmann, Eks Pelatih Amerika Serikat yang Kritik Gaya Main Iran

Juergen Klinsmann memberikan kritikan untuk permainan Iran meski menang

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 28 November 2022 | 23:00 WIB
Juergen Klinsmann. [Reuters/Brian Snyder]

Juergen Klinsmann. [Reuters/Brian Snyder]

Bolatimes.com - Juergen Klinsmann tidak melatih tim di Piala Dunia 2022, tidak juga bermain di ajang tersebut. Tapi, ia tiba-tiba jadi perbincangan hangat.

Penyebabnya adalah sang legenda Timnas Jerman itu terlibat konflik dengan pelatih Iran, Carlos Queiroz. Usai Iran mengalahkan Wales di babak penyisihan Grup B, Piala Dunia 2022, Jumat (25/11) lalu, Klinsmann bilang Iran bekerja sama dengan wasit untuk memenangi pertandingan.

Adapun, laga di Ahmad bin Ali Stadium, tersebut rampung dengan skor 2-0. Timnas Iran butuh waktu hingga 90 menit dan tambahan waktu untuk mencetak dua gol via Rouzbeg Cheshmi dan Ramin Rezaeian.

Namun menurut Klinsmann yang menjadi pundit pada laga tersebut, mengkritik gaya permainan Iran yang disebutnya bermain kasar namun wasit banyak membiarkan.

Pernyataan Klinsmann ini sontak langsung membuat Queiroz murak. Ia menampik mentah-mentah tudingan Klinsmann dan memintanya mundur dari FIFA.

Lantas, siapa sebetulnya Juergen Klinsmann ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Juergen Klinsmann

Juergen Klinsmann adalah mantan pesepakbola asal Jerman yang lahir di kota Goppingen, pada 30 Juli 1964. Semasa masih aktif bermain, ia dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik Jerman di era 90-an.

Karier profesional Klinsmann dimulai pada 1981 saat bermain untuk klub asal Jerman, Stuttgarter Kickers. Setelah itu, ia berpindah-pindah klub di beberapa negara.

Mulai dari Stuttgart, Inter Milan, AS Monaco, Tottenham Hotspur, Bayern Munchen, Sampdoria, hingga pensiun di Spurs pada 1998.

Prestasi terbaik Klinsmann di level klub adalah menjuarai Supercoppa Italiana dan Liga Europa bersama Inter, lalu menjadi kampiun Bundesliga dan Liga Europa bersama Bayern Munchen.

Berbeda dengan di level tim nasional, Klinsmann terbilang meraih berbagai prestasi bergengsi. Ia sudah mentas sejak 1987 ketika masih bernama Jerman Barat hingga terakhir bermain di tahun 1998.

Kehebatan Klinsmann terlihat ketika ia mampu mencetak gol di enam kompetisi besar internasional yang diikuti dari Euro 1988 hingga Piala Dunia 1998.

Adapun, Klinsmann mulai terjun ke dunia kepelatihan pada 2004 dengan langsung menukangi Timnas Jerman. Setelah dari situ, Klinsmann melatih Bayern Munchen.

Sempat menganggur dua tahun, Juergen Klinsmann melatih Amerika Serikat dari 2011 hingga 2016. Ia lalu menganggur lagi hingga menjadi pelatih Hertha Berlin selama tiga bulan saja.

Di Piala Dunia 2022, Juergen Klinsmann diangkat FIFA menjadi salah satu anggota dari Technical Study Group. Namun, ia justru berkonflik dengan salah satu pelatih negara peserta, Carlos Queiroz.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak