5 Andalan Shin Tae-yong yang Kemungkinan Besar Tak Dipanggil di Piala AFF 2022

Kalah saing, berikut 5 pemain yang kemungkinan tak dipanggil Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 26 November 2022 | 05:00 WIB
Aksi Alfeandra Dewangga saat laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Aksi Alfeandra Dewangga saat laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut lima pemain Timnas Indonesia andalan Shin Tae-yong yang kemungkinan besar tak dipanggil untuk berpartisipasi di ajang Piala AFF 2022.

Dalam waktu dekat Timnas Indonesia akan kembali beraksi. Kali ini skuad Garuda akan beraksi di pesta sepak bola terakbar Asia Tenggara bertajuk Piala AFF 2022.

Di Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia sendiri akan tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga: Jelang Bentrok Kontra Amerika Serikat, Timnas Inggris DIhantui Rekor Buruk

Di ajang yang tinggal menghitung hari ini, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia pun telah merilis daftar pemain yang kemungkInan besar akan dibawanya ke Piala AFF 2022.

Total ada 28 nama yang telah dipanggil juru taktik asal Korea Selatan tersebut, di mana dua pemain naturalisasi baru, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh, menjadi pemain yang termasuk di dalamnya.

Nantinya, 28 pemain ini akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali terhitung sejak 28 November, sebelum akhirnya pindah ke Jakarta jelang pertandingan pertama pada 23 Desember 2022 nanti.

Baca Juga: Kembangkan Program Garuda Select yang Lebih Baru, PSSI Mulai Lirik Kerjasama dengan KNVB

Dari 28 nama yang dipanggil Shin Tae-yong, beberapa pemain andalannya di Timnas Indonesia justru tak berada dalam daftar ini.

Meski nantinya daftar ini bisa berubah, beberapa pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia ini kemungkinan besar bakal absen dari Piala AFF 2022.

Kira-kira, siapa saja para pemain tersebut? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Marselino Ferdinan jadi Langganan Shin Tae-yong di Kelompok Umur hingga Timnas Senior, Netizen: Hati-hari Cedera

1. Alfeandra Dewangga

Pemain Timnas Indonesia, Alfeandra Dewangga, sumbangkan assist keren. (Instagram/alfeandradewangga)
Pemain Timnas Indonesia, Alfeandra Dewangga, sumbangkan assist keren. (Instagram/alfeandradewangga)

Sejak Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia, nama Alfeandra Dewangga menjadi salah satu nama yang kerap diandalkannya di jantung pertahanan.

Bahkan di Piala AFF 2020 lalu, ia selalu menjadi andalan di jantung pertahanan Timnas Indonesia dan kerap diturunkan sebagai starter.

Baca Juga: Wejangan Berkelas Shin Tae-yong Usai TC Timnas Indonesia U-20 Berakhir

Namun untuk Piala AFF 2022 ini, penggawa PSIS Semarang itu tak lagi dipanggil. Performanya yang menurun disebut-sebut menjadi alasan namanya kemungkinan besar tak dipanggil lagi oleh Shin Tae-yong.

2. Evan Dimas

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Sejak Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 hingga Piala AFF 2020 lalu, nama Evan Dimas selalu mengisi lini tengah Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong.

Bahkan beberapa kali pemain kini yang membela Arema FC itu diplot sebagai kapten Timnas Indonesia, termasuk di Piala AFF 2020.

Namun kini eks penggawa Persija Jakarta itu tak lagi dipanggil Shin Tae-yong. Performa pun menjadi alasan terbesar Evan Dimas tak lagi dipanggil.

3. Irfan Jaya

Pemain Timnas Indonesia U-23 Irfan Jaya (kanan) rayakan golnya ke gawang Andong University dalam pertandingan uji coba di Haemaji Football Field, Korea Selatan, Kamis (21/4/2022). (dok. PSSI)
Pemain Timnas Indonesia U-23 Irfan Jaya (kanan) rayakan golnya ke gawang Andong University dalam pertandingan uji coba di Haemaji Football Field, Korea Selatan, Kamis (21/4/2022). (dok. PSSI)

Di Piala AFF 2020 lalu, Timnas Indonesia memiliki winger lincah nan tajam yang mampu bersaing di daftar top skor pada sosok Irfan Jaya.

Bahkan di Piala AFF 2020 yang digelar di 2021 lalu itu, Irfan Jaya kerap menjadi starter di Timnas Indonesia, kendati banyak winger tajam lainnya yang mengisi skuad Garuda.

Di Piala AFF 2022 ini, nama winger Bali United itu pun harus terpinggirkan. Salah satu alasannya karena cedera yang ia dapat di pentas Liga 1 2022/2023.

4. Dedik Setiawan

Dedik Setiawan dan Shin Tae-yong. (Instagram/@shintaeyong7777)
Dedik Setiawan dan Shin Tae-yong. (Instagram/@shintaeyong7777)

Evan Dimas bukanlah satu-satunya pemain Arema FC langganan Shin Tae-yong yang tak dipanggil untuk Piala AFF 2022 ini.

Masih ada nama Dedik Setiawan yang juga sempat menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 lalu namun kini tak dipanggil.

Alasan tak dipanggilnya Dedik Setiawan kemungkinan besar karena munculnya sosok Dimas Drajad yang menjadi salah satu penyerang lokal tajam bersama Timnas Indonesia.

5. Hanis Saghara

Hanis Saghara saat pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-23 vs Tajikistan. (dok. PSSI).
Hanis Saghara saat pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-23 vs Tajikistan. (dok. PSSI).

Di Piala AFF 2020 lalu, Shin Tae-yong memiliki penyerang lokal lainnya pada sosok penyerang muda bernama Hanis Saghara.

Pemain berusia 23 tahun ini bahkan sempat diandalkan beberapa kali di Piala AFF 2020, kendati banyak turun sebagai pemain pengganti.

Namun kiprahnya yang tak sementereng Dimas Drajad dan penyerang muda lainnya, Ramadhan Sananta, membuat Shin Tae-yong tak lagi memanggil Hanis Saghara.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak