Boladunia

Bikin Cristiano Ronaldo Jantungan, Momen Kiper Diogo Costa Nyaris Blunder yang Bubarkan Kemenangan Portugal

Diogo Costa nyaris bikin blunder yang buyarkan kemenangan Portugal di menit akhir.

Rauhanda Riyantama

Momen Diogo Costa nyaris bikin blunder yang buyarkan kemenangan Portugal atas Ghana di Piala Dunia 2022. (AFP)
Momen Diogo Costa nyaris bikin blunder yang buyarkan kemenangan Portugal atas Ghana di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Ghana nyaris membuyarkan kemenangan Portugal di menit akhir pertandingan dalam matchday pertama Grup H Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB. Adalah Inaki Williams yang nyaris cetak gol penyama kedudukan yang memanfaatkan blunder kiper Diogo Costa.

Meski akhirnya harus kalah dengan skor 2-3, Ghana secara luar biasa mampu meladeni permainan Portugal yang dianggap sebagai salah satu tim favorit juara Piala Dunia 2022.

Setelah menahan imbang Portugal tanpa gol di babak pertama, Ghana memang kebobolan oleh gol penalti Cristiano Ronaldo pada menit ke-65.

Namun, mereka mampu beraksi sangat cepat dan cuma butuh waktu delapan menit untuk menyamakan kedudukan lewat gol yang ditorehkan Andre Ayew.

Ghana kemudian kembali tertinggal setelah Portugal mencetak dua gol cepat melalui Joao Felix (78') dan pemain pengganti Rafael Leao (89').

Tetapi, mereka mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-89 melalui Osman Bukari sebelum hampir menyamakan kedudukan usai memanfaatkan blunder kiper Diogo Costa.

Tim asuhan pelatih Otto Addo hampir saja membuyarkan kemenangan Portugal setelah Inaki Williams hampir mencuri bola dari Diogo Costa.

Bahkan, Williams sudah melepaskan tembakkan ke arah gawang kosong Portugal tetapi bola cuma bergulir pelan dan langsung dihalau Danilo Pereira.

Momen itu sampai membuat Cristiano Ronaldo yang ditarik keluar pada menit ke-88 terlihat begitu terkejut dan histeris hingga bangun dari kursinya untuk berteriak di pinggir lapangan.

Meski kalah, pelatih Ghana, Otto Oddo mengaku bangga dengan kerja keras anak asuhnya. Pasukan The Black Stars sudah tampil maksimal hingga membuat Portugal minim peluang berbahaya.

"Kami melakukannya dengan baik. Kami tidak membiarkan mereka menciptakan banyak peluang --hanya ada dua atau tiga peluang yang dibuat Portugal," kata Otto Addo dikutip dari laman resmi FIFA.

"Lalu pertandingan sedikit berbuah menjadi liar. Inaki [Williams] hampir saja mencetak gol ketiga untuk kami. Portugal adalah salah satu tim terbaik dalam peringkat dunia,'' lanjutnya.

Kekalahan ini membuat Ghana untuk sementara menghuni dasar klasemen Grup H, tertinggal satu poin dari Korea Selatan dan Uruguay yang bermain imbang tanpa gol.

Di sisi lain, Timnas Portugal kini menguasai posisi teratas klasemen Grup H dengan koleksi tiga poin dan semakin dekat untuk menggenggam tiket ke babak 16 besar.

Berita Terkait

Berita Terkini