Boladunia

Momen Tiga Gol Argentina Dianulir VAR, Bikin Tumbang dari Arab Saudi!

Argentina sejatinya sukses bikin tiga gol tambahan ke gawang Arab Saudi namun dianulir.

Rauhanda Riyantama

Lionel Messi nampak sedih usai Argentina kalah awan Arab Saudi 1-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Lionel Messi nampak sedih usai Argentina kalah awan Arab Saudi 1-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Melihat kembali momen di mana dua gol Argentina dianulir oleh VAR karena offside, sehingga tumbang dari Arab Saudi di laga pertama grup C Piala Dunia 2022.

Meski baru saja bergulir, Piala Dunia 2022 sudah menghadirkan kejutan saat tim kandidat juara, Argentina, dibekuk oleh tim non unggulan, Arab Saudi, Selasa (22/11) sore WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Lusail tersebut, Argentina secara mengejutkan menelan kekalahan tipis 1-2 dari Arab Saudi.

Argentina sendiri sejatinya sudah tampil maksimal, terutama di babak pertama usai berhasil unggul cepat lewat gol Lionel Messi dari titik putih pada menit ke-10.

Namun keunggulan 1-0 di paruh pertama ini kemudian dibalas oleh Arab Saudi saat babak kedua bergulir, di mana The Green Falcons mampu mencetak dua gol lewat lengahnya pertahanan Argentina.

Arab Saudi masing-masing mencetak gol di menit ke-48 lewat Saleh Al-Shehri dan mencetak gol kedua di menit ke-53 lewat Salem Al-Dawsari.

Dua gol itu pun membuat Argentina bermain ngotot di sisa laga untuk mencari gol penyama kedudukan atau sekadar untuk berbalik unggul.

Hanya saja rapatnya pertahanan Arab Saudi membuat Argentina kesulitan menyamakan kedudukan, sehingga tumbang 1-2 di laga pertamanya di Piala Dunia 2022.

Sejatinya, Argentina bisa saja memenangkan laga kontra Arab Saudi dan mencetak tiga gol ke gawang lawannya itu di laga ini.

Namun, beberapa gol Argentina di paruh pertama yang dicetak oleh Lautaro Martinez dan Lionel Messi malah harus dianulir oleh VAR (Video Assistant Referee).

Dianulir karena Offside

Di paruh pertama, Argentina sejatinya bisa menjaringkan tiga gol ke gawang Arab Saudi, setelah berhasil mencetak gol pembuka lewat Lionel Messi di menit ke-10.

Saat itu, dua gol tambahan Argentina mampu dibuat satu oleh Lionel Messi dan dua gol dari Lautaro Martinez di paruh pertama.

Messi saat itu berhasil mencetak gol keduanya di laga ini dengan melewati kiper lawan dan melepaskan tembakan, berawal dari umpan terobosan.

Gol itu pun dianulir karena Messi telah berada jauh dari garis terakhir pertahanan Arab Saudi yang mengandalkan garis pertahanan tinggi.

Lalu giliran Lautaro Martinez yang juga terperangkap offside meski berhasil mencetak gol di laga ini, tepatnya di menit ke-27 dan 35.

Di menit ke-27, Martinez mampu mencetak gol lewat tendangan Chip usai memanfaatkan assist dari Papu Gomez. Gol itu dianulir setelah wasit mengecek tayangan ulang lewat VAR di samping lapangan.

Padahal dalam tayangan ulang, tampak Martinez berada dalam posisi tidak offside. Tapi, teknologi offside semi-otomatis melihat bahunya berada di luar garis pertahanan terakhir Arab Saudi.

Kemudian Martinez pun kembali mencetak gol keduanya di paruh pertama dari umpan terobosan Messi. Lagi-lagi, wasit menganulir gol tersebut karena VAR.

Dianulirnya gol-gol Argentina pun membuat banyak pihak memuji garis pertahanan Arab Saudi yang begitu disiplin dan kompak saat bertahan.

Kredit pun kemudian diberikan kepada pelatih Arab Saudi, Herve Renard, yang mampu mengaplikasikan taktiknya secara baik ke para pemain The Green Falcons kala menghadapi Argentina.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini