Profil Francis Uzoho, Kiper Omonia Nicosia yang Tampil Cemerlang meski Kalah Tipis Lawan Man United

Francis Uzoho berhasil bikin repot penyerang Manchester United meski akhirnya Omonia Nicosia kalah tipis 0-1.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 14 Oktober 2022 | 16:30 WIB
Kiper Omonia Nicosia, Francis Uzoho saat berhadapan dengan bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo. (AFP)

Kiper Omonia Nicosia, Francis Uzoho saat berhadapan dengan bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Francis Uzoho, kiper milik Omonia Nicosia yang tampil ciamik kendati timnya tumbang dari Manchester United di lanjutan Liga Europa 2022/2023.

Nama Francis Uzoho menjadi perbincangan di jagat sepak bola saat ini menyusul penampilan apiknya kala Manchester United berhadapan dengan Omonia Nicosia di lanjutan Liga Europa 2022/2023, Jumat (14/10).

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Old Trafford itu, Manchester United mampu meraih kemenangan tipis atas wakil Siprus tersebut dengan skor 1-0.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, TGIPF: Pengurus PSSI Harus Tanggung Jawab

Kemenangan ini pun tak didapatkan Man United dengan mudah. Sebab, The Red Devils baru bisa mencetak gol di penghujung laga lewat Scott McTominay.

Padahal Man United sendiri tampil cukup impresif di laga ini dengan menciptakan banyak peluang dan tembakan ke gawang.

Sayangnya, usaha Man United itu terganjal oleh penampilan cemerlang Francis Uzoho selaku kiper Omonia Nicosia.

Baca Juga: Daftar Piala Dunia Termahal dari Masa ke Masa, Terkini Qatar

Kiper lapis kedua milik Omonia ini mampu tampil apik sepanjang laga dengan melakukan 12 penyelamatan, seperti yang dilansir dari Sofascore.

Tak pelak karena banyaknya jumlah penyelamatan yang dibuatnya itu, nama Uzoho kemudian menjadi perbincangan warganet di jagat media sosial.

Lantas, siapakah sosok Francis Uzoho tersebut?

Baca Juga: Bali United Beruntung Punya Pelatih Kiper Ini, Dapat Ilmu Langsung dari Legenda Real Madrid

Francis Uzoho sukses membendung tendangan Marcus Rashford saat Omonia Nicosia kalah tipis lawan Manchester United 0-1 di Liga Europa. (AFP)
Francis Uzoho sukses membendung tendangan Marcus Rashford saat Omonia Nicosia kalah tipis lawan Manchester United 0-1 di Liga Europa. (AFP)

Rekam Jejak Francis Uzoho

Francis Uzoho merupakan penjaga gawang miliki Omonia Nicosia yang berasal dari Nigeria. Ia sendiri lahir di Nwangele pada 28 Oktober 1998 atau 23 tahun silam.

Kariernya di sepak bola bermula di sebuah akademi bernama Aspire Academy. Sebelum menjadi kiper, dulunya Uzoho merupakan penyerang tengah.

Baca Juga: TGIPF Sebut Kematian Massal Tragedi Kanjuruhan karena Tembakan Gas Air Mata

Namun karena dirinya dianggap terlalu lambat sebagai penyerang, Uzoho kemudian dialihkan menjadi penjaga gawang di usia 12 tahun.

Penampilannya sebagai kiper pun mulai mendapat pengakuan pada 2016. Saat itu ia tampil impresif di sebuah turnamen di Barcelona.

Karenanya, tim asal Spanyol, Deportivo La Coruna pun merekrutnya untuk bergabung tim muda berjuluk Super Depor itu.

Namun, Uzoho baru meneken kontrak pada 2017 sesuai aturan yang berlaku. Sejak saat itu, ia berhasil tampil bagi tim muda Deportivo La Coruna dan berhasil menembus tim utama 2017.

Ia melakoni debutnya bagi tim tersebut pada 15 Oktober 2017, dirinya melakoni debut bersama Deportivo La Coruna dan menjadi kiper asing termuda yang melakukan debut di La Liga Spanyol.

Deportivo La Coruna kemudian mengambil keputusan meminjamkan Uzoho ke Elche pada 2018 dan terus dipinjamkan ke tim Siprus yakni Anorthosis dan Omonia Nicosia hingga 2020.

Pada 2020, dirinya direkrut oleh APOEL FC. Sayangnya, ia kemudian dilepas di akhir musim dengan alasan yang belum diketahui.

Usai dilepas APOEL FC, Uzoho pun direkrut oleh Omonia dan dikontrak dengan durasi tiga tahun, di mana ia direkrut untuk menjadi pelapis.

Meski berstatus pelapis, Uzoho mampu jadi andalan saat Omonia menghadapi Manchester United. Laga ini pun menjadi laga berkesan bagi dirinya mengingat ia bisa bermain di kandang tim favoritnya itu.

“Itu (bermain di Old Trafford) adalah mimpi yang jadi kenyataan bagi saya. Saya bermimpi bermain di sini dalam waktu yang lama,” ujar Uzoho pasca laga.

“Jadi ketika saya melihat Drawing (Liga Europa) dan mengetahui saya akan bermain di Old Trafford, saya ingin bermain dan saya mendapatkannya,” lanjutnya.

Di karier internasional, Uzoho sendiri sudah menjadi andalan Nigeria sejak kelompok umur, di mana ia tampil di Piala Dunia U-17 2017.

Di tahun yang sama, ia mendapat pemanggilan pertama ke tim senior Nigeria dan melakoni debut pada 14 November saat negaranya menghadapi Argentina.

Secara keseluruhan, Uzoho sendiri sudah tampil sebanyak 18 kali bagi Nigeria. Nahasnya ia gagal membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2022 usai dirinya melakukan blunder konyol di laga Play Off melawan Ghana.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak