Sama-sama Striker Nomor 9, Ini Beda Sergio Aguero dan Erling Haaland di Manchester City

Meski sama-sama diplot jadi striker nomor 9, ternyata ini beda Sergio Aguero dan Erling Haaland di bawah komando Pep Guardiola.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 05 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Selebrasi Sergio Aguero setelah ciptakan gol ke gawang Liverpool, Jumat (04/01/2019). (PAUL ELLIS/AFP)

Selebrasi Sergio Aguero setelah ciptakan gol ke gawang Liverpool, Jumat (04/01/2019). (PAUL ELLIS/AFP)

Bolatimes.com - Sergio Aguero dan Erling Haaland sama-sama ditugaskan sebagai pemain nomor 9 di Manchester City. Meski punya tugas yang sama yakni untuk mencetak gol, ternyata keduanya memiliki perbedaan mencolok.

Manchester City bisa dikatakan tim paling beruntung dalam selama lebih dari satu dekade terakhir. The Cityzens bisa dikatakan beruntung karena dua penyerang ganas dalam kurun waktu tersebut.

Dua penyerang ganas tersebut terdapat pada sosok Sergio Aguero dan Erling Haaland. Keduanya kini menjadi idola berkat sumbangsihnya sejauh ini.

Baca Juga: Tanggapi Tragedi Kanjuruhan, Marc Klok Minta Suporter Bisa Kendalikan Emosi

Sergio Aguero lebih dulu menancapkan status sebagai penyerang ganas yang dimiliki Man City sepanjang sejarah sejak bergabung pada 2011 silam.

Sejak bergabung pada 2011 lalu, Aguero mampu menancapkan diri sebagai penyerang terbaik sepanjang sejarah Man City usai menjadi top skor klub dengan torehan 260 gol.

Torehan itu pun membuat Pep Guardiola, pelatih Man City, sempat menangis oleh kepergian Aguero pada musim panas 2021 silam ke Barcelona.

Baca Juga: Kemungkinan Sanksi Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Serahkan ke FIFA

Setelah kepergian Aguero pada 2021, Man City pun tak memiliki penyerang murni lain yang bisa melepaskan bayang-bayang pemain asal Argentina itu.

Namun di musim panas 2022, Guardiola dan pendukung Man City seakan menemukan penerus Aguero pada diri Erling Haaland yang mampu menjadi pencetak gol ulung The Citizens.

Dalam 10 pertandingan bersama Man City di musim 2022/2023 ini, Haaland telah melesakkan 17 gol bagi The Citizens di segala ajang.

Baca Juga: Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan, Begini Pernyataan Presiden Joko Widodo

Karena torehannya, baik Aguero dan Haaland dinilai punya kesamaan, yakni sebagai pencetak gol ulung bagi Man City.

Nyatanya meski sama-sama andal mencetak gol, baik Aguero dan Haaland ternyata punya gaya bermain yang berbeda meski berperan bagi pemain bernomor 9 di Man City.

Apa saja perbedaan itu?

Baca Juga: Buntut Tragedi Kanjuruhan, Ribuan Orang Tanda Tangan Petisi Iwan Bule Mundur dari Ketum PSSI

Perbedaan Aguero dan Haaland

Meski sama-sama berperan sebagai pemain nomor 9 di Man City, Aguero dan Haaland punya peran berbeda dalam mengisi pos penyerang tengah.

Hal ini terlihat dari peran kedua pemain itu saat dilatih oleh Pep Guardiola di Man City, di mana Aguero bisa dikatakan penyerang yang lebih komplet ketimbang Haaland.

Selama dilatih Guardiola, Aguero memang kerap diposisikan sebagai penyerang tengah atau pemain nomor 9 dalam formasi 4-3-3.

Namun Aguero tak hanya punya peran sebagai pencetak gol saja, melainkan dirinya juga bertugas membuka ruang dan turun ke area tengah untuk membantu Build Up permainan Man City.

Maka tak mengherankan jika Aguero banyak bermain dengan bola meski berstatus penyerang nomor 9 yang biasanya hanya bertugas di kotak 16 lawan saja.

Gaya bermain Aguero ini berbeda dengan Haaland yang bisa dikatakan sebagai penyerang nomor 9 murni yang garang di kotak 16 lawan.

Berbeda dengan Aguero, Haaland merupakan penyerang nomor 9 yang mengandalkan pergerakan tanpa bola untuk mencari ruang bagi dirinya sendiri guna menciptakan gol.

Singkatnya, Haaland membutuhkan dukungan dari kreator di timnya atau pemain bernomor 10 untuk mencetak gol.

Hal ini berbeda dengan Aguero yang rajin menjemput bola ke tengah lapangan dan bahkan menjadi kreator bagi rekan-rekannya.

Maka tak mengherankan jika Haaland mampu mencetak gol demi gol kendati dirinya jarang menyentuh bola selama pertandingan.

Hal ini ditunjukkan Haaland seperti saat mencetak Hattrick di laga kontra Nottingham Forest, meski dirinya hanya menyentuh bola sebanyak 16 kali selama 69 menit saja.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak