Boladunia

Profil Nguyen Van Quyet, Striker Terbaik Liga Vietnam yang 'Comeback' ke Tim Nasional

Dua tahun tak dilirik, striker terbaik Liga Vietnam akhirnya dipanggil oleh Park Hang-seo. Langsung cetak gol di laga debut

Irwan Febri Rialdi

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Van Quyet. (Dok. VFF)
Striker Timnas Vietnam, Nguyen Van Quyet. (Dok. VFF)

Bolatimes.com - Setelah sekian lama namanya tak mendapatkan tempat di skuad timnas Vietnam, Nguyen Van Quyet akhirnya kembali pamer aksi di panggung internasional.

Nguyen Van Quyet mendapat kesempatan untuk memperkuat timnas Vietnam ketika berjumpa Singapura pada pertandingan FIFA Matchday yang berlangsung pada Rabu (21/9/2022).

Yang terasa istimewa lagi, Nguyen Van Quyet sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-37 untuk memecah kebuntuan timnas Vietnam.

Dengan satu gol tersebut, timnas Vietnam akhirnya sukses menang dengan skor 4-0 atas Singapura pada pertandingan persahabatan yang berlangsung di Thong Nhat Stadium.

Gol yang dicetak oleh Nguyen Van Quyet itu sekaligus menandai kembalinya sang striker seusai absen mencatatkan penampilan bersama timnas Singapura selama nyaris empat tahun.

Sebab, momen terakhir pemain berusia 31 tahun ini memperkuat tim berjulukan The Golden Star itu tercatat pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2018 ketika Vietnam menghadapi Kamboja pada 24 November 2018.

Profil Nguyen Van Quyet

Nguyen Van Quyet merupakan salah satu penyerang papan atas yang lahir di Thach That, Hanoi, Vietnam, pada 1 Juli 1991.

Dia mengawali perjalanannya di dunia sepak bola secara lebih serius ketika menimba ilmu bersama The Cong. Sebagai informasi, klub ini sudah berubah nama menjadi Viettel FC.

Setelah dua tahun berlatih di level junior (2006-2006), Nguyen Van Quyet akhirnya mendapat kesempatan promosi ke tim utama The Cong pada 2008.

Selama dua tahun, dia sukses mencatatkan penampilan sebanyak 33 kali. Dari semua akinya itu, striker berpostur 172 cm ini sukses menjaringkan total delapan gol.

Pada tahun 2010, dia mendapat kesempatan untuk bermain bersama Hanoi FC. Bersama klub ini pula, dia sukses mempersembahkan sejumlah gelar juara.

Mulai dari empat gelar juara kasta tertinggi Liga Vietnam alias V.League 1 (2013, 2016, 2018, dan 2019), lalu ada tiga gelar Vietnamese National Cup (2019 dan 2010), serta tiga Vietnamese Super Cup (2019, 2020, 2021).

Selain penghargaan dan pencapaian di level klub, dia juga memiliki prestasi individu. Salah satu yang membanggakan ialah dua kali menyabet status sebagai V.League 1 Player of the Season, yakni pada edisi 2018 dan 2020

Bersama tim nasional, dia sebetulnya juga sukses mempersembahkan gelar juara Piala AFF 2018 seusai menumbangkan Malaysia di partai final.

Namun demikian, ini bukan menjadi satu-satunya penampilan Nguyen Van Quyet bersama timnas Vietnam di ajang paling bergengsi untuk negara Asia Tenggara tersebut. 

Sebab, sebelumnya ia juga tercatat tampil di edisi 2016, di mana timnas Vietnam harus puas terhenti langkahnya di semifinal seusai digasak timnas Indonesia dengan agregat 4-3.

Sejauh ini, penyerang berusia 31 tahun itu telah menyumbangkan setidaknya sembilan gol dari total 41 aksinya bersama The Golden Star di berbagai ajang internasional.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini