Boladunia

Profil Timnas Kanada di Piala Dunia 2022, Menanti Aksi Sang Jawara dari CONCACAF

Timnas Kanada lolos ke Piala Dunia 2022 dengan status pemuncak klasemen di babak kualifikasi zona CONCACAF.

Rauhanda Riyantama

Timnas Kanada usai memastikan lolos ke Piala Dunia 2022. (Geoff Robins/AFP)
Timnas Kanada usai memastikan lolos ke Piala Dunia 2022. (Geoff Robins/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Kanada akhirnya kembali ke Piala Dunia. Mereka dipastikan ambil bagian di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar, 21 November - 18 Desember mendatang.

Kelolosan ini mengakhiri penantian selama 36 tahun Kanada. Penantian mereka berakhir setelah mengalahkan Jamaika di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF.

Atas kemenangan ini, Kanada kukuh di puncak klasemen zona CONCACAF dengan 28 poin dari 14 laga. Mereka unggul atas Meksiko dan Amerika Serikat di peringkat dua dan tiga.

Terakhir kali, Kanada ambil bagian di turnamen akbar sepak bola tersebut, pada edis 1986. Lantas, seperti apa sepak terjang Timnas Kanada sebetulnya? Berikut profil mereka.

Profil Timnas Kanada

Pertama kali Timnas Kanada ikut kompetisi sepak bola resmi terjadi pada 1924. Meski begitu, sepak bola sudah mulai dimainkan dan populer di Kanada sejak 1877.

Meski belum resmi berbentuk tim nasional, Kanada sudah lebih dulu mencatatkan prestasi dengan meraih medali emas pada Olimpiade 1904 di Amerika Serikat.

Timnas Kanada pun baru bisa lolos ke Piala CONCACAF pada edisi 1977. Saat itu mereka menempati peringkat keempat, pun di edisi 1981 meraih prestasi yang sama.

Sejarah buat Kanada akhirnya datang ketiga mereka mampu menjadi juara Piala CONCACAF edisi 1985. Saat itu Kanada mengalahkan Honduras di partai final.

Atas keberhasilan menjadi kampiun CONCACAF, Kanada lolos ke Piala Dunia 1986, tetapi mereka tersingkir di penyisihan grup.

Menariknya, Piala Dunia 1986 menjadi edisi pertama dan satu-satunya yang diikuti oleh Kanada hingga akhirnya penantian itu selesai usai lolos ke Piala Dunia 2022.

Pelatih dan Pemain Andalan

Keberhasilan Kanada untuk mentas lagi di Piala Dunia tidak terlepas dari peran sang pelatih, John Herdman. Sebagai pelatih tim nasional, nyatanya Herdman tidak punya banyak pengalaman bermain sebagai pesepak bola profesional.

Satu-satunya klub profesional yang pernah dibela oleh John Herdman selama masih bermain dulu adalah klub asal Selandia Baru, Hibiscus Coast.

Saat John Herdman menjadi pelatih di akademi Sunderland, dia juga adalah seorang dosen part-time di Northumbria University. Dia kemudian pindah ke Selandia Baru pada 2002.

Herdman ditunjuk sebagai pelatih Timnas Kanada setelah berhasil membawa perubahan signifikan kepada timnas putri Kanada.

Sementara untuk pemain andalan, ada beberapa penggawa Kanada yang berkarier di Eropa. Di antaranya ada pemain muda Bayern Munchen, Alphonso Davies.

Kanada juga diperkuat oleh penyerang muda dari Lille, Jonathan David. Kemudian ada sang kapten, Atiba Hutchinson yang saat ini membela Beskitas.

Daftar pemain Timnas Kanada:

Kiper

Milan Borjan
Maxime Crépeau
Dayne St. Clair

Bek

Doneil Henry
Steven Vitória
Sam Adekugbe
Richie Laryea
Cristián Gutiérrez
Derek Cornelius D
Kamal Miller
Alistair Johnston
Scott Kennedy

Gelandang

Atiba Hutchinson
Alphonso Davies
Jonathan Osorio
Mark-Anthony Kaye
Liam Fraser
Stephen Eustáquio
Ismael Koné
Junior Hoilett

Striker

Tajon Buchanan F
Lucas Cavallini
Ike Ugbo
Liam Millar
Jonathan David

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini