Boladunia

Daftar Nominasi Ballon d'Or 2022: Ada Ronaldo, tapi Tidak Ada Lionel Messi

Lionel Messi tak masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2022

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Paris Saint-Germain asal Argentina Lionel Messi berpose setelah dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)
Penyerang Paris Saint-Germain asal Argentina Lionel Messi berpose setelah dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Salah satu penghargaan individu paling prestisius di jagat sepak bola, Ballon d'Or 2022, sudah resmi mengeluarkan para nominasi peraihnya.

Menariknya dalam daftar nominasi Ballon d'Or tahun ini tidak ada nama Lionel Messi. Ini merupakan kali pertama dalam sejarah, tidak ada nama Messi sejak 2005.

Lionel Messi yang memenangkan gelar Ballon dOr 2021, selalu hadir di antara nominasi sejak 2005. Dia selalu menempati tiga besar sejak 2007 hingga 2021 lalu, kecuali pada 2018, ia berada di posisi kelima, sementaranya diraih oleh Luca Modric.

Performa sang mega bintang asal Argentina itu memang menurun setahun belakangan. Khususnya setelah meninggalkan Barcelona dan pindah ke PSG pada musim 2021/22.

Secara total, Lionel Messi hanya mencetak 11 gol untuk PSG musim lalu di semua kompetisi. Bukan hanya Lionel Messi saja, rekan setimnya di PSG, Neymar Jr juga absen setelah satu musim mencetak 13 gol dalam 28 pertandingan.

Sementara secara mengejutkan, Cristiano Ronaldo masih masuk ke dalam daftar nominasi Ballon d'Or. Bukan tanpa sebab, penampilan Ronaldo bersama Manchester United tidak terlalu impresif musim lalu.

Menurut France Football, Ronaldo lebih pantas masuk nominasi karena tolak ukurnya adalah statistik. Messi musim lalu cuma bikin 11 gol dan 15 assist.

Sementara, Ronaldo adalah top scorer MU dengan 32 gol di seluruh kompetisi. Ini termasuk 18 gol di Premier League dan ada dua hat-trick dicetaknya.

Di antara daftar nominasi, muncul sejumlah nama mengejutkan di antaranya ada winger muda milik AC Milan, Rafael Leao. Pemain asal Portugal itu berhasil membawa Milan meraih Scudetto.

Dua pemain nomor 9 baru di Liga Inggris, Darwin Nunez dan Erling Haaland, juga ikut meramaikan perburuan Ballon d'Or 2022.

Sementara Karim Benzema, muncul sebagai calon terfavorit meraih Ballon d'Or 2022. Performa ciamiknya sepanjang musim lalu jadi alasan kuat.

Musim lalu Benzema mencetak 44 gol dari 46 penampilan di semua ajang serta membawa El Real meraih gelar Liga Champions, Liga Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Super Spanyol.

Daftar nominasi Ballon d'Or 2022:

Trent Alexander-Arnold

Karim Benzema

Joao Cancelo

Casemiro

Thibaut Courtois

Cristiano Ronaldo

Kevin De Bruyne

Luis Diaz

Fabinho

Phil Foden

Erling Haaland

Sebastian Haller

Harry Kane

Joshua Kimmich

Rafael Leao

Robert Lewandowski

Riyad Mahrez

Mike Maignan

Sadio Mane

Kylian Mbappe

Luka Modric

Christopher Nkunku

Darwin Nunez

Antonio Rudiger

Mohamed Salah

Bernardo Silva

Son Heung-min

Virgil van Dijk

Vinicius Jr.

Dusan Vlahovic

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini