4 Transfer Gratis Paling Fenomenal Saat Ini, Ada Lionel Messi hingga Paul Pogba

Messi gabung PSG dari Barceona secara gratis.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 21 Juli 2022 | 17:53 WIB
Gol Lionel Messi memastikan PSG meraih gelar Ligue 1 2021/2022. (Foto: AFP)

Gol Lionel Messi memastikan PSG meraih gelar Ligue 1 2021/2022. (Foto: AFP)

Bolatimes.com - Sepak bola Eropa tengah dikejutkan dengan beberapa transfer gratis tak masuk akal, sederet pemain berlabel bintang pergi dari klub besar tanpa sepeser pun uang.

Pemain bisa pergi dengan gratis dari klub setelah masa kontraknya habis dan kedua belah pihak sepakat tidak memperbaharui kontrak tersebut.

Di sisi lain, klub lainnya mengajukan negosiasi dengan pihak pemain untuk merekrut dan jika ada kesepakatan maka transfer gratis bisa berjalan.

Baca Juga: Pengamat Sepak Bola Vietnam Sebut Indonesia Rugi Andai Pindah Federasi ke EAFF

Keuntungan bagi tim yang berminat, mendapatkan pemain gratis tanpa harus keluar dana sebagai biaya pembelian terhadap tim pemain itu sebelumnya.

Di era saat ini beberapa klub top Eropa memanfaatkan kondisi ini untuk menggaet para pemain bintang secara gratis, setelah kontrak mereka habis dan tidak diperbaharui.

Lantas siapa saja para pemain tersebut? berikut deretan pemain yang masuk daftar transfer gratis paling fenomenal saat ini.

Baca Juga: Profil Persikabo 1973 di Liga 1 2022/2023, Lengkap dari Prestasi hingga Daftar Pemain

1. Gianluigi Donnarumma (PSG)

Kiper PSG, Gianluigi Donnarumma. (FRANCK FIFE / AFP)
Kiper PSG, Gianluigi Donnarumma. (FRANCK FIFE / AFP)

Didatangkan dari AC Milan di musim panas lalu, Gianluigi Donnarumma merupakan salah satu pemain di skuat super Paris Saint-Germain (PSG).

PSG memboyongnya secara gratis, padahal Donnarumma saat itu memiliki nilai mencapai 60 juta euro atau sekitar Rp907 miliar.

Baca Juga: 3 Pemain Asing Liga 1 yang Berpotensi Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Meski performanya diragukan banyak pihak karena sering melakukan blunder, nyatanya Donnarumma masih tetap menjadi andalan PSG.

Transfernya ke PSG juga menjadi salah satu paling fenomenal, mengingat saat itu sang pemain sedang dalam masa kejayaannya sebagai kiper.

2. Paul Pogba (Juventus)

Baca Juga: Paulo Dybala ke AS Roma, Massimiliano Allegri Beri Dukungan Penuh

Paul Pogba memiliki nilai pasar Rp726 miliar, Manchester United bisa saja mendapatkan keuntungan melimpah andai bisa menjualnya saat kontraknya masih menyisakan dua atau satu tahun.

Namun hal itu harus pupus, setelah Pogba angkat kaki dari Old Trafford tepat saat kontraknya dengan Setan Merah berakhir di tahun ini.

Juventus sebagai tim peminat jasa sang pemain diberi keuntungan saat mendatangkannya dengan status bebas transfer, padahal di tahun 2016 Man United membelinya dengan harga mahal.

Saat itu Pogba didatangkan daru Juventus dengan banderol yang memecahkan rekor pembelian pemain klub, senilai 105 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun.

3. David Alaba (Real Madrid)

Bek Real Madrid, David Alaba. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Bek Real Madrid, David Alaba. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bergabung Bayern Munich sejak di tim U-19, sosok David Alaba tentu bisa dibilang sebagai salah satu legenda monster Bundesliga ini.

Kontraknya berakhir di tahun 2021 bersama tim senior Bayern Muenchen, padahal nilai jual sang pemain mencapai 55 juta euro atau sekitar Rp832 miliar.

Namun karena kontraknya tak diperpanjang, Alaba pergi dari Allianz Arena dengan status bebas transfer, beruntung Real Madrid gerak cepat mengamankan jasanya.

Alaba dinilai sebagai pemain yang sukses menggantikan peran Sergio Ramos yang memilih hengkang dan pergi ke Paris Saint-Germain.

4. Lionel Messi (PSG)

Siapa sangka Lionel Messi akan pergi dari Barcelona? dan siapa yang menyangka pula La Pulga meninggalkan Camp Nou dengan gratis.

Meskipun momen ini terjadi di awal musim 2021-2022, beruntungnya Paris Saint-Germain (PSG) mendapatkan jasa sang pemain secara gratis.

Padahal saat itu Messi memiliki nilai jual 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun, pemain asal Argentina itu kini menjadi pelengkap trio PSG, bersama Neymar dan Kylian Mbappe.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB

UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

boladunia | 12:30 WIB

Adapun jadwal playoff Euro 2024 akan dilaksanakan pada Maret mendatang, tiga di antara 12 tim nantinya akan lolos ke turnamen final di Jerman.

boladunia | 10:24 WIB

Laga timnas Indonesia vs Vietnam merupakan matchday ketiga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Kamis (21/3/2024) kickoff 20.30 WIB.

boladunia | 14:04 WIB

Berikut 5 negara yang diprediksi sebagai calon kuat juara Euro 2024, satu di antaranya sukses tampil bagus di babak kualifikasi Piala Eropa ini.

boladunia | 13:24 WIB

Pertandingan babak semifinal Piala Asia antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan itu berakhir dengan skor 2-0.

boladunia | 08:47 WIB

Ajang UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa akan segera bergulir, dan Jerman terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara mulai dari 14 Juni sampai 14 Juli.

boladunia | 11:58 WIB

Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024, usai terpilih menjadi penyelenggara Kejuaraan Eropa UEFA edisi ke-17 dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, pada 27 September 2018.

boladunia | 11:37 WIB

UEFA Euro 2024 akan berlangsung di 10 kota di Jerman, dengan pertandingan babak penyisihan grup dilaksanakan dalam tiga kelompok tempat regional.

boladunia | 10:42 WIB

Terdapat 5 negara kandidat kuat juara Euro 2024, dari 24 peserta akan bersaing untuk menjadi tim terbaik di Benua Biru.

boladunia | 10:29 WIB

Menurut pihak UEFA akan ada banyak pertemuan menarik antara kedua negara yang patut disaksikan sebelum kickoff Euro 2024 dimulai 14 Juni nanti.

boladunia | 09:48 WIB
Tampilkan lebih banyak