Boladunia

5 Pemain yang Paling Lama Bertahan di Satu Klub, Ada Steven Gerrard hingga Francesco Totti

Berikut 5 pemain yang paling lama bertahan di satu klub.

Rauhanda Riyantama

Legenda Liverpool, Steven Gerrard, [PETER PARKS / AFP]
Legenda Liverpool, Steven Gerrard, [PETER PARKS / AFP]

Bolatimes.com - Di era sepak bola modern, pemain berlabel bintang bisa dengan mudah pergi ke klub besar usai dihargai dengan nominal tinggi sangat. Hal itu berbeda dari masa lalu di mana loyalitas mengalahkan bayaran besar.

Bahkan seorang Lionel Messi pun yang terkenal dengan loyalitasnya harus pergi meninggalkan Barcelona demi bisa bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG).

Terlepas dari masalah yang dialami Lionel Messi, namun fenomena seperti itu sudah bukan hal yang asing dijumpai penikmat sepak bola.

Selain Messi, Erling Haaland pesepak bola muda potensial yang menjadi komoditi panas di bursa transfer musim 2022, loyalitas bukan miliknya.

Haaland tampil moncer bersama RB Salzburg, setelahnya bergabung dengan Borussia Dortmund selama beberapa musim kembali menunjukkan kualitasnya.

Namun nominal tinggi yang dibanderol Manchester City membuat Haaland tak mampu menolaknya, kini pemain asal Norwegia jadi bintang baru di Premier League.

Sebelum masuknya sepak bola modern, ada sederet pemain bintang yang setia dengan satu klub meski diiming-imingi nilai transfer besar untuk bergabung dengan klub lain.

Lantas siapa saja para pemain yang dimaksud? berikut ini sederet pemain dengan loyalitas tinggi yang mampu mengalahkan kekuatan uang dengan nilai tinggi.

1. Matt Le Tissier (Southampton)

Legenda Southampton, Matt Le Tissier. (Twitter)
Legenda Southampton, Matt Le Tissier. (Twitter)

Selama 16 tahun Matt Lee Tissier bermain untuk Southampton, seiring sosoknya menjadi salah satu gelandang terbaik di Liga Inggris.

Banyak klub besar yang mengincarnya, namun loyalitas Le Tissier tak perlu diragukan lagi setelah ia memilih bertahan.

Meskipun selalu dihadapkan dengan perjuangan klub yang bermarkas di St Mary Stadium dalam menghadapi perjuangan degradasi di setiap musimnya.

2. Tony Adams (Arsenal)

Tony Adams. (Adrian Dennis/AFP).
Tony Adams. (Adrian Dennis/AFP).

Saking loyalnya bersama Arsenal, Tony Adam sudah menghabiskan selama 19 tahun bermain untuk klub kebanggaan Kota London ini.

Berjuluk Mr. Arsenal, Tony setidaknya sudah mempersembahkan 10 gelar untuk Meriam London dengan mencatatkan 416 pertandingan di semua kompetisi.

Loyalitasnya terbukti saat Tony memilih bertahan di Highbury dan menolak pinangan raksasa Old Trafford, Manchester United.

3. Paolo Maldini (AC Milan)

Francesco Flachi ketika berduel dengan bek AC Milan, Paolo Maldini. (Paco Serinelli/AFP)
Francesco Flachi ketika berduel dengan bek AC Milan, Paolo Maldini. (Paco Serinelli/AFP)

Siapa yang tak kenal dengan Paolo Maldini, palang pintu AC Milan yang sudah bermain untuk tim kebanggaan Italia sejak usianya masih 17 tahun.

Maldini mencatatkan 902 penampilan di semua kompetisi dan memberi 26 gelar bergengsi untuk AC Milan, salah satu pemain dengan loyalitas tinggi.

Ia memilih bertahan di San Siro dan menolak pinangan Chelsea, hal itu membuktikan prinsip yang ia pegang teguh pensiun di klub pertama ia memulai karier sepak bola.

4. Francesco Totti (AC Milan)

Pemain AS Roma, Francesco Totti berebut bola dengan pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo saat laga International Champions Cup 2015 di Melbourne, Australia (AFP)
Pemain AS Roma, Francesco Totti berebut bola dengan pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo saat laga International Champions Cup 2015 di Melbourne, Australia (AFP)

Italia juga masih memiliki seorang Francesco Totti, meski mendapat tawaran besar dari Real Madrid ia justru menolaknya.

Totti seolah tidak peduli dengan berbagai macam penghargaan, ia lebih memilih setia dengan AS Roma meski di masa paling sulit sekalipun.

5. Steven Gerrard (Liverpool)

Steven Gerrard  saat masih bela Liverpool pada tahun 2009 (Adrian Dennis/AFP)
Steven Gerrard saat masih bela Liverpool pada tahun 2009 (Adrian Dennis/AFP)

Kapten sekaligus bagian sejarah dari Liverpool, sukses memberi gelar bergengsi untuk The Reds kecuali Liga Primer hingga ia memutuskan untuk pensiun.

Real Madrid dan Chelsea pernah mencoba untuk memboyongnya, namun Gerrard memilih setia untuk Liverpool dengan menolak tawaran menggiurkan tersebut.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini