Boladunia

Hadapi Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19 2022, Pelatih Vietnam Takut Dihadiri Fans Timnas Indonesia

Dinh The Nam khawatir mental pemain Vietnam terganggu karena dihadiri fans Timnas Indonesia buntut insiden dugaan 'main sabun' dengan Thailand.

Rauhanda Riyantama

Timnas Vietnam U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah menahan imbang Thailand 1-1 pada matchday terakhir Grup A di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (10/7/2022). [VFF]
Timnas Vietnam U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah menahan imbang Thailand 1-1 pada matchday terakhir Grup A di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (10/7/2022). [VFF]

Bolatimes.com - Timnas Vietnam U-19 akan menghadapi Malaysia pada semifinal Piala AFF U-19 2022 hari ini, Rabu (13/7/2022). Pelatih Dinh The Nam takut jika laga tersebut dihadiri fans Timnas Indonesia.

Dinh The Nam khawatir dengan tekanan psikologi yang didapatkan pemain Timnas Vietnam U-19 setelah diduga 'main sabun' dengan Thailand di laga terakhir Grup A, Minggu (10/7/2022) lalu.

Hasil imbang 1-1 kontra Thailand membuat Vietnam bersama tim Gajah Perang berhak lolos ke semifinal sekaligus menyingkirkan timnas Indonesia U-19 kendati ketiga tim sama-sama mengakhiri fase grup dengan torehan 11 poin.

Meski lolos sesuai dengan aturan AFF, timnas Vietnam dan Thailand tak lepas dari kekesalan fans timnas Indonesia U-19. Bahkan, sesi latihan Golden Star Warriors sempat diganggu oleh fans Indonesia.

Beberapa fans dari Indonesia memblokir bus Vietnam U-19, serta melakukan kerusuhan di sesi latihan terakhir jelang laga semifinal.

Situasi itu membuat Dinh The Nam khawatir bahwa fans timnas Indonesia mungkin datang ke venue semifinal Piala AFF U-19 2022 yakni Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi untuk memberi tekanan kepada anak latihnya.

"Pemain kami baru berusia 17-19 tahun, jadi sulit untuk mengelak terkait masalah psikologis apabila melihat kehadiran fans Indonesia," ujar Dinh The Nam dikutip dari media Malaysia, Makan Bola, Rabu (13/7/2022).

"Saya hanya menasihati para pemain untuk bermain bagus. Kami sudah siap secara mental dan profesional. Pemain sudah siap untuk menghadapi laga nanti."

Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)
Potret laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022 terindikasi curang. (Instagram/changsuek)

Timnas Vietnam dan Thailand jadi sasaran amuk fans timnas Indonesia U-19 yang kecewa timnya tidak berhasil melaju ke semifinal Piala AFF U-19 meski tidak mengalami kekalahan satu pun dan jadi paling produktif di Grup A.

Hal itu diperparah dengan pilihan taktik kedua pelatih yang terlihat menginstruksikan anak latihnya untuk tak lagi menyerang ketika skor berubah 1-1 pada menit ke-75.

Sebagai informasi, hasil imbang 1-1 itu membuat kemenangan 5-1 timnas Indonesia U-19 atas Myanmar di laga terakhir jadi sia-sia. Garuda Nusantara tersingkir lantaran kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand kendati mengumpulkan poin sama yakni 11.

Hal itu bisa terjadi karena Piala AFF U-19 2022 menggunakan regulasi head-to-head dalam klasemen mini antara dua atau lebih tim dengan poin sama untuk menentukan peringkat akhir suatu grup.

Jika menggunakan selisih gol, maka Indonesia (+15) yang akan lolos bersama Vietnam (+9) dan Thailand yang justru tersingkir (+6).

Namun, berhubung AFF mengedepankan head-to-head dalam klasemen mini untuk menentukan peringkat, maka situasi itu secara tak langsung jadi kerugian bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

Berita Terkait

Berita Terkini