Boladunia

Kiper Dikartu Merah, Pemain Vietnam U-19 Protes Wasit Piala AFF U-19 2022

Pemain Vietnam U-19 dibuat kesal dengan keputusan wasit.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Timnas Vietnam U-19. (dok.VFF)
Timnas Vietnam U-19. (dok.VFF)

Bolatimes.com - Vietnam U-19 sukses menang telak atas Brunei Darussalam U-19 dengan skor 4-0 di lanjutan Piala AFF U-19 2022, Rabu (6/7/2022). Namun, pemain The Golden Star Warriors memprotes keputusan wasit..

Ialah bek Vietnam U-19 Ha Chau Phi yang melayangkan protes karena kiper timnya diganjar kartu merah. Menurutnya, keputusan wasit tak tepat.

Pada menit ke-78, kiper Vietnam U-19 bernama Ho Tung Han diusir dari lapangan karena dianggap menyentuh bola di luar kotak penalti. Di sisi lain, anak asuh Dinh The Nam menganggap kiper tersebut masih menyentuh bola di dalam kotak.

Keputusan kontroversial wasit itu langsung dikritik oleh Ha Chau Pi. Ia mengaku kaget dan tidak pernah bertemu dengan wasit yang keputusannya dirasa ngaco.

"Saat itu seluruh tim kaget karena tidak ada yang menyangka wasit akan memberikan kartu merah kepada Ho Tung Han. Dia mengangkap bila sesuai aturan saat tangan dan bolanya berada di arena 16 meter (dalam kotak penalti)," ucap Ha Chau Phi dikutip dari Zing News.

"Sejauh ini saya belum pernah bertemu wasit seperti itu. Ketika situasi itu terjadi, asisten wasit ragu-ragu sejenak sebelum mengibarkan bendera, lalu wasit meniup peluit," imbuhnya.

Di sisi lain, pelatih Dinh The Nam mengatakan bahwa dirinya menghormati keputusan wasit, meski beberapa pemain Vietnam U-19 protes.

"Saya menghormati keputusan wasit. Saya tidak bisa melihatnya dengan jelas dari kejauhan, tapi pemain saya mengatakan sudah menangkap bola di dalam kotak," jelas Dinh The Nam.

Adapun Vietnam U-19 kini menjadi pemuncak sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi tujuh poin. Hal itu karena di laga lainnya timnas Indonesia U-19 dan Vietnam hanya bermain imbang dengan skor 0-0.

Berita Terkait

Berita Terkini