Boladunia

5 Pemain yang Paling Banyak Hattrick di Laga Bareng Timnas, Ronaldo Tak Tertandingi

Ronaldo jadi pemain yang paling banyak hattrick saat bermain bersama timnas.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi kapten Portugal, Cristiano Ronaldo usai bobol gawang Luksemburg. (CARLOS COSTA / AFP)
Selebrasi kapten Portugal, Cristiano Ronaldo usai bobol gawang Luksemburg. (CARLOS COSTA / AFP)

Bolatimes.com - Catatan hattrick bisa saja ditorehkan para pemain top dunia baik di level klub maupun internasional, namun hanya beberapa pemain bisa melakukan hal mustahil dan membuat rekor atas nama pribadi.

Hanya segelintir nama top dunia yang mampu mencatat rekor pribadi dengan raihan hattrick di laga internasional, pemain-pemain ini pun memiliki nama besar di Eropa.

Tak melulu Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi meski kedua pemain ini berada dalam daftar pencetak hattrick terbanyak  di kancah internasional.

Lantas siapa saja para pemain tersebut? berikut beberapa nama top dunia yang mampu mengoleksi hattrick terbanyak di laga internasional.

1. Lionel Messi (8 hattrick)

Lionel Messi cetak lima gol saat Argentina kalahkan Estonia 5-0 di laga uji coba. (AFP)
Lionel Messi cetak lima gol saat Argentina kalahkan Estonia 5-0 di laga uji coba. (AFP)

Peraih tujuh gelar Ballon d'Or ini termasuk ke dalam salah satu pencetak hattrick internasional terbanyak dengan delapan kali mencetak hattrick saat berseragam timnas Argentina.

Bahkan baru-baru ini Messi berhasil mencetak quintrick saat Argentina melumat Estonia dengan skor 5-0 pada Minggu (5/6/2022).

Catatan itu sekaligus membuat Messi melampaui raihan legenda sepak bola internasional, Ferenc Puskas dan menjadikan Messi mengoleksi 86 gol dari 162 caps.

2. Ali Daei (8 hattrick)

Ali Daei merupakan pemilik gol internasional terbanyak sebelum berhasil dilampaui Cristiano Ronaldo pada 2021, membuktikan pemain berposisi striker ini sangat produktif.

Di puncak kejayaannya, Ali Daei sukses mencetak 8 hattrick selama membela timnas Iran dan kali terakhir berhasil diciptakan pada November 2004.

Saat itu Ali bermain untuk Iran melawan Laos dan berhasil memetik kemenangan besar dengan skor 7 - 0.

3. Ali Mabkhout (9 hattrick)

Striker Timnas Uni Emirat Arab (UEA), Ali Mabkhout. (Dok. FA UEA).
Striker Timnas Uni Emirat Arab (UEA), Ali Mabkhout. (Dok. FA UEA).

Pemain Uni Emirat Arab ini telah mencetak sembilan hattrick dalam kariernya selama membela tim nasional negaranya, catatan itu membawanya sebagai salah satu pemain terbaik Asia.

Makhbout juga merupakan pencetak gol terbanyak keenam untuk negaranya dengan 80 gol dari 104 penampilan internasional bersama timnas UEA.

4. Sven Rydell (9 hattrick)

Swedia tak hanya tentang Zlatan Ibrahimovic, tetapi juga Sven Rydell yang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa negara tersebut.

Meskipun pada 2014, Ibramovic berhasil menggesernya setelah mencatat 50 gol internasional untuk timnas Swedia, Sven Rydell mencetak 49 gol dengan sembilan hattrick.

5. Cristiano Ronaldo (10 hattrick)

Cristiano Ronaldo saat memperkuat Timnas Portugal. (CARLOS COSTA / AFP)
Cristiano Ronaldo saat memperkuat Timnas Portugal. (CARLOS COSTA / AFP)

Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak di level internasional dengan 117 gol dalam 188 penampilan, kali terakhir ia mencetak hattrick saat Portugal melumat Luxemburg dengan skor 5-0.

Raihan itu membawa Ronaldo menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak 10 hattrick untuk tim nasional, catatan itu bisa bertambah jika ia berhasil menambah golnya saat bertemu Swiss.

Tepatnya dalam lanjutan UEFA Nations League pada Senin (6/6/2022) di mana Portugal berhasil mencetak dua gol di laga tersebut.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini