Boladunia

Bernasib Apes, Deretan Kiper Hebat yang Selalu Jadi Cadangan Gianluigi Buffon di Timnas Italia

Kiper hebat ini bernasib apes karena selalu jadi cadangan buffon.

Rauhanda Riyantama

Legenda kiper Timnas Italia, Gianluca Pagliuca, Angelo Peruzzi, dan Gianluigi Buffon. (Twitter/@Arthur_Gabor)
Legenda kiper Timnas Italia, Gianluca Pagliuca, Angelo Peruzzi, dan Gianluigi Buffon. (Twitter/@Arthur_Gabor)

Bolatimes.com - Nama Gianluigi Buffon menjadi sosok sangat legendaris di timnas Italia, meskipun banyak bermunculan kiper-kiper top belum ada yang mampu menggeser posisi utamanya.

Membuat lebih dari 1.000 penampilan di berbagai kompetisi besar Eropa, siapa yang berani menggeser posisi Gianluigi Buffon sebagai kiper utama timnas Italia.

Total terdapat 7 kiper top Italia yang bahkan menghabiskan waktu cukup lama untuk hanya sekadar mengisi bangku cadangan bagi Gianluigi Buffon di timnas Italia.

Dari Buffon berusia muda hingga saat-saat mencapai usia 40 tahun, berikut beberapa kiper top Italia yang selalu menjadi cadangan sang legenda di skuat Azzuri.

1. Gianluca Pagliuca

Gianluca Pagliuca saat membela Timnas Italia. (AFP)
Gianluca Pagliuca saat membela Timnas Italia. (AFP)

Memiliki karier internasional selama delapan tahun, dengan 39 caps dan merupakan andalan Italia di Piala Dunia 1994, namun sialnya Pagliuca harus menelan pil pahit.

Sehari setelah turnamen 1998 akibat kemunculan Buffon, ia pergi tapi masih bermain selama 9 tahun, meski tanpanya gawang timnas Italia tetap aman.

2. Angelo Peruzzi

Memiliki tiga gelar kiper terbaik Serie A, namun jersey nomor satu timnas Italia masih nyaman dipakai Buffon di tahun 1998.

Kiper utama timnas Italia diambil Buffon pada 1999, sementara Peruzzi harus menunggu lima tahun untuk bisa membuat penampilan berikutnya.

3. Francesco Toldo

Francesco Toldo saat berseragam Timnas Italia. (AFP)
Francesco Toldo saat berseragam Timnas Italia. (AFP)

Seiring superioritas Buffon, munculah Francesco Toldo yang mampu menggantikannya sebagai pemilik nomor satu timnas Italia setelah pemain Juventus cedera menjelang EURO 2000.

Dibayar dengan luar biasa andalan Fiorentina dan Inter Milan, meraih kemenangan atas Belanda setelah menggagalkan dua penalti dari Frank de Boer dan Paul Bosvelt.

4. Christian Abbiati

Menjadi andalan di AC Milan, namun Abbiati harus bersaing dengan monster untuk mendapat posisi kiper utama timnas Italia.

Meskipun pernah dipinjamkan ke Juventus usai Buffon cedera, namun hal itu tak cukup membuat Abbiati andalan Azzuri setelah hanya menorehkan 4 caps.

5. Carlo Cudicini

Carlo Cudicini (kanan) (AFP/TONY AVELAR)
Carlo Cudicini (kanan) (AFP/TONY AVELAR)

Berbeda dengan kebanyakan kiper Italia yang berkarier di negeri sendiri, Carlo Cudicini merupakan salah satu kiper terbaik Premier League selama awal 2000-an.

Meski demikian, Cudicini tak pernah menarik bagi timnas Italia dan hanya menorehkan satu kali pernah dipanggil.

6. Salvatore Sirigu

Salvatore Sirigu pernah dianggap sebagai penerus Buffon, penampilannya dengan Paris Saint-Germain membuat timnas Italia kepincut.

Sirigu menorehkan 28 caps dan tampil mengesankan di Piala Dunia 2014, apalagi saat memetik kemenangan atas timnas Inggris.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini