Boladunia

5 Pemain Arsenal yang Performanya Meningkat di Tangan Mikel Arteta, Ada Buangan Real Madrid

Tangan dingin Mikel Arteta sukses mengembalikan performa lima pemain Arsenal ini.

Rauhanda Riyantama

Gelandang Arsenal, Martin Odegaard. (ADAM DAVY / POOL / AFP)
Gelandang Arsenal, Martin Odegaard. (ADAM DAVY / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Sempat terseok-seok di awal musim 2021-2022, Arsenal kini berkesempatan finish di posisi keempat sekaligus mengunci tiket Liga Champions musim depan, peningkatan performa para pemain disorot.

Mike Arteta menjadi sosok di balik kebangkitan Arsenal menjelang akhir musim 2021-2022, setidaknya tangan dingin pria Spanyol mampu membuat para pemain alami peningkatan performa.

Selain pandai dalam memilih pemain yang akan direkrut, Mikel Arteta juga menempatkan para pemain muda berkualitas di tubuh Arsenal musim ini.

Kesuksesan Arteta membangun tim ini bahkan membuat Arsenal menyodori kontrak baru hingga Juni 2025 sebagai imbalan kerja kerasnya selama ini.

Lantas siapa saja pemain Arsenal yang mengalami peningkatan sejak The Gunners ditukangi Mikel Arteta dalam beberapa tahun terakhir, berikut di antaranya.

1. Granit Xhaka

Gelandang Arsenal, Granit Xhaka. [Glyn KIRK / AFP]
Gelandang Arsenal, Granit Xhaka. [Glyn KIRK / AFP]

Gelandang Swiss kembali membuktikan kualitas yang dimiliki, meskipun sempat mengalami hal konyol namun Xhaka dinilai sudah berkembang dengan baik.

Xhaka bahkan mengaku kepada sang istri, Leonita untuk memutuskan pergi dari Stadion Emirates pada awal tahun ini.

"Saya sudah selesai dengan Arsenal. Selesai. Ada kontrak di atas meja, dan yang harus saya lakukan hanyalah menandatangani," ucap Arteta kepada Players Tribune.

"Saya telah berbicara dengan istri saya, Leonita, dan kami telah memutuskan untuk pergi. Koper kami benar-benar ditempatkan di dekat pintu.

"Namun, Mikel mulai berbicara tentang bagaimana saya menjadi bagian besar dari rencananya. Saya menyukai kehangatannya." imbuhnya.

2. Bukayo Saka

Peningkatan statistik bermain juga diperlihatkan Bukayo Saka dari tahun ke tahun semenjak Arteta memegang kendali penuh atas Arsenal.

Hingga saat ini, Saka sudah mencatatkan 11 gol dan enam assist dan menempatkannya sebagai pemain reguler Arsenal di Liga Inggris dan timnas Inggris.

3. Emile Smith Rowe

Gelandang Arsenal, Emile Smith Rowe, dalam laga melawan Tottenham. (Ben Stansall/AFP)
Gelandang Arsenal, Emile Smith Rowe, dalam laga melawan Tottenham. (Ben Stansall/AFP)

Pemilik nomor punggung 10 Arsenal ini juga mengalami peningkatan bermain dari tahun ke tahun, perkembangannya membawa sang pemain menjadi andalan tim utama.

Smith-Rowe sudah berhasil membayar kepercayaan Arteta, kualitas bermain yang semakin berkembang membuatnya posisinya tak tergantikan.

4. Eddie Nketiah

Siapa sangka Eddie Nketiah mampu tampil impresif di musim ini dan menjadi kunci sukses Arsenal merangkak naik ke papan atas klasemen.

Bagi Arteta, Eddie membuktikan kualitas dirinya setelah berhasil berlatih dalam 10 bulan terakhir dan hal itu kurang disadari Arteta.

"Apa yang dilakukan Eddie adalah karena apa yang telah dia lakukan selama 10 bulan terakhir, dan tidak ada yang menyadarinya," ucap Arteta.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak adil. Seharusnya Saya lebih sering memainkannya." imbuhnya.

5. Martin Odegaard

Potret aksi Martin Odegaard saat Arsenal hajar Sunderland 5-2 di perempatfinal Piala Liga Inggris. (GLYN KIRK / AFP)
Potret aksi Martin Odegaard saat Arsenal hajar Sunderland 5-2 di perempatfinal Piala Liga Inggris. (GLYN KIRK / AFP)

Muncul sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid, namun tak disangka performa Odegaard sangat terlalu dibutuhkan Arsenal.

Odegaard kini menjadi pemain tak tergantikan Mikel Arteta, pemain asal Norwegia ini memiliki kesempatan mencetak sejarahnya bersama Meriam London.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini