Boladunia

Profil Samuel Chukwueze, Bintang Villarreal yang Antar ke Semifinal Liga Champions

Samuel Chukwueze cetak gol penentu kemenangan Villarreal atas Bayern Munich sehingga lolos ke semifinal LIga Champions.

Rauhanda Riyantama

Pemain Villarreal, Samuel Chukwueze melakukan selebrasi usai bobol gawang Bayern Munich. (JOSE JORDAN / AFP)
Pemain Villarreal, Samuel Chukwueze melakukan selebrasi usai bobol gawang Bayern Munich. (JOSE JORDAN / AFP)

Bolatimes.com - Berikut profil lengkap dari Samuel Chukwueze, pemain yang menjadi penghancur Bayern Munich sekaligus pengantar Villarreal ke semifinal Liga Champions 2021-2022.

Villarreal membuat kejutan di pentas Liga Champions musim ini usai berhasil melangkah ke babak semifinal dengan menyingkirkan raksasa Jerman, Bayern Munich.

Kepastian lolosnya Villarreal sendiri didapat setelah klub berjuluk The Yellow Submarine ini berhasil menahan imbang Bayern Munich yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Allianz Arena, Rabu (14/4).

Bayern Munich sejatinya sempat unggul terlebih dahulu lewat Robert Lewandowski di menit ke-52 dan membuat agregat menjadi 1-1.

Namun dua menit sebelum waktu normal usai, Villarreal berhasil mencetak gol penyama kedudukan lewat Samuel Chukwueze.

Chukwueze mampu mencetak golnya itu lewat serangan balik cepat dan menyambar bola hasil umpan Gerard Moreno. Gol itu pun membuat Villarreal kembali unggul agregat 2-1 atas Bayern Munich.

Hingga pertandingan usai di sisa waktu yang ada, Bayern Munich tak bisa berbuat banyak dan harus menerima tersingkir lebih cepat.

Tak pelak, kegagalan Bayern Munich dan keberhasilan Villarreal ke babak semifinal membuat nama Chukwueze menjadi perbincangan.

Lantas, siapakah sosok Samuel Chukwueze tersebut?

Aksi Samuel Chukwueze saat Villarreal singkirkan Bayern Munich dari Liga Champions. (JOSE JORDAN / AFP)
Aksi Samuel Chukwueze saat Villarreal singkirkan Bayern Munich dari Liga Champions. (JOSE JORDAN / AFP)

Rekam Jejak Samuel Chukwueze

Samuel Chukwueze merupakan winger andalan Villarreal kelahiran Nigeria pada 22 Mei 1999 silam. Dengan kata lain, saat ini usianya baru 22 tahun.

Chukwueze mengawali karier sepak bolanya di Nigeria pada usia 8 tahun, di mana saat itu dirinya mengidolai legenda sepak bola negaranya, Jay-Jay Okocha.

Kariernya dimulai dari tim lokal bernama Diamond Football Academy sebelum akhirnya diboyong Villarreal pada tahun 2017, atau saat usianya baru 18 tahun.

Di Villarreal, Chukwueze tak langsung tampil di tim utama, di mana ia bermain untuk tim Juvenil A yang bermain di Division de Honor Juvenil.

Namun perjalanannya di tim Juvenil A tak berlangsung lama. Di tahun 2018, Chukwueze ditarik ke tim cadangan yang berkiprah di Segunda Division B.

Saat itu, Chukwueze membuat debutnya untuk tim cadangan Villarreal saat melawan CE Sabadell sebagai pemain pengganti.

Sedangkan gol debutnya untuk tim cadangan Villarreal datang di laga kontra Bilbao Athletic. Jika ditotal, dalam 11 laga Chukwueze hanya mencetak dua gol dari 11 laga bersama tim cadangan.

Meski terkesan minim, Villarreal percaya pada bakat Chukwueze yang kemudian di musim 2018-2019 memberikannya debut profesional bersama tim utama.

Chukwueze melakukan debut profesional di kancah Eropa saat tampil bagi Villarreal kala melawan Rangers FC pada 20 September 2018.

Lantas beberapa bulan berselang, Chukwueze mendapat debutnya di La Liga Spanyol bagi Villarreal, tepatnya pada 5 November 2018 saat berhadapan dengan Levante, di mana dirinya bermain selama 90 menit.

Karena mampu menembus tim utama Villarreal, Chukwueze pun mendapat panggilan tim nasional senior Nigeria pada April 2019.

Sejak debutnya bagi Villarreal itu hingga artikel ini dibuat, Chukwueze telah tampil sebanyak 148 kali dengan sumbangsih 23 gol dan 20 assist, dilansir dari Transfermarkt.

Jumlah dan kontribusi itu dibarengi oleh Chukwueze dengan gelar perdana dan gelar satu-satunya bagi Villarreal sejauh ini yakni Liga Europa 2020-2021.

Sedangkan di level tim nasional, Chukwueze telah tampil sebanyak 19 kali bagi Nigeria, di mana ia telah menyumbangkan tiga gol.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Terkait

Berita Terkini