Boladunia

Karier Cemerlang Arnaut Danjuma, Bomber Villarreal Eks Bournemouth yang Bobol Gawang Bayern Munich

Mengenal sosok Arnaut Danjuma, aktor kemenangan Villarreal atas Bayern Munich.

Rauhanda Riyantama

Penyerang Villarreal, Arnaut Danjuma. (CHRISTOF STACHE / AFP)
Penyerang Villarreal, Arnaut Danjuma. (CHRISTOF STACHE / AFP)

Bolatimes.com - Mengenal sosok dan perjalanan karier Arnaut Danjuma, penyerang Villarreal jebolan tim kasta kedua Inggris yang berhasil jebol gawang Bayern Munich.

Nama Arnaut Danjuma menjadi perbincangan setelah dirinya berhasil mencetak gol di laga Villarreal atas Bayern Munich di leg pertama perempat final Liga Champions 2021-2022, Kamis (7/4).

Dalam laga yang berlangsung di El Madrigal atau Stadion La Ceramica itu, Danjuma berhasil membawa Villarreal menang dengan skor 1-0 atas Bayern Munich.

Gol itu dicetak pemain berusia 25 tahun tersebut di menit ke-8 lewat proses yang tak biasa, di mana ia secara tak sengaja membelokkan bola.

Danjuma membelokkan bola hasil sepakan Dani Parejo itu tepat di muka gawang Bayern Munich sehingga Manuel Neuer mati langkah dan terkecoh.

Gol Danjuma tersebut sejatinya bisa digandakan Francis Coquelin. Hanya saja, gol indah eks Arsenal itu dianulir wasit karena dirinya terjebak offside.

Bayern Munich sendiri bukannya tanpa peluang. Beberapa kali Thomas Muller dkk berhasil mendapat peluang-peluang matang di depan gawang Villarreal.

Namun penampilan bertahan yang apik dari kubu tuan rumah serta buruknya penyelesaian akhir para pemain Die Roten membuat Villarreal pun berhasil mengantongi keunggulan agregat satu gol.

Oleh karenanya, Arnaut Danjuma tak pelak mendapat apresiasi dan puja-puji berkat gol semata wayang dan penampilannya itu. Lantas, seperti apa rekam jejak Danjuma?

Penyerang Villarreal, Arnaut Danjuma. (Twitter)
Penyerang Villarreal, Arnaut Danjuma. (Twitter)

Jebolan Kasta Kedua Inggris yang Berhasil Bobol Gawang Bayern Munich

Arnaut Danjuma merupakan pesepak bola kelahiran Lagos, Nigeria pada 31 Januari 1997. Meski lahir di Afrika, nyatanya ia tumbuh berkembang di Belanda.

Karena tumbuh berkembang di Belanda, Danjuma pun mengawali kiprahnya di negeri Kincir Angin tersebut, di mana di usia 9 tahun, ia bergabung akademi PSV Eindhoven.

Perjalanannya di akademi PSV berlanjut hingga dirinya menembus tim Jong PSV, atau tim muda klub tersebut pada 2015.

Namun, perjalanannya di Jong PSV dan PSV tak berjalan lama. Di musim panas 2016, Danjuma dilepas ke NEC Nijmegen. Di tim ini lah bakatnya perlahan terasah.

Total 46 pertandingan dijalani Danjuma bersama NEC Nijmegen, di mana ia menorehkan 14 gol dan 17 assist yang lantas membuatnya menarik perhatian klub papan atas Belgia, Club Brugge.

Pada 2018, Club Brugge lantas memboyongnya ke Belgia, di mana gol pertamanya untuk tim barunya itu datang di pentas Liga Champions saat timnya tumbang dari Atletico Madrid.

Di Club Brugge sendiri, Danjuma bermain cukup baik dan membuat AFC Bournemouth melayangkan tawaran 15 juta poundsterling untuk memboyongnya pada musim panas 2019.

Tawaran itu segera diterima Club Brugge yang memang meraih keuntungan hingga hampir delapan kali lipat. Alhasil, Danjuma pun mendarat di Inggris.

Danjuma sempat bermain di Premier League 2019-2020 di musim perdananya. Namun, timnya harus terdegradasi dan berkancah di Divisi Championship di musim 2020-2021.

Bersama AFC Bournemouth, Danjuma bermain sebanyak 52 kali di berbagai ajang, dengan torehan 17 gol dan delapan assist.

Penampilan konsisten Danjuma ini membuat Villarreal tergerak mendatangkannya di musim panas 2021. Tak tanggung-tanggung, The Yellow Submarine berani menebusnya dengan harga 21 juta poundsterling.

Alhasil, AFC Bournemouth menerima tawaran itu dan Danjuma pun melanjutkan kiprahnya bersama Villarreal di kancah La Liga Spanyol dan Liga Champions musim ini.

Sejauh ini, Danjuma mampu membayar kepercayaan Villarreal dan Unai Emery selaku pelatih dengan menciptakan 14 gol dan empat assist dalam 29 pertandingan.

Hebatnya, enam gol di antaranya dicetak di Liga Champions, yakni ke gawang Atalanta, BSC Young Boys, Juventus, dan terakhir Bayern Munich.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Terkait

Berita Terkini