Boladunia

Profil Arnaut Danjuma, Pahlawan Villarreal saat Kalahkan Bayern Munich

Arnaut Danjuma menjadi bintang kemenangan Villarreal

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Villarreal, Arnaut Danjuma, usai menjadi bintang kemenangan timnya atas Bayern Munchen. (Christof Stache/AFP)
Gelandang Villarreal, Arnaut Danjuma, usai menjadi bintang kemenangan timnya atas Bayern Munchen. (Christof Stache/AFP)

Bolatimes.com - Arnaut Danjuma menjadi pusat perhatian di tengah pekan ini. Berkat aksi briliannya, Villarreal mampu mengalahkan tim raksasa macam Bayern Munchen.

Bertemu pada leg pertama perempat final Liga Champions 2021/22 pada Kamis (7/4/2022) dini hari WIB, Villarreal berhasil memetik kemenangan tipis 1-0.

Satu-satunya gol Villarreal dicetak oleh Arnaut Danjuma pada menit ke-8. Gol ini seolah menjadi penegasan dari penampilan ciamik pemain berusia 25 tahun itu di musim 2021/22.

Sejak didatangkan pada awal musim, Danjuma sudah mencetak 14 gol di semua ajang. Bahkan, 6 gol di antaranya dicetak olehnya di Liga Champions.

Lantas, siapa sebetulnya Arnaut Danjuma ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Arnaut Danjuma

Sosok dengan nama lengkap Arnaut Danjuma Groeneveld ini lahir di Lagos, Nigeria, pada 31 Januari 1997. Dia kemudian pindah ke Belanda dan membela tim nasionalnya.

Sejak kecil dia sudah berada di Belanda dan bergabung dengan klub lokal di sana yaitu TOP Oss. Pada 2008, dia kemudian bergabung dengan akademi PSV Eindhoven.

Perjalanannya untuk bisa bermain secara profesional di sini dilalui dengan jalan panjang. Baru di tahun 2015 dia menjalani debut profesionalnya dengan membela Jong PSV di divisi kedua Liga Belanda.

Minimnya kesempatan bermain di PSV membikin Arnaut akhirnya pindah ke NEC Nijmegen pada musim panas 2016. Pada September tahun yang sama, dia debut di NEC dengan melawan mantan timnya, PSV.

Selama dua musim di NEC, Arnaut Danjuma total bermain sebanyak 46 kali dengan mencetak 14 gol di semua kompetisi.

Perjalanan Arnaut Danjuma berlanjut dengan bergabung bersama klub asal Belgia, Club Brugge. Pada musim perdananya di sana, Arnaut mencetak 6 gol dari 24 pertandingan dan meraih gelar Belgian Super Cup 2018.

Di musim 2019/20, Arnaut direkrut oleh klub Liga Inggris, AFC Bournemouth dengan biaya 13,7 juta poundsterling. Musim pertamanya tak berjalan mulus karena gagal  mencetak gol dalam 14 laga Liga Inggris.

Bournemouth kemudian degradasi ke divisi Championship pada musim 2020/21. Namun, penampilan Arnaut Danjuma justru makin melejit dengan mencetak 17 gol dari 37 pertandingan.

Performa apik itu pula yang bikin Villarreal rela menggelontorkan duit 25 juta euro untuk memboyongnya di musim 2021/22.

Harga itu dibayar Arnaut Danjuma dengan pembuktian melalui 14 gol dari 29 pertandingan di semua kompetisi. Pembuktian terbarunya hadir saat mencetak gol untuk kemenangan Villarreal atas Bayern Munchen di leg pertama perempat final Liga Champions.

Adapun untuk kariernya di level tim nasional, Arnaut Danjuma melakukan debut untuk Timnas Belanda pada 2018 dan kini sudah mencatatkan 6 caps dengan torehan 2 gol.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini