Mengenal Derby Corsica, Pertandingan Paling Mencekam di Liga Prancis

Begini kisah Derby Corsica hingga dijuliki paling mencekam di Liga Prancis.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 16 Maret 2022 | 18:57 WIB
Potret Derby Corsica antara SC Bastia melawan AC Ajaccio. (BBC)

Potret Derby Corsica antara SC Bastia melawan AC Ajaccio. (BBC)

Bolatimes.com - Mengenal Derby Corsica, sebuah rivalitas panas di Liga Prancis Prancis antara dua klub asal Pulau Corsica, yakni SC Bastia dan AC Ajaccio.

Berbicara sepak bola Prancis, semua orang akan sepakat bahwa rivalitas atau derby paling panas adalah saat Paris Saint-Germain bertemu Olympique Marseille.

Derby antara kedua tim ini bahkan dijuluki sebagai Le Classique atau laga klasik yang hampir mirip dengan El Clasico di Spanyol ataupun Argentina.

Baca Juga: Klasemen Terbaru Liga 1 2021: Bhayangkara FC Tersingkir dari Persaingan Juara usai Dikalahkan Persipura

Duel kedua tim ini pun sempat mengundang perhatian karena suporter kedua tim kerap berkonfrontasi satu sama lain.

Tak hanya ke sesama suporter, bahkan ada pula duel antar suporter dan pemain atau bahkan pemain dengan pemain. Hal semacam ini menggambarkan rivalitas kedua tim.

Tak hanya Le Classique, ada pula Derby lainnya yakni Derby Rhone-Alpes antara Olympique Lyonnais dan Saint-Etienne.

Baca Juga: Hasil Liga 1 2021: Tundukkan Bhayangkara FC, Persipura

Berbeda dengan Le Classique, Derby Rhone-Alpes ini merupakan Derby antar dua klub sekota yang berada di wilayah Auvergne Rhone Alpes.

Derby Rhone Alpes ini pun tak kalah menarik dan sempat melahirkan perseteruan antar suporter dan juga antar pemain.

Dari sekian banyak Derby di Prancis, mungkin Derby para tim papan atas itu masih kalah menarik dari Derby Corsica yang melibatkan tim-tim kasta bawa. Dua tim yang terlibat dalam Derby Corsica itu adalah SC Bastia dan AC Ajaccio.

Baca Juga: Skenario Persib Bandung Juara Liga 1 2021, Berharap Keajaiban

Lantas, bagaimana kisah Derby Corsica itu sendiri? Mengapa Derby ini disebut derby paling mencekam di Liga Prancis?

Potret suporter SC Bastia. (BBC)
Potret suporter SC Bastia. (BBC)

Derby Corsica yang Memisahkan Pulau

Sesuai namanya, Derby Corsica sendiri hadir di Pulau Corsica yang berisikan dua tim dengan rekam jejak menawan, yakni SC Bastia dan AC Ajaccio.

Baca Juga: Skenario Bali United Juara Liga 1 2021, Tak Boleh Terpeleset di Tiga Laga Sisa

Karena punya rekam jejak menawan dan berasal dari satu wilayah yang sama, rivalitas antara SC Bastia dan AC Ajaccio.

Derby ini kembali menjadi perbincangan karena baik Bastia dan Ajaccio kini berada dalam satu kasta yang sama, yakni Ligue 2 atau kasta kedua.

Delapan tahun sebelumnya atau pada 2014 silam, Bastia sempat tampil di Ligue 1 bersama Ajaccio dan menjalani Derby terakhirnya.

Uniknya di Derby terakhirnya pada 2014 lalu, Bastia mampu mengalahkan Ajaccio 2-1 sehingga rivalnya turun kasta ke Ligue 2.

Setelahnya giliran Bastia yang turun kasta hingga ke divisi lima pada 2017 karena masalah keuangan yang membuat mereka kehilangan status profesional.

Setelah delapan tahun terpisah, kini Bastia dan Ajaccio bersatu kembali di kasta kedua. Hal ini pun menarik atensi banyak pihak mengingat rivalitas kedua tim dalam balutan Derby Corsica.

Dilansir dari BBC Sports, Derby Corsica ini bahkan memisahkan Pulau Corsica dalam dua wilayah besar di pulau tersebut.

Ajaccio berada di Corse du Sud Department di bagian Barat Daya Corsica, sedangkan Bastia di wilayah Bastia Haute Corse di Timur Laut.

“Derby melawan Bastia sangat penting bagi suporter karena ini persoalan kekuasaan wilayah,” ujar salah satu pendukung Ajaccio bernama Anthony Tognetti.

“Di luar sepak bola, Ajaccio dan Bastia selalu menjadi rival. Ada pertentangan di antara dua kota ini,” lanjutnya.

Bahkan karena rivalitas ini, otoritas sepak bola di Prancis melarang kedua pendukung kesebelasan hadir saat laga Derby Corsica.

“Atmosfer di antara dua ultras bisa memanas, terutama saat pertandingan. Banyak insiden di masa lampau dan sejak sekarang suporter dilarang datang ke laga Derby,” ujar Tognetti.

Pertemuan antara Bastia dan Ajaccio pun jauh dari kata sepak bola. Kedua suporter hanya berhadapan dan bertemu karena semuanya adalah soal pertengkaran.

“Bagi para pendukung normal (bukan ultras), ini (Derby Corsica) semuanya tentang pertengkaran dan Macagna (sebuah lelucon) dalam pertandingan,” pungkas Tognetti.

Karena berasal dari pulau yang sama, mana di antara Bastia dan Ajaccio yang memiliki jumlah pendukung terbanyak?

Usut punya usut, Bastia unggul atas rival sekotanya itu soal jumlah pendukung. Hal ini tak lepas dari sejarah Bastia sendiri sebagai klub.

Bastia pernah menjuarai Piala Prancis pada 1981. Bahkan, mereka hampir menjadi juara Eropa andai tak kalah dua leg di final Piala UEFA 1978 kala berhadapan dengan PSV Eindhoven.

“Bastia adalah klub bersejarah. Banyak tim yang menyangka bahwa Bastia adalah klub yang menggambarkan orang Corsica,” ujar Didier Rey, Profesor Universitas Corsica.

“Bastia memiliki suporter lebih banyak daripada Ajaccio dan Anda akan menemukannya di seluruh tempat di Corsica, termasuk Ajaccio,” lanjutnya.

Meski punya basis suporter lebih besar, Bastia nampaknya harus mengalah terlebih dulu di musim ini dari Ajaccio. Hal ini jika dilihat dari posisi keduanya di klasemen Ligue 2 musim ini.

Bastia harus terseok-seok di papan bawah dan menduduki peringkat ke-12 dalam 29 pertandingan yang telah dijalani.

Sedangkan Ajaccio duduk di tempat keempat dan berhasrat bisa promosi ke Ligue 1 setelah sempat gagal di babak Play Off dalam beberapa tahun terakhir.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak