Boladunia

9 Pesepak Bola yang Mungkin Memainkan Piala Dunia Terakhir pada 2022

Berikut 9 pesepak bola yang kemungkinan besar tampi terakhir di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi (sumber: rt.com)
Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi (sumber: rt.com)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 akan segera hadir. Hadirnya pesta sepak bola terakbar di tahun ini juga menjadi tanda bahwa beberapa pemain bintang mungkin akan memainkan ajang ini untuk terakhir kalinya seiring menuanya usia.

Piala Dunia 2022 sendiri akan digelar di Qatar. Berbeda dengan edisi Piala Dunia lainnya, untuk edisi 2022 ini ajang empat tahunan ini akan diselenggarakan di musim dingin.

Piala Dunia 2022 di Qatar sendiri dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 21 November 2022. Dengan kata lain, beberapa liga-liga top Eropa harus menjalani jeda kompetisi.

Beberapa negara telah memastikan lolos ke putaran final nanti. Sejauh ini telah ada 13 negara termasuk tuan rumah Qatar yang sudah memastikan tempat di Piala Dunia 2022.

Negara-negara tersebut adalah Belgia, Kroasia, Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Serbia, Spanyol, Swiss, Brasil, dan Argentina. Sedangkan 19 slot tersisa akan diperebutkan tahun ini.

Berbicara Piala Dunia 2022, ajang ini nyatanya bisa menjadi ajang terakhir beberapa pemain bintang yang mentas di Eropa.

Faktor usia menjadi salah satu penyebab utama mengapa tahun 2022 ini mungkin saja menjadi Piala Dunia terakhir yang diikuti oleh beberapa pemain bintang.

Kira-kira, siapa saja para pemain bintang yang mungkin saja menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai Piala Dunia terakhirnya?

1. Cristiano Ronaldo (Portugal)

Cristiano Ronaldo saat memperkuat Timnas Portugal. (CARLOS COSTA / AFP)
Cristiano Ronaldo saat memperkuat Timnas Portugal. (CARLOS COSTA / AFP)

Mega bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo tengah harap-harap cemas. Pasalnya, ia bisa saja mengubur impiannya tampil di Piala Dunia 2022 karena harus melewati babak Play Off bersama Italia.

Jika Portugal lolos, maka Piala Dunia 2022 pun akan menjadi Piala Dunia terakhir pemain berjuluk CR7 tersebut, menyusul usianya yang dalam waktu dekat akan menginjak 37 tahun.

2. Lionel Messi (Argentina)

Seteru abadi Cristiano Ronaldo, Lionel Messi pun juga kemungkinan besar akan menjadikan Piala Dunia 2022 Qatar sebagai Piala Dunia terakhirnya bersama Argentina.

Saat tampil di Piala Dunia 2022 nanti, Messi akan berusia 35 tahun. Dengan masifnya regenerasi di kubu Argentina, perannya pun bisa saja tergantikan pada edisi 2026 mendatang.

3. Robert Lewandowski (Polandia)

Robert Lewandowski (@BBCSport/Twitter)
Robert Lewandowski (@BBCSport/Twitter)

Salah satu veteran lainnya yang akan menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai Piala Dunia terakhir adalah Robert Lewandowski.

Usia Lewandowski akan menginjak 34 tahun saat bermain di Piala Dunia 2022. Dengan perannya sebagai penyerang, tentu sulit baginya menjaga fisik hingga edisi Piala Dunia 2026.

4. Thiago Silva (Brasil)

Beralih ke posisi bek, ada nama Thiago Silva yang memang telah mengindikasikan bahwa Piala Dunia 2022 akan menjadi Piala Dunia Terakhirnya.

Thiago Silva akan berusia 38 tahun di Piala Dunia 2022 nanti. Ia pun telah menegaskan bahwa Piala Dunia 2022 akan menjadi kesempatan terakhirnya membawa trofi Jules Rimet ke Brasil.

5. Luka Modric (Kroasia)

Gelandang Real Madrid, Luka Modric. (Twitter/@realmadrid).
Gelandang Real Madrid, Luka Modric. (Twitter/@realmadrid).

Luka Modric pun menjadi nama veteran lainnya yang akan menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai Piala Dunia terakhirnya. Apalagi di ajang tersebut nanti, ia akan genap berusia 37 tahun.

Dengan usia setua itu untuk ukuran pemain tengah, Modric pun ingin mengerahkan seluruh kemampuannya agar bisa membawa Kroasia menjadi juara dan menebus kesalahan pada 2018 lalu.

6. Zlatan Ibrahimovic (Swedia)

Bukan rahasia lagi bahwa Zlatan Ibrahimovic telah berusia kepala empat. Sehingga jika Swedia lolos ke Piala Dunia 2022, ajang itu pun akan menjadi ajang terakhirnya.

Bakal berhentinya Ibrahimovic dari Swedia bukan perkara usia, melainkan daya tahan tubuh yang ia miliki, di mana kini ia mulai kerap dihantam cedera.

7. Giorgio Chiellini (Italia)

Bek veteran Timnas Italia, Giorgio Chiellini angkat trofi Euro 2020. (FABIO FRUSTACI / ANSA / AFP)
Bek veteran Timnas Italia, Giorgio Chiellini angkat trofi Euro 2020. (FABIO FRUSTACI / ANSA / AFP)

Kapten Timnas Italia, Giorgio Chiellini pun berhasrat menebus kesalahannya pada 2017 lalu demi membawa Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia 2022 sekaligus Piala Dunia terakhirnya.

Saat ini, Chiellini berusia 37 tahun. Di Piala Dunia 2022 nanti usianya akan 38 tahun. Dengan kata lain, ia harus berjuang sekuat tenaga agar Italia bisa menembus putaran final yang kemungkinan akan jadi putaran final terakhirnya.

8. Manuel Neuer (Jerman)

Beralih ke posisi kiper, ada nama Manuel Neuer yang kemungkinan besar juga akan menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai Piala Dunia terakhirnya.

Pada Piala Dunia 2022 nanti, Neuer akan genap berusia 36 tahun. Kencangnya regenerasi pemain di Timnas Jerman pun bisa menjadi penyebab dirinya akan terdepak pasca Piala Dunia 2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini