9 Pesepak Bola yang Mungkin Memainkan Piala Dunia Terakhir pada 2022

Berikut 9 pesepak bola yang kemungkinan besar tampi terakhir di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 13 Januari 2022 | 16:00 WIB
Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi (sumber: rt.com)

Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi (sumber: rt.com)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 akan segera hadir. Hadirnya pesta sepak bola terakbar di tahun ini juga menjadi tanda bahwa beberapa pemain bintang mungkin akan memainkan ajang ini untuk terakhir kalinya seiring menuanya usia.

Piala Dunia 2022 sendiri akan digelar di Qatar. Berbeda dengan edisi Piala Dunia lainnya, untuk edisi 2022 ini ajang empat tahunan ini akan diselenggarakan di musim dingin.

Piala Dunia 2022 di Qatar sendiri dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 21 November 2022. Dengan kata lain, beberapa liga-liga top Eropa harus menjalani jeda kompetisi.

Baca Juga: Bantah Rekrut Alfeandra Dewangga, Begini Kata Jeonnam Dragons

Beberapa negara telah memastikan lolos ke putaran final nanti. Sejauh ini telah ada 13 negara termasuk tuan rumah Qatar yang sudah memastikan tempat di Piala Dunia 2022.

Negara-negara tersebut adalah Belgia, Kroasia, Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Serbia, Spanyol, Swiss, Brasil, dan Argentina. Sedangkan 19 slot tersisa akan diperebutkan tahun ini.

Berbicara Piala Dunia 2022, ajang ini nyatanya bisa menjadi ajang terakhir beberapa pemain bintang yang mentas di Eropa.

Baca Juga: Petarung Indonesia Siap Duel Disaksikan Khabib Nurmagomedov

Faktor usia menjadi salah satu penyebab utama mengapa tahun 2022 ini mungkin saja menjadi Piala Dunia terakhir yang diikuti oleh beberapa pemain bintang.

Kira-kira, siapa saja para pemain bintang yang mungkin saja menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai Piala Dunia terakhirnya?

1. Cristiano Ronaldo (Portugal)

Baca Juga: Jadwal Piala Liga Inggris Malam Ini: Big Match Liverpool vs Arsenal

Cristiano Ronaldo saat memperkuat Timnas Portugal. (CARLOS COSTA / AFP)
Cristiano Ronaldo saat memperkuat Timnas Portugal. (CARLOS COSTA / AFP)

Mega bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo tengah harap-harap cemas. Pasalnya, ia bisa saja mengubur impiannya tampil di Piala Dunia 2022 karena harus melewati babak Play Off bersama Italia.

Jika Portugal lolos, maka Piala Dunia 2022 pun akan menjadi Piala Dunia terakhir pemain berjuluk CR7 tersebut, menyusul usianya yang dalam waktu dekat akan menginjak 37 tahun.

2. Lionel Messi (Argentina)

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Absen, Ini 3 Calon Kapten Timnas Indonesia U-23

Seteru abadi Cristiano Ronaldo, Lionel Messi pun juga kemungkinan besar akan menjadikan Piala Dunia 2022 Qatar sebagai Piala Dunia terakhirnya bersama Argentina.

Saat tampil di Piala Dunia 2022 nanti, Messi akan berusia 35 tahun. Dengan masifnya regenerasi di kubu Argentina, perannya pun bisa saja tergantikan pada edisi 2026 mendatang.

3. Robert Lewandowski (Polandia)

Robert Lewandowski (@BBCSport/Twitter)
Robert Lewandowski (@BBCSport/Twitter)

Salah satu veteran lainnya yang akan menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai Piala Dunia terakhir adalah Robert Lewandowski.

Usia Lewandowski akan menginjak 34 tahun saat bermain di Piala Dunia 2022. Dengan perannya sebagai penyerang, tentu sulit baginya menjaga fisik hingga edisi Piala Dunia 2026.

4. Thiago Silva (Brasil)

Beralih ke posisi bek, ada nama Thiago Silva yang memang telah mengindikasikan bahwa Piala Dunia 2022 akan menjadi Piala Dunia Terakhirnya.

Thiago Silva akan berusia 38 tahun di Piala Dunia 2022 nanti. Ia pun telah menegaskan bahwa Piala Dunia 2022 akan menjadi kesempatan terakhirnya membawa trofi Jules Rimet ke Brasil.

5. Luka Modric (Kroasia)

Gelandang Real Madrid, Luka Modric. (Twitter/@realmadrid).
Gelandang Real Madrid, Luka Modric. (Twitter/@realmadrid).

Luka Modric pun menjadi nama veteran lainnya yang akan menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai Piala Dunia terakhirnya. Apalagi di ajang tersebut nanti, ia akan genap berusia 37 tahun.

Dengan usia setua itu untuk ukuran pemain tengah, Modric pun ingin mengerahkan seluruh kemampuannya agar bisa membawa Kroasia menjadi juara dan menebus kesalahan pada 2018 lalu.

6. Zlatan Ibrahimovic (Swedia)

Bukan rahasia lagi bahwa Zlatan Ibrahimovic telah berusia kepala empat. Sehingga jika Swedia lolos ke Piala Dunia 2022, ajang itu pun akan menjadi ajang terakhirnya.

Bakal berhentinya Ibrahimovic dari Swedia bukan perkara usia, melainkan daya tahan tubuh yang ia miliki, di mana kini ia mulai kerap dihantam cedera.

7. Giorgio Chiellini (Italia)

Bek veteran Timnas Italia, Giorgio Chiellini angkat trofi Euro 2020. (FABIO FRUSTACI / ANSA / AFP)
Bek veteran Timnas Italia, Giorgio Chiellini angkat trofi Euro 2020. (FABIO FRUSTACI / ANSA / AFP)

Kapten Timnas Italia, Giorgio Chiellini pun berhasrat menebus kesalahannya pada 2017 lalu demi membawa Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia 2022 sekaligus Piala Dunia terakhirnya.

Saat ini, Chiellini berusia 37 tahun. Di Piala Dunia 2022 nanti usianya akan 38 tahun. Dengan kata lain, ia harus berjuang sekuat tenaga agar Italia bisa menembus putaran final yang kemungkinan akan jadi putaran final terakhirnya.

8. Manuel Neuer (Jerman)

Beralih ke posisi kiper, ada nama Manuel Neuer yang kemungkinan besar juga akan menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai Piala Dunia terakhirnya.

Pada Piala Dunia 2022 nanti, Neuer akan genap berusia 36 tahun. Kencangnya regenerasi pemain di Timnas Jerman pun bisa menjadi penyebab dirinya akan terdepak pasca Piala Dunia 2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak