Boladunia

Profil Paul Wanner, Pemain Termuda Bayern Munich yang Mentas di Bundesliga

Paul Wanner yang masih berusia 16 tahun menjalani debut di Bundesliga.

Rauhanda Riyantama

Pemain muda Bayern Munich, Paul Wanner. (CHRISTOF STACHE / AFP)
Pemain muda Bayern Munich, Paul Wanner. (CHRISTOF STACHE / AFP)

Bolatimes.com - Seorang pemain muda bernama Paul Wanner mencuri perhatian kala diturunkan Bayern Munich saat menjamu Borussia Monchengladbach dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu (08/01/22) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, Paul Wanner mencetak debutnya bersama Bayern Munich di usia 16 tahun 15 hari yang menjadikannya pemain termuda sepanjang sejarah yang melakukan debut untuk The Bavarian.

Paul Wanner mampu mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Jamal Musiala, yang mencetak debut pada usia 17 tahun 115 hari kala bermain untuk Bayern Munich pada Juni 2020 lalu.

Hanya saja, Paul Wanner bukanlah debutan termuda sepanjang sejarah Bundesliga Jerman. Rekor debutan termuda masih dipegang penyerang Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko sehari setelah ulang tahun ke-16 nya pada November 2020 lalu.

Meski begitu, apa yang dicetak Paul Wanner menjadi sebuah pencapaian apik baginya. Maklum saja, sulit bagi pemain muda menembus tim utama Bayern Munich yang bertabur bintang.

Paul Wanner sendiri diturunkan oleh Julian Nagelsmann di laga melawan Borussia Monchengladbach karena banyaknya kasus Covid-19 di kubu Bayern Munich.

Jelang laga melawan Monchengladbach, sembilan pemain Bayern Munich harus absen akibat Covid-19. Alhasil, musibah itu memberi berkah bagi Paul Wanner dan rekannya, Arijon Ibrahimovic untuk masuk skuat utama.

Lantas, siapakah sosok Paul Wanner tersebut? Berikut profil singkatnya.

Pemain muda Bayern Munich, Paul Wanner. (CHRISTOF STACHE / AFP)
Pemain muda Bayern Munich, Paul Wanner. (CHRISTOF STACHE / AFP)

Paul Wanner: Reinkarnasi Kai Havertz

Paul Wanner lahir di Jerman Selatan, tepatnya di Kota Amtzell yang ada di antara Freiburg dan Munich pada 23 Desember 2005.

Karier sepak bolanya sendiri dimulai dari tim lokal bernama Ravensburg. Bakatnya di tim lokal ini menarik tim Scouting Bayern Munich yang lantas merekrutnya pada tahun 2020 lalu saat dirinya berusia 14 tahun.

Setelah masuk ke akademi Bayern Munich, Wanner lantas dimasukkan ke tim U-16, di mana ia langsung dipromosikan ke tim U-17 di tahun pertamanya.

Dalam dua kesempatan tampil di tim U-17, Wanner mampu mencetak satu gol dan satu assist yang membuatnya lantas naik tingkat ke tim U-19.

Di tim U-19, pamor Wanner tak meredup sedikit pun. Ia mampu mencetak dua gol dan dua assist dalam sembilan penampilan di kancah Bundesliga U-19 Selatan.

Catatan itu terbilang fantastis bagi remaja yang belum genap 16 tahun dan bermain di tim U-19 sebagai gelandang serang atau Winger.

Dilansir dari laman resmi Bundesliga, gaya permainan Wanner disamakan dengan Kai Havertz yang lebih banyak berkutat di lini tengah dengan skill di atas rata-rata.

Karena penampilan apiknya di level klub, Wanner pun mendapat panggilan untuk membela tim nasional Jerman U-17, di mana ia melakukan debutnya pada Agustus 2021 lalu.

Saat dipanggil oleh Julian Nagelsmann untuk masuk ke tim inti Bayern Munchen, Wanner dan rekannya Arijon Ibrahimovic tengah dalam pemusatan latihan Jerman U-17.

Pada Matchday ke-18 Bundesliga Jerman 2021/22, Wanner pun mendapat debut profesionalnya setelah masuk di menit ke-75 menggantikan Marc Roca di laga Bayern Munich vs Borussia Monchengladbach.

 “Paul Wanner adalah talenta luar biasa dengan kualitas mumpuni. Tentu dia masih muda, sangat muda. Secara fisik dia belum sepenuhnya berkembang, tapi dia pemain yang cepat dengan teknik yang luar biasa,” puji Nagelsmann sebelum laga melawan Borussia Monchengladbach

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini