Boladunia

Profil Theerathon Bunmathan, Bintang Thailand Absen di Final Piala AFF 2020

Theerathon tak dimainkan saat lawan Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita

Pemain Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan. (Instagram/@theerathon_3)
Pemain Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan. (Instagram/@theerathon_3)

Bolatimes.com - Timnas Thailand dipastikan tampil tanpa diperkuat salah satu pemain bintangnya, Theerathon Bunmathan, ketika berjumpa Indonesia pada partai final Piala AFF 2020.

Theerathon Bunmathan yang selalu menjadi pilihan utama di sektor kiri pertahanan timnas Thailand di ajang Piala AFF 2020 harus absen karena menjalani skorsing.

Sebab, Theerathon Bunmathan mendapatkan dua kartu kuning pada dua pertandingan melawan Vietnam pada babak semifinal Piala AFF 2020.

Pada leg pertama, Theerathon diganjar kartu kuning oleh wasit setelah terlibat aksi perebutan bola dengan pemain Vietnam. 

Sedangkan kartu kuning lainnya diraih pada laga leg kedua karena ia mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga menyambar Nguyen Quang Hai.

Profil Theerathon Bunmathan

Theerathon Bunmathan merupakan salah satu pemain senior di skuad timnas Thailand pada ajang Piala AFF 2020.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini mengawali kariernya di dunia sepak bola dengan berlatih bersama Bangkok Sports School dan Assumption College Thonburi.

Bek Thailand, Theeraton Bunmathan. (Instagram/theerathon_3)
Bek Thailand, Theeraton Bunmathan. (Instagram/theerathon_3)

Awal kariernya di dunia profesional diawali ketika bergabung dengan Raj Pracha pada tahun 2008. Atas performa impresifnya, dia kemudian diboyong oleh Buriram United pada 2009.

Theerathon bermain secara reguler bersama Buriram United karena performanya yang impresif dan konsisten.

Selama memperkuat Buriram, dia sukses meraih gelar juara Liga Thailand pada empat musim, yakni edisi 2011, 2013, 2013, dan 2015. Selain itu, ada pula empat gelar Piala FA yang diraih pada edisi 2011, 2012, 2013, dan 2015.

Setelah tujuh tahun berkelana bersama Buriram, ia kemudian mengawali tantangan baru bersama Muangthong United pada tahun 2016.

Selama bermain bersama Muangthong, Theerathon juga sempat menjalani masa peminjaman di klub Liga Jepang seperti Vissel Kobe pada tahun 2018 dan Yokohama F Marinos pada 2019.

Pada akhir tahun 2019, Theerathon mendapatkan kontrak permanen bersama Yokohama F Marinos. Performanya di J1 League musim 2019 memang terhitung impresif.

Sebab, dia menjadi salah satu pemain yang ikut mengantarkan Yokohama F Marinos meraih gelar juara J1 League 2019.

Sebab, pada akhir musim 2020, Theerathon terpilih sebagai 11 pemain terbaik Asia pada tahun 2020 oleh IFFHS.

Setelah mengakhiri kontraknya bersama Yokohama pada Desember 2021, ia kemudian kembali diikat oleh Buriram United.

Selama memperkuat Thailand, Theerathon juga telah mempersembahkan sejumlah gelar juara. Beberapa di antaranya yakni Piala AFF 2016 dan medali emas SEA Games 2013.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini