Boladunia

5 Legenda Ramai-ramai Tolak Messi Raih Gelar Ballon d'Or 2021

Messi mendapat gelar Ballon d'Or 2021 ternyata mendapat penolakan dari sejumlah legenda.

Rauhanda Riyantama

Penyerang Paris Saint-Germain asal Argentina Lionel Messi berpose setelah dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)
Penyerang Paris Saint-Germain asal Argentina Lionel Messi berpose setelah dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Lionel Messi menjadi pemain terbaik di dunia setelah meraih gelar Ballon d’Or 2021. Sayangnya, penghargaan yang ia dapat ini malah menuai pandangan miring dari banyak pihak, terutama dari para legenda sepak bola.

Messi berhasil menjadi peraih gelar Ballon d’Or 2021 berkat pencapaiannya di tahun ini, baik di level klub maupun bersama timnas Argentina.

Di level klub atau saat berseragam Barcelona, Messi mampu meraih gelar top skor dan pencetak assist terbanyak di La Liga Spanyol serta menjuarai Copa del Rey.

Sedangkan bersama Argentina, Messi mencetak sejarah untuk pertama kalinya membawa negaranya menjuarai ajang internasional yakni Copa America 2021.

Lionel Messi foto bareng keluarganya di acara Ballon d'Or 2021. (Anne-Christine POUJOULAT / AFP)
Lionel Messi foto bareng keluarganya di acara Ballon d'Or 2021. (Anne-Christine POUJOULAT / AFP)

Atas pencapaian itu, pemain berusia 34 tahun ini pun terpilih menjadi peraih Ballon d’Or berkat perolehan 613 poin, unggul 33 poin atas Robert Lewandowski di tempat kedua dan unggul 153 poin dari Jorginho di tempat ketiga.

Keberhasilan ini membuat Messi menuai pro kontra. Ada yang mendukung pencapaiannya tersebut, ada pula yang tak setuju dengan terpilihnya pemain berjuluk La Pulga ini sebagai pemenang Ballon d’Or 2021.

Uniknya, pandangan miring atau pandangan kontra ini datang dari para legenda sepak bola dunia. Setidaknya ada 5 legenda sepak bola yang merasa Messi tak pantas menyabet gelar Ballon d’Or 2021.

Siapa sajakah 5 legenda tersebut?

1. Iker Casillas

Kiper legendaris asal Spanyol ini menjadi sosok yang paling kritis setelah terpilihnya Messi sebagai peraih Ballon d’Or 2021.

Iker Casillas mengaku bahwa ia menghormati Messi sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa. Namun rivalnya itu dianggap tak layak memenangkan Ballon d’Or 2021 dengan mempertanyakan kredibilitas penghargaan itu.

2. Oliver Kahn

Sama seperti Casillas, kiper legendaris lainnya, Oliver Kahn juga merasa Messi tak pantas menggondol gelar Ballon d’Or 2021.

Oliver Kahn merasa, Robert Lewandowski lebih pantas mendapatkannya ketimbang Messi. Namun, eks kiper Bayern Munich ini tetap memberikan ucapan selamat kepada penggawa PSG itu.

3. Toni Kroos

Masih dari pemain Jerman, Toni Kroos juga mengaku heran dengan hasil voting Ballon d’Or 2021. Pasalnya, ia tak setuju dengan terpilihnya Messi sebagai pemenang.

Dalam Podcastnya, Kroos menyebut Karim Benzema lebih pantas menjadi peraih Ballon d’Or 2021 dan disusul oleh Lewandowski di tempat kedua serta Jorginho di tempat ketiga.

4. Lothar Matthaus

Dukungan kepada Lewandowski terus berlanjut, kali ini lewat Lothar Matthaus. Eks peraih Ballon d’Or 1990 ini merasa pria asal Polandia itu lebih pantas menyabet Ballon d’Or 2021 ketimbang Messi.

Alasan Matthaus mendukung Lewandowski sebagai pemenang berdasarkan pengamatannya terhadap sepak terjang bomber Bayern Munich itu dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

5. Carlo Ancelotti

Sebagai pemain dan pelatih legendaris di kancah sepak bola, Carlo Ancelotti juga merasa Messi tak pantas meraih titel Ballon d’Or 2021.

Sama seperti Kroos, Ancelotti lebih memilih Karim Benzema sebagai pemenang ketimbang Messi mengingat sepak terjangnya dalam beberapa bulan terakhir.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini