Boladunia

Kisah di Balik Fan Barcelona Disebut Cules

Fans Barcelona akrab disapa Cules.

Rauhanda Riyantama

Para pemain Barcelona berselebrasi usai sukses meraih kemenangan atas Espanyol. (Pau Barrera/AFP)
Para pemain Barcelona berselebrasi usai sukses meraih kemenangan atas Espanyol. (Pau Barrera/AFP)

Bolatimes.com - Barcelona kerap dikenal dengan nama lain Blaugrana. Namun, para fan mereka nyatanya juga punya nama panggilan yang kerap dipanggil Cules.

Ini memang tak asing buat klub-klub sepak bola di pelbagai belahan dunia. Namun, khusus untuk Cules yang melekat buat pendukung Barcelona nyatanya punya sejarah.

Sejarah Awal Mula Sebutan Cules

Sebutan Cules bagi fan Barcelona erat kaitannya dengan sejarah klub. Ketika Barcelona didirikan pada akhir 1899, seorang pelajar Swiss bernama Joan Gamper, sering bermarkas di lapangan yang berbeda.

Kemudian, antara 1090 dan 1922, Barcelona bermain di Carrer de la Industria atau Jalan Industri yang belakangan dipatenkan dengan sebutan Carrer de Paris alias Jalan Paris. Nah, dari sana, banyak yang berkumpul untuk menonton Barcelona berlaga di lapangan itu.

Selebrasi bek Barcelona, Gerard Pique usai bobol gawang Dynamo Kiev di Liga Champions. (JOSEP LAGO / AFP)
Selebrasi bek Barcelona, Gerard Pique usai bobol gawang Dynamo Kiev di Liga Champions. (JOSEP LAGO / AFP)

Saat itu, Barcelona memang sudah memiliki daya tarik seperti sering menjuarai Copa del Rey dan berisikan para pemain bintang. Beberapa di antaranya Josep Samitier dan Ricardo Zamora yang saat itu tengah naik daun.

Saat klub semakin berkembang dan menarik, di saat itu pula banyak penonton yang hadir. Alhasil, tribun penonton kemudian dibuat tingkat dua dan dekat dengan jalan utama.

Ketika itu, jumlah penonton yang bisa hadir bisa menampung 6000 orang. FYI, ini juga menjadi tonggak sejarah karena kali pertama di Spanyol ada stadion sebesar ini.

Seiring berjalannya waktu dan kian diminatinya laga Barcelona, para pejalan kaki yang melawati jalan kerap melihat penonton yang duduk di dinding bagian atas stadion tribun. Sebagian pejalan kaki atau mereka yang datang terlambang menganggap pemandangan itu menarik.

Nah, dari pemandangan ini kemudian warga di sekitaran stadion dan pejalan kaki mulai memanggil para penonton dengan sebutan Culers dan kemudian lantang dengan nama Culues.

Dan ternyata, Cules memiliki arti dalam bahasa Spanyol. Artinya: Mereka yang menunjukkan punggungnya.

Julukan itu sejatinya bukan sebuah ledekan atau sejenisnya. Julukan itu justru sebuah kebanggan dan diadopsi oleh pendukung Barcelona dan dianggap sebagai identitas fan.

Julukan itu terus menerus dipakai dan populer hingga saat Barcelona pindah ke Stadion Les Corts yang dibuka pada 1922. Para Cules kemudian dimanjakan dengan kapasitas tribun stadion yang kian melebar dengan 22 ribu kursi tempat duduk.

Dan hingga kini, Barcelona yang sudah menggunakan Camp Nou sebagai markas mereka, bisa menampung Cules hingga 90 ribu penonton.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini