Boladunia

Dennis Bergkamp, Idaman Chelsea yang Gagal Direkrut Karena Tak Punya Uang

Chelsea nyaris memiliki sosok legenda Arsenal, Dennis Bergkamp.

Rauhanda Riyantama

Thierry Henry dan Dennis Bergkamp saat bermain di Arsenal. (ODD ANDERSEN / AFP)
Thierry Henry dan Dennis Bergkamp saat bermain di Arsenal. (ODD ANDERSEN / AFP)

Bolatimes.com - Raksasa London, Chelsea ternyata nyaris memiliki sosok legenda Arsenal, Dennis Bergkamp di tahun 1995 andai memiliki cukup dana untuk membeli sang pemain.

Keterbatasan dana membuat Chelsea harus gigit jari setelah rencana mendatangkan pemain idaman ke Stamford Bridge gagal total.

Dennis Bergkamp sedianya akan direkrut Chelsea pada 1995 silam, untuk bermain bersama Ruud Gullit namun rencana itu harus dikubur dalam-dalam.

Hal ini diungkapkan Tom Hoddle saat menangani Chelsea medio 1993 hingga 1996. Sosok yang membuat The Blues sukses mendapatkan beberapa pemain bintang saat itu.

Seperti Mark Hughes dan Dan Petrescu selain Ruud Gullit yang datang dengan status bebas transfer dari Sampdoria pada Juli 1995.

Performa Gullit membantu klub berkembang sebelum rezim Roman Abramovich datang, namun bisa lebih cepat lagi andai Hoddle berhasil merekrut Bergkamp.

Pil pahit ditelan Chelsea usai gagal membawa Bergkamp ke Stamford Brigde, karena tak punya uang untuk menebus sang pemain dari Inter Milan.

Hingga The Gunners, Arsenal yang kemudian sukses merekrut Bergkamp dengan mahar 7,5 juta poundsterling atau sekitar Rp144 miliar.

Andai Chelsea sukses merekrut Bergkamp, lini tengah Chelsea bakal mengerikan dengan duetnya bersama Ruud Gullit.

"Kami hampir mendapatkan Dennis Bergkamp dari Inter Milan. Dia tersedia tetapi kami tidak punya uang," ucap Hoddle kepada TALKSport.

"Bayangkan jika kami membeli mereka berdua saat itu. Itu akan menyenangkan, tetapi mereka tidak dapat mengumpulkan uang pada saat itu.''

"Jadi kami hanya melewatkan kemungkinan mendapatkan Dennis [Bergkamp] juga. Tapi Gullit luar biasa dan kehadirannya mengangkat Chelsea.''

"Itu adalah saat-saat yang menyenangkan," imbuhnya.

Menjadi keputusan yang tepat bagi Deni Bergkamp bergabung Arsenal, ia mendapat kejayaan bersama klub di Liga Inggris. Di bawah asuhan Arsene Wenger, Bergkamp berhasil mendapatkan predikat legenda klub.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini