Banyak Klub Jerman yang Memiliki Angka, Ternyata Ini Artinya

Salah satunya klub bernama Schalke 04.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 12 November 2021 | 20:20 WIB
Ivan Rakitic dan Raul Gonzalez di Schalke 04. (Patrik Stollarz/AFP).

Ivan Rakitic dan Raul Gonzalez di Schalke 04. (Patrik Stollarz/AFP).

Bolatimes.com - Berbeda dengan dari negara Eropa lainnya, klub sepak bola Jerman rata-rata memiliki angka dalam nama mereka. Mengapa bisa demikian?

Pada umumnya, klub sepak bola di Eropa mencerminkan nama daerah yang ditempati klub tersebut. Baik itu di Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, maupun Prancis.

Terkadang ada pula yang menkombinasikan nama daera dengan sponsor atau pemilik utama klub. Sebagai contoh ada RB Leipzig, Red Bull Salzburg, dan sederet klub lainnya.

Baca Juga: Curi Start Jokowi saat Coba Sirkuit Mandalika, Motor Kuning Disorot Netizen

Dari setiap penamaan ini, terdapat hal-hal menarik yang bisa dibahas. Salah satunya mengenai kehadiran angka di nama klub yang ada di Jerman.

Penikmat sepak bola tentu tak asing dengan kehadiran angka di nama klub-klub Jerman seperti Schalke 04, Bayer 04 Leverkusen, 1.FC Koln dan klub lainnya.

Sejenak, hadirnya angka itu agak sedikit mengganjal karena terkesan aneh saat menyebutkannya. Sebagian mungkin menganggap hadirnya angka dalam nama klub bisa jadi suatu hal yang keren.

Baca Juga: Masih Jago, Xavi Hernandez Perlihatkan Umpan Apik di Sesi Latihan Barcelona

Ternyata ada alasan tersendiri mengapa rata-rata klub Jerman menggunakan angka dalam penggunaan nama klub mereka. Apa itu?

Budaya yang Jadi Identitas

Penggunaan angka pada klub-klub Jerman bisa dikatakan sebagai budaya yang telah mengakar lama dan lambat laun menjadi identitas klub.

Baca Juga: Makan Mie Ayam Gegara Fajar Alfian, Pebulu Tangkis Bulgaria: Terima Kasih

Setidaknya identitas itu terbagi dalam dua hal. Pertama yakni identitas terkait klub yang lahir terlebih dahulu di daerah tersebut.

Ambil saja contoh dari klub bernama 1.FC Nurnberg, 1.FC Union Berlin, atau 1.FC Koln. Penggunaan angka 1 di depan nama klub sebagai tanda bahwa mereka klub pertama yang berdiri di daerah masing-masing.

Lalu bagaimana dengan klub yang angkanya ada di tengah atau di belakang nama klubnya seperti Schalke 04 dan Bayer 04 Leverkusen?

Baca Juga: Tidak Akur di PSG, Kedekatan Lionel Messi dan Sergio Ramos Sebatas Gimik?

Pemberian angka di tengah atau di belakang nama klub menjadi identitas kedua yang mencerminkan tahun berdirinya klub tersebut.

Schalke menggunakan angka 04 di belakangnya sebagai tanda bahwa mereka berdiri pada 1904. Hal serupa juga berlaku untuk Bayer Leverkusen yang juga berdiri pada 1904.

Contoh lainnya ada Borussia Dortmund. Banyak yang tak tahu bahwa nama asli Borussia Dortmund menggunakan angka 09 seperti dalam logo klubnya.

Nama asli dari Borussia Dortmund sendiri adalah Ballspielverein Borussia 09 e.V. Dortmund atau biasa disingkat sebagai BVB dengan tambahan angka 09 di belakangnya yang merujuk pada tahun berdirinya klub tersebut yakni 1909.

Lalu bagaimana dengan nama klub yang menggunakan dua angka seperti 1. FSV Mainz 05? Apakah ada nama dan angka tersebut punya makna tersendiri?

Ternyata tidak. Kembali ke dua identitas awal. 1.FC Mainz 05 berarti FC Mainz lahir pada 1905 dan merupakan klub pertama yang berdiri di kota Mainz.

Adanya angka di nama ini tak cukup menggambarkan betapa uniknya bagaimana klub-klub Jerman dalam menamai klub sepak bolanya seperti Hertha BSC atau Hertha Berlin yang mengambil warna kebesaran dan nama dari sebuah kapal bernama Hertha.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak