Boladunia

Banyak Klub Jerman yang Memiliki Angka, Ternyata Ini Artinya

Salah satunya klub bernama Schalke 04.

Rauhanda Riyantama

Ivan Rakitic dan Raul Gonzalez di Schalke 04. (Patrik Stollarz/AFP).
Ivan Rakitic dan Raul Gonzalez di Schalke 04. (Patrik Stollarz/AFP).

Bolatimes.com - Berbeda dengan dari negara Eropa lainnya, klub sepak bola Jerman rata-rata memiliki angka dalam nama mereka. Mengapa bisa demikian?

Pada umumnya, klub sepak bola di Eropa mencerminkan nama daerah yang ditempati klub tersebut. Baik itu di Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, maupun Prancis.

Terkadang ada pula yang menkombinasikan nama daera dengan sponsor atau pemilik utama klub. Sebagai contoh ada RB Leipzig, Red Bull Salzburg, dan sederet klub lainnya.

Dari setiap penamaan ini, terdapat hal-hal menarik yang bisa dibahas. Salah satunya mengenai kehadiran angka di nama klub yang ada di Jerman.

Penikmat sepak bola tentu tak asing dengan kehadiran angka di nama klub-klub Jerman seperti Schalke 04, Bayer 04 Leverkusen, 1.FC Koln dan klub lainnya.

Sejenak, hadirnya angka itu agak sedikit mengganjal karena terkesan aneh saat menyebutkannya. Sebagian mungkin menganggap hadirnya angka dalam nama klub bisa jadi suatu hal yang keren.

Ternyata ada alasan tersendiri mengapa rata-rata klub Jerman menggunakan angka dalam penggunaan nama klub mereka. Apa itu?

Budaya yang Jadi Identitas

Penggunaan angka pada klub-klub Jerman bisa dikatakan sebagai budaya yang telah mengakar lama dan lambat laun menjadi identitas klub.

Setidaknya identitas itu terbagi dalam dua hal. Pertama yakni identitas terkait klub yang lahir terlebih dahulu di daerah tersebut.

Ambil saja contoh dari klub bernama 1.FC Nurnberg, 1.FC Union Berlin, atau 1.FC Koln. Penggunaan angka 1 di depan nama klub sebagai tanda bahwa mereka klub pertama yang berdiri di daerah masing-masing.

Lalu bagaimana dengan klub yang angkanya ada di tengah atau di belakang nama klubnya seperti Schalke 04 dan Bayer 04 Leverkusen?

Pemberian angka di tengah atau di belakang nama klub menjadi identitas kedua yang mencerminkan tahun berdirinya klub tersebut.

Schalke menggunakan angka 04 di belakangnya sebagai tanda bahwa mereka berdiri pada 1904. Hal serupa juga berlaku untuk Bayer Leverkusen yang juga berdiri pada 1904.

Contoh lainnya ada Borussia Dortmund. Banyak yang tak tahu bahwa nama asli Borussia Dortmund menggunakan angka 09 seperti dalam logo klubnya.

Nama asli dari Borussia Dortmund sendiri adalah Ballspielverein Borussia 09 e.V. Dortmund atau biasa disingkat sebagai BVB dengan tambahan angka 09 di belakangnya yang merujuk pada tahun berdirinya klub tersebut yakni 1909.

Lalu bagaimana dengan nama klub yang menggunakan dua angka seperti 1. FSV Mainz 05? Apakah ada nama dan angka tersebut punya makna tersendiri?

Ternyata tidak. Kembali ke dua identitas awal. 1.FC Mainz 05 berarti FC Mainz lahir pada 1905 dan merupakan klub pertama yang berdiri di kota Mainz.

Adanya angka di nama ini tak cukup menggambarkan betapa uniknya bagaimana klub-klub Jerman dalam menamai klub sepak bolanya seperti Hertha BSC atau Hertha Berlin yang mengambil warna kebesaran dan nama dari sebuah kapal bernama Hertha.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini