Boladunia

6 Striker Argentina yang Jadi Top Skor Liga Top Eropa, Tak Cuma Messi

Penyerang tajam dari Argentina selalu hadir di setiap generasi.

Husna Rahmayunita

Pemain Manchester City, Sergio Aguero (AFP)
Pemain Manchester City, Sergio Aguero (AFP)

Bolatimes.com - Argentina kerap melahirkan penyerang berbakat yang mampu menjadi top skor untuk tim yang dibelanya atau kompetisi liga yang diikutinya.

Sejak sepak bola memasuki era modern, penyerang tajam dari Argentina selalu hadir di setiap generasi. Hal ini memicu klub-klub Eropa yang jadi kiblat sepak bola saat ini, memboyong mereka ke benua biru.

Ada yang sukses, ada pula yang melempem. Namun kebanyakan, penyerang dari Argentina menuai kesuksesan dalam petualangannya ke Eropa. Sebagai contoh ada nama Lionel Messi.

Dalam 17 tahun petualangannya di Spanyol, ia telah mengangkat Trofi El Pichichi atau pencetak gol terbanyak dalam satu musim sebanyak 8 kali.

Jumlah tersebut hampir setengah dari kariernya bersama Barcelona. Penghargaan tersebut kian menahbiskan Messi sebagai predator ulung di muka gawang.

Selain itu, torehan Messi ini menjadi bukti sahih bahwa Argentina selalu melahirkan penyerang berbakat di setiap generasinya.

Apalagi jika melihat catatan 6 striker Argentina yang berhasil merajai top skor untuk klub dan liga-liga Eropa yang diikutinya. Siapa saja mereka? berikut ulasannya.

1. Sergio Aguero

Sergio Aguero resmi berseragam Barcelona. (Instagram/kunaguero)
Sergio Aguero resmi berseragam Barcelona. (Instagram/kunaguero)

Sejak remaja, Sergio Aguero memang telah digadang-gadang akan menjadi penyerang tajam di liga Argentina saat debut di usia 15 tahun. Hal ini membuat Atletico Madrid meminangnya saat usianya baru 17 tahun dengan memecahkan rekor transfer klub kala itu.

Bersama Atletico Madrid, Aguero memang tak pernah berhasil meraih gelar top skor. Namun ketidakberuntungan itu berubah kala ia menyeberang ke Inggris dengan bergabung Manchester City di 2011.

Bersama Man City, Aguero meraih gelar top skor di Premier League musim 2014/15. Selain itu, ia berstatus pemain asing tersubur di Premier League dengan torehan 184 gol selama satu dekade.

2. Hernan Crespo

Hernan Crespo dan Messi/Instagram
Hernan Crespo dan Messi/Instagram

Hernan Crespo pun menjadi salah satu penyerang tajam yang pernah dilahirkan Argentina. Nama besarnya ia ukir berkat ketajamannya di muka gawang.

Pertama kali Crespo menjejakkan kakinya di Eropa terjadi saat diboyong Parma pada 1996. Namun gelar top skor baru ia dapatkan lima tahun berselang saat membela Lazio.

Selain membela klub Italia lainnya seperti AC Milan dan Inter Milan, ketajaman Crespo juga berlanjut di Inggris saat membela Chelsea hingga ia berhasil mengantarkan The Blues meraih titel Premier League keduanya.

3. Carlos Tevez

Striker Manchester City Carlos Tevez merayakan golnya ke gawang Watford.  AFP /PAUL ELLIS
Striker Manchester City Carlos Tevez merayakan golnya ke gawang Watford. AFP /PAUL ELLIS

Sebelum Aguero meraih gelar top skor bersama Manchester City, ada Carlos Tevez, yang merupakan penyerang asal Argentina, yang meraih titel pencetak gol terbanyak Premier League bersama The Cityzens.

Tevez bergabung Man City setelah hengkang dari rival sekotanya, Manchester United pada 2009. Hanya butuh waktu dua musim, ia berhasil menyabet gelar top skor Premier League bersama The Cityzens, hal yang tak bisa ia rengkuh bersama Setan Merah.

Di Premier League, ketajaman Tevez terbilang mumpuni di mana ia mampu mencetak 84 gol dalam 202 penampilan bersama dua klub Manchester dan West Ham United.

4. Gonzalo Higuain

Penyerang Timnas Argentina, Gonzalo Higuain. (JUAN MABROMATA / AFP)
Penyerang Timnas Argentina, Gonzalo Higuain. (JUAN MABROMATA / AFP)

Tak hanya Crespo saja pemain Argentina yang mampu menundukkan Italia. Masih ada nama Gonzalo Higuain yang mampu bersinar kala membela Napoli.

Gonzalo Higuain menunjukkan bahwa ia merupakan salah satu penyerang terbaik yang diproduksi Argentina saat membela Napoli dan menjadi top skor Serie A musim 2015/16.

Saat itu, ia mencetak 36 gol dalam satu musim Serie A melewati rekor Gunnar Nordahl yang mencetak 35 gol dalam satu musim.

5. Mauro Icardi

Penyerang Inter Milan, Mauro Icardi (Miguel Medina/AFP)
Penyerang Inter Milan, Mauro Icardi (Miguel Medina/AFP)

Selain Crespo dan Higuain, ada pula nama Mauro Icardi yang berhasil menyabet gelar top skor Serie A kala membela Inter Milan.

Penyerang kontroversial ini mampu meraih gelar top skor Serie A sebanyak dua kali yakni di musim 2014/15 dan musim 2017/18.

Selama berkarier di kancah Serie A, Icardi punya catatan apik dalam mencetak gol di mana ia melesakkan 121 gol dalam 219 penampilan.

6. Gabriel Batistuta

Gabriel Batistuta. (AFP)
Gabriel Batistuta. (AFP)

Sebelum Crespo, Higuain, dan Icardi menorehkan tinta emas di Serie A, Argentina punya penyerang produktif di Italia yang bernama Gabriel Batistuta.

Pemain berjuluk Batigol ini pernah mendapat gelar top skor Serie A pada musim 1994/95 bersama Fiorentina. Ketajamannya itu pula membawanya menyeberang ke tim ibu kota, AS Roma.

Ia berhasil membawa AS Roma meraih Scudetto di musim 2000/01. Selama 12 musim berkarier di Serie A, Batistuta melesakkan 183 gol dari 318 laga.

Itulah 6 striker yang jadi top skor liga top Eropa.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini