Boladunia

Mbappe Terperangkap Offside tapi Golnya Disahkan, Ini Alasannya!

Mbappe sudah terperangkap offside saat cetak gol ke gawang Spanyol.

Rauhanda Riyantama

Aksi penyerang Timnas Prancis, Kylian Mbappe saat bobol gawang Spanyol di final UEFA Nations League. (MIGUEL MEDINA / POOL / AFP)
Aksi penyerang Timnas Prancis, Kylian Mbappe saat bobol gawang Spanyol di final UEFA Nations League. (MIGUEL MEDINA / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Kylian Mbappe membuat gol kontroversial saat mengantar Timnas Prancis mengalahkan Timnas Spanyol di final UEFA Nations League, Senin (11/10/2021) dini hari WIB. Pasalnya, penyerang Paris Saint-Germain itu sudah terperangkap offside sebelum cetak gol.

Meski berbau offside, gol Mbappe nyatanya tetap disahkan oleh wasit Anthony Taylor. Alhasil, Les Blues menang 2-1 atas Spanyol dalam laga yang digelar di San Siro tersebut. 

Melansir Football Italia, posisi Kylian Mbappe dalam proses terjadinya gol memang offside. Tapi ada salah pemain Spanyol yang membuatnya menjadi sah.

Spanyol sempat memimpin lebih dulu lewat Mikel Oyarzabal pada menit ke-64, sebelum sepakan melengkung Karim Benzema membuat skor imbang 1-1 dua menit berselang.

Kylian Mbappe kemudian mencetak gol kemenangan Prancis pada menit ke-80 dengan menyambut umpan trobosan Theo Hernandez untuk menaklukan kiper Unai Simon.

Tayangan ulang menunjukkan Mbappé offside, karena dia jelas tidak sejajar dengan bek Spanyol Eric Garcia.

Namun, Eric Garcia-lah yang merusak jebakan offsidenya sendiri di mana bola sodoran Hernandez terkan kakinya. Sentuhan yang disengaja itu mengatur ulang permainan dan berarti Mbappe tidak offside.

Media Spanyol menganggapnya sebagai 'skandal', tetapi aturan mainnya menyatakan Eric Garcia sengaja mengenai bola.

Seandainya bek Barcelona itu membiarkan umpan Hernandez, gol Kylian Mbappe kemungkinan besar akan dianulir wasit.

Mantan wasit dan sekarang pakar televisi Luca Marelli dan Tiziano Pieri keduanya menjelaskan ini adalah pembacaan aturan yang benar, meskipun mereka mungkin tidak 'menyukai' cara peraturan saat ini ditafsirkan.

(Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini