Boladunia

Postur Bukan Halangan, 5 Pesepak Bola Mungil yang Menggemparkan Dunia

Pemain-pemain ini membuktikan bahwa postur bukan halangan untuk berprestasi di dunia

Irwan Febri Rialdi

N'Golo Kante. (Sumber: Instagram/@nglkante).
N'Golo Kante. (Sumber: Instagram/@nglkante).

Bolatimes.com - Sepak bola identik dengan olahraga fisik. Meski memandang fisik, nyatanya tetap ada pemain dengan postur tubuh mungil yang bisa berbicara banyak di lapangan hijau.

Postur tinggi besar menjadi postur ideal bagi para pemain yang ingin memainkan sepak bola. Pasalnya, di olahraga satu ini terdapat beberapa permainan yang mengandalkan kontak fisik dan duel udara.

Dikutip dari laman Football Observatory, untuk postur tubuh pesepak bola di Eropa saja memiliki rata-rata tinggi badan sekitar 182,1 cm.

Data tersebut dibarengi dengan fakta bahwa hanya 67 dari 572 klub Eropa saja yang memainkan pemain dengan tinggi tubuh kurang dari 180 cm.

Hal tersebut membuktikan selain karena genetik, postur juga menjadi hal yang dipandang dari setiap pemain sebelum memainkan laga profesional.

Meski begitu, tetap saja banyak pemain mungil yang bisa berbicara banyak di pentas sepak bola. Bahkan, para pemain berpostur mungil ini memanfaatkan kekurangannya dalam urusan fisik  dengan kecepatan dan kelincahannya.

Lantas, siapa saja para pemain berpostur mungil yang bisa menggemparkan dunia?

1. Lionel Messi (Paris Saint-Germain)

Eks mega bintang Barcelona ini memiliki postur tubuh yang terkesan mungil. Hal ini lantaran Lionel Messi saat kecil pernah didiagnosa kekurangan hormon pertumbuhan yang kemudian pengobatannya dibiayai Barcelona.

Pengobatan tersebut berjalan lancar. Dan dengan postur hanya 169 cm, Messi mampu berprestasi dengan merengkuh 6 Ballon d’Or.

2. Romario (Brasil)

Brasil tak pernah kehabisan bomber tajam. Salah satunya adalah Romario yang mampu menggemparkan dunia sepak bola lewat gol-golnya kendati hanya berpostur 161 cm.

Sebagai penyerang, tentu butuh postur tinggi untuk memenangi duel-duel udara dan memenangi kontak fisik. Namun dengan postur mininya, Romario bisa membuktikan ia berprestasi dengan  membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 1994 dan mencetak 1000 gol di level klub.

3. Diego Maradona (Argentina)

Sebelum Messi, Argentina punya pemain hebat yang memiliki postur mungil pada sosok Diego Armando Maradona. Pemain berjuluk ‘Si Tangan Tuhan’ ini hanya memiliki postur 165 cm.

Meski punya tubuh mungil, Maradona bermain sangat baik dengan mengandalkan kecepatan dan kelincahannya. Bahkan, gol-golnya dengan kecepatan dan kelincahan itu selalu dikenang sebagai salah satu gol terbaik sepanjang masa.

4. Thomas Habler (Jerman)

Secara genetik, orang Jerman memiliki tubuh yang tinggi menjulang dan fisik yang kuat sehingga mampu berprestasi di dunia sepak bola. Tapi hal tersebut tak berlaku untuk Thomas Habler.

Habbler yang hanya berpostur 166 cm ini mampu membawa Jerman berjaya kala menjuarai Piala Dunia 1990 dan Euro 1996. Bahkan ia menjadi pemain langganan Der Panzer dengan 101 Caps dan 11 golnya.

5. N'Golo Kante (Chelsea)

N'Golo Kante dikenal pecinta sepak bola saat ini sebagai gelandang bertahan terbaik di dunia. Hebatnya, status itu ia dapatkan meski memiliki postur hanya 168 cm.

Kante mampu meraih status tersebut berkat stamina dan kehebatannya membaca permainan sehingga mampu melakukan tekel dan berlari merebut bola sepanjang pertandingan.

Berita Terkait

Berita Terkini