Boladunia

Stadion San Siro Bakal Direnovasi, Telan Biaya Puluhan Triliun

Desain renovasi San Siro terinspirasi dari Duomo Cathedral atau Katedral Milano.

Rauhanda Riyantama

Potret Stadion San Siro. (MIGUEL MEDINA / AFP)
Potret Stadion San Siro. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Bolatimes.com - Stadion San Siro akhirnya telah mendapatkan desain finalnya untuk direnovasi. Kabarnya, biaya eksekusi renovasi kandang AC Milan ini menelan biaya hingga puluhan triliun rupiah.

Dikutip dari Sports Bible, desain yang telah terpilih untuk merenovasi Stadion San Siro terinspirasi dari Duomo Cathedral atau Katedral Milano.

Katedral Milano merupakan salah satu bangunan yang dianggap paling termasyur di seluruh daratan Eropa. Bangunan yang sangat besar ini menggunakan arsitektur Gotik dan terletak di lapangan utama di pusat kota Milan, Italia.

Bangunan antik yang dapat menampung 40 ribu orang ini merupakan katedral Katolik Roma terbesar kedua.

Desain ini mengalahkan pesaing terberatnya yang terinspirasi dari Rings of Manica, sebuah proyek desain yang diajukan oleh Cmr and Sportium.

Namun, kabarnya Populous yang mengadopsi desain Katedral Milano menjadi salah satu kandidat yang lebih diunggulkan.

Desain renovasi Stadion San Siro. (Dok. Populous)
Desain renovasi Stadion San Siro. (Dok. Populous)

 

Meskipun proses renovasinya masih tergantung oleh persetujuan dewan, tetapi pekerjaan renovasi ini diharapkan bisa segera selesai pada tahun 2026.

Sebelumnya, Stadion San Siro, atau yang juga dikenal sebagai Giuseppe Meazza, merupakan venue sepak bola bersejarah di Italia.

Sebab, stadion ini telah menghelat beberapa pertandingan bersejarah, mulai dari final Piala Eropa hingga partai final Piala Dunia 1990.

Meskipun memiliki aura yang bersejarah, Inter Milan dan AC Milan yang sama-sama menggunakan stadion ini sejak tahun 1947, berharap markasnya bisa berganti wajah yang lebih modern.

Nantinya, stadion baru tersebut akan tetap berada di lokasi yang sama dengan saat ini. Salah satu aspek yang diutamakan dalam proses renovasi dan pembangunannya ialah menggunakan konsep ramah lingkungan.

“FC Internazionale Milan dan AC Milan meyakini bahwa sangat penting, terutama dengan momen saat ini, untuk memulai proyek yang melibatkan dana investasi sebesar 1 miliar euro,” tulis pernyataan kedua klub.

“Proyek ini jelas akan menghasilkan ribuan pekerjaan baru dan menjadi landasan bagi perkembangan masa depan kota Milan dan sepak bola Italia.”

Dari kabar yang beredar, proses renovasi San Siro atau Giuseppe Meazza ini akan menghabiskan dana sebesar 1 miliar euro, atau setara dengan Rp 16,5 triliun.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini