Boladunia

Tampil 203 Laga, Inaki Williams Pecahkan Rekor Tak Pernah Absen Sejak 2016

Inaki Williams mencatatkan penampilan beruntun terpanjang di Liga Spanyol saat Athletic Bilbao melawan Alaves.

Rauhanda Riyantama

Pemain Athletic Bilbao, Inaki Williams. (CRISTINA QUICLER / AFP)
Pemain Athletic Bilbao, Inaki Williams. (CRISTINA QUICLER / AFP)

Bolatimes.com - Pencapaian istimewa diraih oleh pemain Athletic Bilbao, Inaki Williams, saat menghadapi Alaves dalam lanjutan pertandingan Liga Spanyol, Sabtu (2/10/2021).

Laga itu menjadi tanda bahwa Inaki Williams menjadi pemain dengan catatan penampilan beruntun terpanjang di Liga Spanyol.

Menurut situs resmi Athletic Bilbao, Williams telah menjalani 203 pertandingan tanpa pernah absen di Liga Spanyol.

Catatan ini mengalahkan torehan atau rekor sebelumnya yang dipegang oleh mantan pemain Real Sociedad, Juan Antonio Larranaga, yang mencatatkan 202 laga beruntun dari 1986 hingga 1992.

Rekor istimewa ini pertama kali dimulai Inaki Williams saat menjadi pemain pengganti di laga melawan Atletico Madrid pada April 2016.

Selama rangkaian periode tak pernah absen itu, Inaki Williams menorehkan 39 gol dan 25 assist. Selain itu, dia mengalami lima kali pergantian pelatih di periode tersebut.

Selebrasi striker Athletic Bilbao, Inaki Williams, usai menjebol gawang Barcelona. (Ander Gillenea/AFP).
Selebrasi striker Athletic Bilbao, Inaki Williams, usai menjebol gawang Barcelona. (Ander Gillenea/AFP).

Catatan individu ini semakin mempertegas status pemain berusia 27 tahun itu di skuat Athletic Bilbao. Dia kini menjadi pemain inti yang punya peran penting di dalam skuat.

Dia datang ke Athletic pada Desember 2014 dari tim Basconia. Kehadiran Williams saat itu terbilang cukup unik.

Pasalnya, Athletic Bilbao merupakan tim yang dikenal hanya diperkuat oleh para pemain yang lahir di Catalunya atau setidaknya memiliki darah Basque.

Ini bukan tindakan rasis menurut pihak Bilbao karena mereka beralasan hanya ingin melestarikan budaya leluhur. Tak pelak hadirnya Inaki Williams saat itu jadi perbincangan.

Kedua orang tua Inaki adalah orang Ghana, tetapi karena dia lahir di Pamplona, Bilbao, Inaki dianggap memiliki darah Basque dan Spanyol.

Adapun, gol pertama Inaki Williams untuk Bilbao hadir pada Februari 2015 di babak 32 besar Liga Eropa. Gol itu sekaligus menjadikan Inaki Williams sebagai pencetak gol kulit hitam pertama buat Bilbao.

Tercatat dalam 8 musim masa baktinya di Athletic Bilbao, Inaki Williams kini sudah melakoni lebih dari 300 pertandingan lintas ajang dengan torehan 67 gol.

Musim terbaik Inaki Williams bersama Athletic Bilbao hadir pada edisi 2018/19 ketika dia mampu mencetak 14 gol di semua kompetisi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini