Puasa Gelar, 6 Klub Top Eropa Menanti Puluhan Tahun untuk Kembali Juara

Klub-klub top Eropa tersebut harus puasa gelar hingga puluhan tahun.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 01 Oktober 2021 | 16:05 WIB
Manchester United menang dramatis 2-1 lawan Villarreal di Liga Champions. (ANTHONY DEVLIN / AFP)

Manchester United menang dramatis 2-1 lawan Villarreal di Liga Champions. (ANTHONY DEVLIN / AFP)

Bolatimes.com - Sejumlah klub Eropa saat ini sempat mengalami paceklik gelar dalam perjalanan mereka. Setelah sempat meraih gelar juara, klub-klub Eropa tersebut harus puasa gelar hingga puluhan tahun.

Salah satu klub yang identik dengan puasa gelar ini ialah Liverpool. Sebab, The Reds harus menjalani puasa gelar setidaknya selama tiga dekade, alias tiga puluh tahun.

Namun, ternyata durasi selama itu sebenarnya tak terlalu buruk andaikan dibandingkan dengan klub-klub Eropa lainnya.

Baca Juga: Jelang Hadapi Persebaya, PSIS Fokus Pulihkan Kondisi

Sebab, masih ada sederet klub yang mengalami paceklik juara yang jauh lebih lama ketimbang yang dialami Liverpool.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar klub top Eropa yang harus menanti puluhan tahun untuk kembali juara selain Liverpool.

2. Manchester United

Baca Juga: Eks Liverpool Daniel Sturridge Punya Klub Baru usai Berbulan-bulan Nganggur

Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo (kanan) berpelukan dengan sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer seusai laga Liga Inggris kontra Newcastle United di Old Trafford, Manchester, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. [OLI SCARFF / AFP]
Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo (kanan) berpelukan dengan sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer seusai laga Liga Inggris kontra Newcastle United di Old Trafford, Manchester, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. [OLI SCARFF / AFP]

Sebelum sempat berjaya di level teratas kompetisi Liga Inggris, Manchester United sempat mengalami paceklik gelar.

Ketika itu, tim Setan Merah sukses menjuarai kompetisi Liga Inggris musim 1910/1911. Namun setelah itu, mereka mengalami kutukan yang cukup lama.

Sebab, mereka harus absen menjuarai Liga Inggris selama 41 tahun karena harus menunggu hingga 1951/1952 untuk kembali juara.

Baca Juga: Potret Body Goals Tante Ernie saat Panas-panasan, Netizen: Hot Mom

3. AC Milan

Pemain AC Milan protes di laga melawan Atletico Madrid. (MIGUEL MEDINA / AFP)
Pemain AC Milan protes di laga melawan Atletico Madrid. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Setelah sukses menjuarai kompetisi selama dua musim beruntun, yakni pada tahun 1906 dan 1907, AC Milan sempat diprediksi bakal mendominasi.

Namun, nyatanya mereka harus mengalami puasa gelar yang cukup lama di Liga Italia. Setidaknya, I Rossoneri harus absen 44 tahun untuk kembali menjadi juara.

Baca Juga: Bandel! Kiper Pinjaman Bikin Tottenham Kena Tegur UEFA, Apa Masalahnya?

Setelah absen cukup lama, AC Milan sukses menjuarai kompetisi Liga Italia pada musim 1951/1951.

4. Chelsea

Bek Chelsea asal Brasil, Thiago Silva, merayakan gol pertama timnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga pekan kelima Liga Inggris 2021/2022 di Stadion Tottenham Hotspur di London, pada 19 September 2021. JUSTIN TALLIS / AFP.
Bek Chelsea asal Brasil, Thiago Silva, merayakan gol pertama timnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga pekan kelima Liga Inggris 2021/2022 di Stadion Tottenham Hotspur di London, pada 19 September 2021. JUSTIN TALLIS / AFP.

Sebelum diambil alih oleh Roman Abramovich, Chelsea harus absen dari persaingan gelar juara Liga Inggris.

Tercatat , terakhir kali The Blues, julukan Chelsea, meraih trofi di kasta teratas kompetisi pada tahun 1954/1955.

Namun, setelah Roman Abramovich tiba dan menggelontorkan dana besar, Chelsea kembali menjadi salah satu tim yang diperhitungkan.

Suntikan investasi untuk belanja pemain itu membuahkan hasil karena Chelsea sukses menjuarai Liga Inggris musim 2004/2005.

5. Aston Villa

Gelandang Aston Villa, Trezeguet (kanan) merayakan golnya ke gawang Leicester City di leg kedua semifinal Piala Liga INggris di Villa Park. (Paul ELLIS / AFP)
Gelandang Aston Villa, Trezeguet (kanan) merayakan golnya ke gawang Leicester City di leg kedua semifinal Piala Liga INggris di Villa Park. (Paul ELLIS / AFP)

Aston Villa memang pernah mencicipi kejayaan di masa lalu. Mereka tercatat pernah juara kompetisi pada musim 1909/1910.

Namun, setelah itu, mereka tak sekalipun mampu naik ke podium juara. Dibutuhkan waktu selama 71 tahun untuk kembali meraih trofi.

Pada saat itu, Aston Villa sukses menjuarai First Division kompetisi Liga Inggris pada musim 1980/1981.

6. Blackburn Rovers (81 tahun)

Blackburn Rovers pernah dua kali menjuarai ajang Liga Inggris hanya dalam kurun waktu tiga musim. Tepatnya, momen itu terjadi pada musim 1911/1912 dan 1913/1914.

Namun, setelah itu, mereka harus absen lama dari podium juara. Sebab, dibutuhkan waktu sekitar 81 tahun untuk kembali meraih trofi.

Setelah 81 tahun absen, Blackburn Rovers akhirnya kembali menjuarai kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris pada 1994/1995.

Itulah klub top Eropa yang harus menanti puluhan tahun untuk kembali juara.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak