Boladunia

Profil dan Biodata Cristiano Ronaldo: Umur, Agama, hingga Perjalanan Karier

Cristiano Ronaldo merupakan pesepak bola fenomenal. Berikut biodata CR7 yang mungkin belum kalian ketahui

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol untuk Portugal melawan Hungaria di Euro 2020. (Alex Pantling / POOL / AFP)
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol untuk Portugal melawan Hungaria di Euro 2020. (Alex Pantling / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Profil dan biodata Cristiano Ronaldo. Sejarah harus mencatat bagaimana seorang pesepak bola fenomenal asal Portugal ini menjalani karier yang luar biasa.

Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang masa di dunia sepak bola. Sematan ini didapatkan dari banyaknya prestasi individu hingga kolektif yang ia dapatkan.

Dalam setiap generasinya, sepak bola selalu melahirkan pemain-pemain hebat. Ada Pele di era 1950 an, Diego Armando Maradona di awal 1980 an, Johan Cruyff di akhir 1980 an, hingga Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di abad ke-21 ini.

Berbeda dengan para pendahulunya, Ronaldo dan Messi mendapat cap sebagai terbaik dari yang terbaik karena rentetan penghargaan yang didapat keduanya.

Saat Johan Cruyff meraih 3 Ballon d’Or dan menjadi yang terbanyak dalam beberapa waktu, Ronaldo dan Messi mampu melewati catatan tersebut dan memenangkan masing-masing 5 dan 6 gelar Ballon d’Or.

Jika patokan yang dipakai adalah Ballon d’Or, maka pantas jika Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi disebut sebagai dua pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola melewati para pendahulunya.

Kehebatan ini juga tak dilihat dari Ballon d’Or semata. Rentetan rekor juga menggambarkan kehebatan dua pemain ini dalam urusan mengolah bola.

Khusus untuk Ronaldo, ia baru saja menahbiskan diri sebagai yang tersubur di kancah sepak bola saat mencetak gol ke-111 nya bersama Portugal.

Jumlah tersebut membuatnya menjadi pemain dengan gol terbanyak sepanjang masa di level tim nasional mengalahkan Ali Daei dari Iran.

Rekor tersebut hanya satu dari sekian banyak rekor yang telah diciptakan Ronaldo di sepak bola hingga usianya menginjak 36 tahun saat ini.

Bahkan, dengan primanya kondisi yang ia miliki, diyakini akan banyak rekor yang akan dipecahkan Cristiano Ronaldo sehingga membuatnya lebih sah menjadi salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Biodata Cristiano Ronaldo

Nama Lengkap: Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
Tempat Tanggal Lahir: Madeira, 5 Februari 1985
Agama: Katolik
Ayah dan Ibu: Jose Dinis Aveiro dan Maria Dolores dos Santos Aveiro
Posisi Bermain: Winger dan Striker
Klub Saat Ini: Manchester United
Julukan: CR7

Perjalanan Karier

Cristiano Ronaldo saat masih memperkuat Sporting Lisbon. [Dok. Sporting CP]
Cristiano Ronaldo saat masih memperkuat Sporting Lisbon. [Dok. Sporting CP]

Karier sepak bola Cristiano Ronaldo bermula dari Andorinha pada 1993-1995. Setelahnya, ia bergabung Nacional dan Sporting Lisbon.

Klub terakhir membuka jalannya ke panggung dunia. Laga persahabatan Sporting Lisbon melawan Manchester United pada 2003 menjadi titik kesuksesan Ronaldo saat ini.

Di tahun yang sama, Man United pun lantas memboyongnya di mana Ronaldo muda saat itu dianugerahi nomor keramat 7.

Secara bertahap, Ronaldo pun menunjukkan talentanya kepada dunia hingga puncaknya pada 2008 ia meraih Ballon d’Or pertamanya.

Kemoncerannya bersama Man United membuat Real Madrid tergoda dan berhasil memboyongnya pada musim panas 2009 dengan status pemain termahal dunia saat itu.

Kesuksesan seakan tak mau pergi dari Ronaldo. Bersama Real Madrid, ia terus meraih beragam gelar individu dan kolektif setiap tahunnya.

4 gelar Ballon d’Or dan 4 gelar Liga Champions menjadi bukti kesuksesan yang ia raih selama 9 tahun berseragam Los Blancos.

Pada 2018, Ronaldo memutuskan hengkang dari Real Madrid dan bergabung Juventus di usianya yang ke-33 tahun. Siapa sangka , Italia pun berhasil ditaklukannya.

Ronaldo berhasil meraih 2 Scudetto dan 1 gelar top skor bersama Juventus dalam 3 musim masa baktinya. Hingga pada 2021, ia pun memilih kembali ke Man United.

Kini di usia 36 tahun, Cristiano Ronaldo hendak membuktikan mengapa dirinya adalah yang terbaik dengan bermain di Premier League sekaligus membawa Manchester United memutus puasa gelar yang telah berlangsung selama 4 tahun.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini