Boladunia

Sepak Bola Berasal dari Negara Mana? Ini Asal Usulnya hingga Mendunia

Banyak negara Eropa yang sukses menjuarai Piala Dunia. Tapi apakah sepak bola berasal dari Eropa? Jawabannya salah besar. Simak yuk asal usulnya

Irwan Febri Rialdi

Sejarah sepak bola. (FIFA.com)
Sejarah sepak bola. (FIFA.com)

Bolatimes.com - Sepak bola berasal dari negara mana? Apakah dari Italia, Brasil, atau negara-negara top dunia? Ternyata bukan.

Sepak bola merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia saat ini. Meski populer, nyatanya tak ada yang tahu persis dari manakah olahraga ini berasal.

Perdebatan negara mana yang menjadi asal sepak bola masih berlanjut hingga saat ini. Setiap negara-negara besar mengklaim bahwa sepak bola berasal dari tanahnya.

Sebagai contoh ada Inggris yang menyebut bahwa sepak bola berasal dari tanahnya. Bahkan ungkapan ‘Football’s Coming Home’ menjadi sebuah penegasan bahwa mereka lah ‘rumah’ dari sepak bola itu sendiri.

Klaim dari Inggris ini memang bukan tanpa alasan. Hampir semua hal yang pertama di sepak bola, berasal dari negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Sebut saja contohnya ada Piala FA yang menjadi kompetisi tertua di dunia yang digelar perdana pada musim 1871-1872. Lalu ada pertandingan internasional pertama yang melibatkan Inggris kala melawan Skotlandia pada 1872.

Sederet fakta tersebut membuat Inggris mengklaim bahwa negara mereka lah yang menjadi tempat lahirnya sepak  bola. Anggapan ini tak sepenuhnya salah, namun juga tak sepenuhnya benar.

Inggris boleh jadi menyebut diri mereka pionir dalam urusan sepak bola modern. Namun sejarah mengatakan, pertama kali sepak bola ditemukan di China.

China: Negara Asal Sepak Bola

Jika Anda mencari informasi tentang sejarah sepak bola, semua orang sepakat bahwa sepak bola pertama kali ditemukan di China.

Dirangkum dari berbagai sumber, permainan sepak bola pertama kali bermula pada masa pemerintahan Dinasti Han pada abad ke-2 sampai ke-3 Masehi.

Saat itu, bola yang digunakan untuk bermain terbuat dari kulit binatang yang digulung-gulung. Cara bermainnya pun tak berbeda dengan sepak bola saat ini.

Saat itu, sepak bola dimainkan dengan memasukkan gulungan kulit binatang tadi ke dalam jaring kecil. Pada saat itu, permainan ini disebut dengan nama Thu Chu.

Sedangkan Inggris, catatan sejarah sepak bola sendiri hadir pertama kali saat Raja Edward melarang permainan tersebut karena banyaknya kebrutalan yang dipertontonkan.

Hingga pada 1369, Raja Edward III mengizinkan kembali permainan sepak bola yang kemudian dilarang kembali pada 1572 oleh Ratu Elizabeth I karena tetap saja kekerasan dipertontonkan dalam permainan ini.

Barulah pada 1680, Raja Charles II mengizinkan kembali sepak bola hingga saat ini dengan segala pertimbangannya saat itu.

Selain China dan Inggris, Jepang juga telah mengenal sepak bola sejak dahulu kala. Sepak bola di negeri Sakura sendiri dikenal dengan sebutan Kamari.

Alat yang digunakan pun sama yakni kulit binatang (kijang) yang digulung-gulung menjadi bulat. Permainan ini pun digemari banyak pihak saat itu dan dimainkan di jalanan kosong.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini